Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Meningkatkan GPU Android untuk Kualitas Grafis dan Visual Lebih Baik

Jika kamu sering membaca tulisan mengenai spesifikasi smartphone di internet atau di majalah, tentu kamu akan sangat familiar dengan sitilah GPU yang disematkan di dalam dapur pacu smartphone tersebut. GPU sendiri sebenarnya apa sih?

GPU atau biasa dibasa Graphics Processing Unit merupakan sebuah pengolah grafis atau tampilan visual dari smartphone. Baik buruknya kualitas gampar yang ditampilkan oleh smartphone kamu dipengaruhi oleh kehebatan spesifikasi GPU kamu. Nah, beberapa aplikasi yang penampilan grafis dan visualnya sangat tergantung dengan GPU ini antara lain game, pengolah video, video player, editing gambar, dan kamera. Selain itu, GPU juga berfungsi sebagai pengolah grafis dan tampilan visual, pada suatu proses tertentu juga berperan untuk memperingan kerja processor dan RAM.

Nah, karena memang kualitas grafis dan visual beberapa aplikasi sangat tergantung dengan spesifikasi GPU smartphone kamu, untuk smartphone dengan spesifikasi Andreno seperti saat ini, tentu hasil tampilan grafis dan visualnya bisa diunggulkan, namun bagaimana dengan smartphone yang memiliki spesifikasi GPU biasa-biasa saja, apakah untuk mendapatkan kualitas grafis dan visual mumpuni hanyalah mimpi belaka? Tentu nggak ya, karena kali ini Nona memiliki tips mengenai cara meningkatkan GPU Android kamu. Jangan khhawatir caranya akan susah ya, gampang sekali kok. Yuk disimak cara meningkatkan GPU Android kamu berikut ini:

Aplikasi yang Nona pilih kali ini adalah aplikasi berbayar di Google Play Store, jadi bukan aplikasi gratis lagi ya. Kamu mau kan mendapat performa grafis yang lebih baik yang bisa mendukung apa saja kegiatanmu yang menuntut untuk menyajikan performa grafik terbaik. Aplikasi berbayar tersebut adalah aplikasi GL Tools. Perlu untuk kamu ketahui, sekali lagi untuk bisa menggunakannya kamu perlu meroot smartphonemu terlebih dahulu.

Langkah pertama adalah kamu download aplikasi GL Tools di Google Play Store atau disini

GL 1

Setelah kamu install, kamu bisa membukanya, butuh waktu sebentar untuk menampilkan semua aplikasi kamu pada tampilan awal GL Tools. Setelah daftar aplikasi tersebut muncul, "klik" aplikasi yang ingin kamu perbaiki kualitas grafis dan visualnya, Contoh Nona kali ini adalah "game"

GL 2

Kamu sudah klik aplikasi pilihan kamu, selanjutnya klik "Select an app to configure"

GL 3

Setelahnya kamu bisa klik "Enable texture decompression" dan "Enable texture recompression" yang kesemuanya harus kamu klik "All"

GL 4

GL 5

GL 6

Klik fake GPU Info dan CPU Info. 

GL 7

GL 8

Disini kamu bisa memilih spesifikasi GPU sesuai dengan pilihan kebutuhan kamu. Setelah kamu klik GPU yang ingin kamu gunakan, lalu kamu bisa masuk ke dalam aplikasi yang di proses awal kamu pilih. Sekarang kamu akan mendapatkan tampilan grafis dan visual yang lebih baik

GL 9

Setelah membacanya, mudah kan caranya? Cara meningkatkan GPU android ini bisa kamu praktekkan kapan saja oleh siapa sajg caranya terbukti sederhana dan meskipun begitu sangat membantu untuk bisa meningkatkan GPU Android kamu. Setelahnya, kini kamu bisa bebas menikmati tampilan grafis yang berkualitas untuk game HD maupun aplikasi lain yang memang membutuhkan dukungan GPU mumpuni ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!