Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Foto Backgound Blur Menggunakan Kamera HP


bokeh, membuat gambar blur

Membuat Foto Background Blur sangatlah mudah dilakukan dengan menggunakan kamera. Kalian bisa memiliki foto seperti pada model-model yang terkenal di majalah, TV atau internet dengan latar belakang blur. Kamera apapun bisa asal mempunyai pengaturan focus baik itu manual atau otomatis tergantung dari anda apakah bisa melakukannya. Memiliki foto yang berbackground blur memang seperti mempunyai kebanggaan tersendiri. Perlu diketahui penamaan gambar yang berlatar belakang blur disebut "Bokeh". Apa itu bokeh?. Kata bokeh berasal dari bahasa Jepang yang berarti "Menjadi kabur". Maka dari itu bokeh digunakan sebagai istilah dalam fotografi jika membidik objek yang berlatar belakang blur.

membuat gambar blur, membuat foto background blur

Pada dasarnya semua kamera bisa membuat foto dengan berbackground blur karena setiap kamera mempunyai lubang diafragma untuk cahaya yang masuk ke sensor kamera. Tergantung besar kecil lubang diafragma tersebut. Jika kita terapkan pada mata kita, diafragma adalah pupil. Semakin besar diameter pupil atau diafragma, maka semakin banyak cahaya yang masuk dan semakin pendek jarak fokusnya. Semakin kecil diameter pupil atau diafragma makan semakin sedikit cahaya yang masuk dan sebakin panjang jarak fokusnya. Jika pada mata kita secara otomatis merespon objek didepan mata oleh perintah otak kita, maka pada kamera kita harus diatur terlebih dahulu. Berikut ini cara mengatur kamera agar bisa memperoleh background yang blur.

Memotret Objek Dengan Background Blur

Menggunakan DSLR
Menggunakan kamera DSLR lebih mudah untuk menciptakan objek berbackround blur. Yaitu dengan cara mengatur bukaan lensa atau diafragma. ukuran diafragma pada lensa dilambangkan dengan f/angka. Semakin besar angka maka semakin kecil bukaan lensa. Semakin besar angka maka semakin besar bukaan pada lensa. Seperti pada gambar di bawah ini.

cara memotret foto background blur

Pada gambar mobil diatas dapat disimpulkan Semakin kecil angka dibelakang f, contoh pada bukaan lensa f/2.8 akan memperoleh fokus yang sedikit karena memang panjang jarak fokus pada f/2.8 sangat sedikit. Pada pengaturan ini cocok untuk membuat foto background blur dan objek focus. Biasanya terdapat pada lensa fix 50mm. Pada lensa tersebut memiliki bukaan yang kecil dan dapat memperoleh gambar yang menakjubkan. Harganya tergolong murah sekitar 1 juta'an Canon dan 2,5 juta'an untuk Nikon.

Menggunakan Smartphone
Cara membuat foto background blur menggunakan HP cukup susah karena tidak ada pengaturan untuk mengatur bukaan lensa pada HP. Namun semua itu bisa kita buat dengan cara mendekatkan kamera pada objek. mengapa demikian?. Kerena bukaan atau diafragma pada lensa kamera HP sangat kecil. Jadi kita membutuhkan objek yang dekan dan mengambil auto fokus yang tersedia di HP kita. Dengan cara mendekatkan kamera HP kita ke objek yang kita foto maka akan menghasilkan background blur seperti pada gambar dibawah ini yang diambil dari kamera Xiaomi Redmi 2.

foto blur, foto latar belakang blur

Jarak juga berpengaruh untuk mendapatkan bokeh yang mantap. Cara ini berlaku pada semua kamera yang memiliki fokus otomatis maupun manual. Semakin dekat objek yang dibidik maka semakin blur backgroundnya dan semakin jauh objek yang dibidik maka jarak fokus semakin panjang.
Untuk menjadikan hasil kamera melalui HP menjadi sangat bagus, baca juga artikel tentang "Aplikasi Kamera Terbaik di Android"
Cara mendapatkan foto backgound blur cukup mudah kan?. Kalian bisa mencobanya kok. Seiring dengan Perkembangan Gadget dan teknologi di  dunia ini banyak peralatan elektronik yang canggih dan kita harus mengikuti perkembangan tersebut agar tidak termakan jaman. Silahkan mencoba dan semoga berhasil menciptakan karya yang baik.

4 komentar untuk "Cara Membuat Foto Backgound Blur Menggunakan Kamera HP"

  1. Kalo cara itu saya jga udah ngerti tpi kalo objek nya jauh gimana?

    BalasHapus
  2. Kami Akan Membantu Ada Dengan Barbagai Macam Pesugihan Tanpa Ada Tumbal Serta Tidak Melanggar Agama Manapun,Berikut Jenis Pesugihan Yang Kami Siapkan.

    SYARAT DAN KETENTUAN

    Siapkan nomor rekening anda jika belum punya segera buka rekening atas nama anda

    Biaya kami tentukan sesuai paket dan pecahan yang anda pilih

    Harus punya Utang diatas 50juta hingga 100juta dan butuh modal usaha

    Kami hanya membantu bagi yang serius

    Siap menjalankan aturan kami

    Proses ritual 1 jam.

    Format Data Diri Anda,

    Nama lengkap;

    Tempat Tgl Lahir;

    Pekerjaan;

    Kirim No Rekening;

    Kirim Ke Nomor Nyai Ronggeng ; 0852-8634-4499

    Setelah dana cair langsung kami setor tunai maksimal 1 hari sesudah ritualnya Anda Akan Mendapatkan Hasilnya.

    JENIS PAKET PESUGIHAN =Paket Rp,100 juta-Rp,500 juta Maharnya Rp, 3.700.000
    =Paket Rp,1 Milyar Maharnya Rp, 7.500.000
    =Paket Rp,3 Milyar Maharnya Rp, 9.500.000
    =Paket Rp,5 Milyar Maharnya Rp, 15.000.000
    =Pesugihan Tanpa Tumbal
    =Pesugihan Jin Khodam
    =Pesugihan Asmah
    =Pesugihan Uang Sepasang
    =Pesugihan Tuyul | Pelaris Usaha =Uang Balik =Togel Jitu

    JENIS RITUAL YANG NYAI JALANKAN
    PESUGIHAN BANK GAIB

    PESUGIHAN UANG GAIB

    PESUGIHAN UANG BALIK

    PESUGIHAN DANA HIBAH

    PESUGIHAN ATM AJAIB

    PESUGIHAN NIKAH JIN

    ILMU PELET

    ILMU SANTET

    TRANSFER JANIN PENGASIHAN

    JUAL MUSUH

    PELARIS USAHA

    PESUGIHAN PUTIH

    PESUGIHAN HITAM

    PESUGIHAN TUYUL

    PESUGIHAN PUTIH ISLAMI AMALAN UANG BALIK

    AMALAN UANG GAIB

    BalasHapus