Mengenali Tanda Android terkena Virus/ Malware

Teknologi yang semakin berkembang, membuat ancaman untuk teknologi itu sendiri juga berkembang. Setelah hanya menyerang komputer, teknologi komunikasi yang semakin berkembang pun tidak luput dari ancaman teknologi yang dikenal luas dengan istilah virus atau malware.

Malware pada Android

Pada postingan Nona sebelumnya, Nona pernah membahas mengenai macam-macam virus yang dapat menyerang android dan patut diwaspadai keberadaannya karena dapat merusak android itu sendiri. Dan pada kesempatan kali ini, Nona ingin berbagi informasi kepada kamu semua mengenai bagaimana cara mengenali android yang terkena virus atau malware. Karena seperti yang ada pada postingan Nona sebelumnya, virus atau malware bisa masuk secara tidak terduga melalui cara yang kadang tidak disengaja. Sehingga menurut Nona akan sangat penting jika berbagi informasi tentang cara mengenali android yang terkena virus atau malware agar nantinya kamu pembaca semuanya bisa waspada jika terdapat hal-hal yang tidak biasa terjadi di android kamu.

Berikut ini adalah beberapa tanda android terkena virus atau malware

Smartphone Mendadak Menjadi Lemot

Jika smartphone kamu tiba-tiba mendadak menjadi sangat lemot padahal kamu tidak sedang membuka banyak aplikasi maupun RAM kamu masih baik-baik saja, berarti kamu harus waspada karena hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa android kamu terserang virus atau malware.  

Baterai Cepat Habis

Pada artikel Nona yang lalu, ada virus atau malware tertentu yang masuk bersama aplikasi hemat baterai dan memberikan data palsu mengenai kondisi daya baterai kamu yang hemat, padahal di belakang itu semua virus atau malware tersebut malah menyedot habis daya baterai kamu dengan menjalankan beberapa aplikasi tanpa sepengetahuan kamu

Banyak Bermunculan Iklan/ ads Ketika Kamu Terkoneksi dengan Internet

Jika kamu sedang terkoneksi dengan internet untuk bermain game atau hanya browsing biasa lalu tiba-tiba muncul iklan/ ads yang silih berganti, berarti kamu patut waspada karena bisa jadi android kamu terkena virus atau malware. Selain memunculkan iklan/ ads yang tidak kamu inginkan, dilain sisi iklan/ ads tersebut juga menyebabkan data internet kamu tersedot. Bayangkan jika dalam sekali membuka aplikasi ada banyak iklan yang datang silih berganti, akan semakin cepat habis bukan data internet kamu?

Kerja OS Menjadi Menurun

Beberapa virus atau malware memberikan tanda mengenai keberadaannya di android kamu dengan menyebabkan kerja OS menjadi menurun. Namun alangkah baiknya jika kamu jangan berprasangka buruk terhadap virus atau malware terlebih dahulu. Kamu bisa memeriksanya dengan menginstall aplikasi yang bisa memeriksa kondisi CPU maupun RAM kamu, sehingga kamu bisa tahu dengan pasti apakah OS Android kamu menurun karena adanya virus atau tidak

Kuota Cepat Habis

Tanda bahwa android kamu terkena virus atau malware biasanya juga terlihat dari kuota internet yang tiba-tiba tersedot habis padahal kamu tidak merasa sering menggunakan data internet kamu, hal ini patut kamu waspadai karena merupakan salah satu tanda bahwa android kamu terserang virus atau malware. Kuota bisa cepat habis karena virus atau malware tersebut menjadi pencuri data internet kamu yang salah satunya melalui banyaknya iklan/ ads yang muncul silih berganti 

Smartphone Sering Reboot dengan Sendirinya

Meskipun penyebab smartphone reboot dengan sendirinya ada banyak hal, namun jika smartphone kamu rebootnya terlalu sering dan tidak wajar frekuensinya, kamu harus patut waspada karena hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa android kamu terserang oleh virus atau malware

Biaya Telefon Membludak

Virus dan malware tertentu memiliki kemampuan untuk mencuri pulsa dari android yang dimasukinya. Caranya adalah dengan mengirim SMS pada layanan langganan yang berbayar, sehingga sudah pasti hal tersebut akan menyedot biaya telefon dari penggunanya. Jika kamu merasa tidak berlangganan SMS tersebut, maka kamu harus patut waspada juga agar kamu tidak merugi.

Itulah, beberapa tanda mengenali android yang terkena virus atau malware yang berhasil Nona rangkum hari ini. Jika kamu menemukan tanda-tanda tersebut terjadi pada android kamu, maka langkah amannya adalah segera pasang antivirus jika memang kamu belum memilikinya atau pasang aplikasi tertentu untuk memastikan apakah hal yang tidak wajar tersebut akibat virus atau bukan. Kamu juga harus cermat juga untuk tidak mengunjungi situs-situs yang sekiranya mencurigakan atau menginstall aplikasi yang tidak perlu agar android kamu terhindar dari masuknya virus maupun malware yang bisa merusak android serta merugikan kamu sendiri. 

Semoga bermanfaat dan salam NonaGadget.com

Aprilia Diah M. Pecinta kucing dan cerita hantu

Belum ada Komentar untuk "Mengenali Tanda Android terkena Virus/ Malware"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel