Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Macam-macam Virus di Android yang Harus Kamu Waspadai

Virus bukanlah hal baru lagi kita kenal. Selain menyerang antibodi manusia, virus juga mampu menyerang perangkat elektronik seperti laptop dan komputer, dan bahkan ketika teknologi dari hari ke hari semakin berkembang, virus juga menjadi ancaman bagi gadget, seperti smartphone. Keberadaan virus sendiri tentunya mampu membuat aplikasi maupun fitur yang ada di dalam smartphone kamu menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Masuknya virus ini ke dalam smartphonepun kadang tidak kita sadari karena mereka memiliki tampilan beragam yang kadang dibuat menarik, sehingga pengguna smartphone dibuat tidak sadar jika telah membuka jalan bagi virus tersebut untuk masuk dan berkembang ke dalam smartphone nya. Jenis virus yang dapat masuk ke dalam smartphone pun ada bermacam-macam, oleh karena itu dalam artikel ini Nona ingin berbagi informasi dengan kamu mengenai macam-macam virus di android yang harus kamu waspadai keberadaannya.

Berikut adalah macam-macam virus di Android yang harus kamu waspadai

Malware


Engriks

Virus ini merupakan virus yang bisa muncul di android kamu jika kamu suka mengunjungi situs-situs dewasa. Virus ini mengganggu dengan memunculkan pesan-pesan dialog mengenai aplikasi yang tidak ada di android kamu. Sehingga untuk menghindarkan android kamu dari virus satu ini jangan sekali-kali mengunjungi situs dewasa agar android kamu tidak perlu di flash ulang untuk menghilangkan virus tersebut.

Shedun, Shuanet, ShiftyBug

Tiga virus diatas merupakan jenis virus yang seharusnya tidak ada di ponsel kamu, karena keberadaan mereka dapat mengancan android kamu untuk tidak bisa digunakan lagi. Untuk menghindari masuknya virus ini di Android kamu, usahakan jangan mendownload aplikasi atau apapun itu melalui pihak ketiga, karena biasanya melalui link inilah ketiga virus diatas bisa masuk ke sistem android kamu. Virus ini bekerja dengan cara mengubah diri menjadi bentuk yang sah lalu masuk ke dalam aplikasi seperti facebook, whatsapp, dan twitter. Kabar buruknya, jika android kamu terserang oleh virus ini, android kamu tersebut tidak akan pernah bisa kembali normal seperti sedia kala

DroidDream

Virus android DroidDream ini biasanya bisa masuk ke android kamu karena kamu melakukan download aplikasi tidak melalui Google Store, sehingga sangat rawan sekali jika kamu sering melakukannya. Karena aplikasi yang terpasang di android kamu yang asalnya bukan dari Google Play Store sangat riskan disisipi dengan virus tersebut. 

BatteryD-A

Virus yang satu ini biasanya masuk bersamaan dengan ketika kamu mendownload aplikasi pengemat baterai. Tidak seperti virus lain yang masuk karena kamu melakukan kegiatan download melalui pihak ketiga maupun bukan melalui Google Store, virus satu ini ada meski kamu mendapatkan aplikasi tersebut di Google Store. Cara kerja virus ini biasanya dengan memberikan informasi mengenai daya baterai kamu yang telah lebih hemat padahal kenyataannya virus ini merusak data sistem baterai kamu. Hal lainnya adalah ketika android kamu membuka suatu situs, maka dengan adanya virus ini bisa menyebabkan android kamu tersebut dipenuhi dengan banyak iklan yang mengganggu

BBridge-A

Virus android ini masuk kedalam golongan virus trojan yang akan sangat berbahaya jika masuk ke dalam android kamu. Virus ini dapat dengan sendirinya menginstall aplikasi asing yang mulanya tidak ada dan tidak kamu butuhkan. Selain itu, virus ini juga mampu melakukan pemindaian pada sistem perpesanan kamu, yang dikhawatirkan jika perpesanan tersebut berisi hal-hal yang penting dimungkinkan untuk dibocorkan oleh virus satu ini

Nah, itulah macam-macam virus di android yang harus kamu waspadai. Untuk menghindarinya, kamu hanya perlu berhati-hati untuk tidak sembarangan masuk ke dalam situs-situs yang sekiranya kurang terpercaya, melakukan download dari pihak ketiga, maupun melakukan download bukan dari aplikasi bawaan dari OS smartphone kamu. Karena pada kenyataannya, dari macam-macam virus di android tersebut ada yang benar-benar mampu membuat android kamu tersebut tidak bisa digunakan lagi. Jadi, hati-hatilah mulai sekarang, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu untuk menghindari kemunculan virus android tersebut di smartphone kamu.

Oya, kamu juga bisa baca mengenai tanda android kamu terkena virus/ malware disini