Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting APN / VPN / PROXY di Android

Pengertian proxy  sendiri  adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Dengan proxy, maka identitas anda berupa IP menjadi tersembunyi dikarenakan yang dikenali server yang direquest adalah IP dari server proxy anda. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.

Proxy merupakan salah satu alat yang sering digunakan untuk menghindari blokir atau mengubah alamat IP menjadi di negara lain. Umumnya kalau suatu situs yang tidak tidak melayani pengunjung dari Indonesia maka proxy bisa menjadi salah satu solusi.

Untuk Android ada 2 cara setting apn / vpn / proxy yaitu :

  1. Menggunakan setting manual dari gadget tersebut
  2. Menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di Playstore di gadget tersebut

Untuk cara yang pertama biasanya  setting APN / VPN / PROXY diandroid dilakukan melalui gadget tersebut. Untuk cara setting APN / VPN / PROXY secara manual saya menggunakan gadget  Xiaomi Redmi Note  dana akan kita jelaskan dibawah ini : 

Untuk cara setting manual sebagai berikut :
Kita masuk pengaturan / setting kita pilih Wifi / Wlan kemudian kita cari Wifi / Wlan yang sangat dan bisa terjangkau oleh gadget kita.




Untuk langkah yang kedua kita pilih option pada Wifi / Wlan yang sudah kita pilih biasanya ada tanda  >  paling kanan sendiri di pilhan Wifi / Wlan tersebut.
Setelah itu akan masuk seperti ini gambar dibawah ini, setelah masuk anda cari proxy kemudian pilih manual. 




Setelahmemilih manual silahkan isikan IP address dari proxy server yang ingin anda gunakan seperti gambar di bawah ini (contoh) , beserta portnya, dan opsional adalah alamat website yang tidak akan dilewatkan proxy. Kalau sudah selesai dalam penyetingan proxy langsung  tap saja Save untuk menyimpan konfigurasi barunya atau langsung pilih OK


Setelah selesai dalam pengaturan proxy anda bisa langsung mencobanya dengan cara akses online langsung. tetapi sebelum meulainya perikasa dahulu apa aplikasi didalam gadget anda sudah memenuhi dan mendukung. Untuk percobaan yang saya lakukan rata-rata semua berhasil dan bbisa dilakukan untuk browser dan app android sejenisnya.

Untuk Cara kedua dengan menggunakan aplikasi didalam playstore itu sangatlah mudah dan bisa dilakukan seperti biasanya.  Kita hanya mendownload aplikasi proxy tersebut dari playstore yang sangat banyak tersedia didalam playstore tersebut. 

Untuk langkah yang pertama anda masuk aplikasi playstore kemudian pilih search atan tanda kaca pembesar kemudian ketik VPN maka akan muncul macam-macam aplikasi vpn yang bisa anda instal dan pilih sperti gambar berikut : 








Setelah masuk pilhan seperti gambar diatas pilih salah satu vpn yang akan anda instal untuk contoh saya memilih aplikasi batternet kemudian anda instal setelah anda instal aplikasi tersebut maka akan otomatis terpasang pada gadget anda tersebut. 



Kemudian jalankan aplikasi tersebut dengan memilih BUKA dalam gambar diatas. Setelah menggunakan aplikasi tersebut maka akan muncul pilihan Connect dalam aplikasi tersebut untuk bisa menggunakan VPN yang telah kita donwload dari palystore tadi.


Setelah Connect aplikasi tersebut dan berjalan maka gambar akan berubah sebagai berikut : 


Apabila sudah muncul gambar diatas maka anda bisa menjalankan dan mencoba VPN tersebut sudah berjalan dan berfungsi apa tidak dengan cara memulai dengan browser untuk mencari server yang keblokir. 

Dalam menjalankan aplikasi tersebut disarankan kuota dan koneksi internet anda cukup bagus dan lancar karena apabila koneksi internet anda mengalami gangguan maka aplikasi tersebut tidak dapat berjalan dan berfungsi dengan baik. 

Demikian penjelasan dari kami dan info yang telah kami berikan semoga bermanfaat bagi para pengguna android yang sudah membaca dengan teliti pada blog kami.

Terima kasih.  (Red Azis)