Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiba-tiba Sinyal HP Hilang? Bisa Jadi IMEI Diblokir Kemenperin

Sinyal HP Tiba-tiba Hilang, IMEI Diblokir Kemenperin

 Sinyal HP Tiba-tiba Hilang - Hampir semua aktivitas yang kita lakukan pada perangkat HP yang kita miliki butuh jaringan atau sinyal. Mulai dari komunikasi (telepon, SMS, atau chat), mengakses aplikasi, hingga browsing.

Kalau tidak ada sinyal, rasanya HP jadi sangat tidak berguna. Tidak bisa dipakai apa-apa, paling cuma bisa main game offline.

Sinyal HP Hilang Tiba-tiba

Ada banyak sekali penyebab hilangnya sinyal HP secara tiba-tiba.

  • Kerusakan Hardware
  • Kerusakan Software
  • Kartu SIM Provider hangus
  • Gangguan Provider

Kalau HP habis jatuh, terkena air, atau kendala sejenisnya, bisa menyebabkan sinyal HP tiba-tiba hilang. Bahkan terkadang tidak langsung, efek dari kendala yang dialami terjadi setelah beberapa saat. Hal ini bisa membuat pengguna bingung, kenapa HP tiba-tiba hilang sinyal.

Kesalahan software juga bisa menjadi penyebab hilangnya sinyal. Kerusakan semacam ini bisa terjadi akibat rooting, Custom Rom, atau oprek HP lainnya yang tidak benar.

Bisa juga hilangnya sinyal disebabkan karena kartu SIM hangus, lupa isi pulsa sehingga masa aktif kartu habis.

Kemungkinan terakhir adalah adanya kendala pada Provider. Terjadi masalah pada layanan sehingga pengguna tidak bisa mendapatkan jaringan yang baik. Untuk masalah ini, solusi satu-satunya hanya menunggu sampai pihak Provider mengatasi kendalanya.

IMEI Diblokir Kemenperin

Ada penyebab sinyal HP tiba-tiba hilang yang mungkin tidak banyak orang tahu. Yakni IMEI HP yang diblokir Kemenperin.

Beberapa waktu lalu, pemerintah menerapkan sebuah kebijakan baru untuk HP yang beredar di Indonesia. Untuk HP yang berasal dari luar negeri, IMEI nya harus didaftarkan dulu di database Kemenperin untuk bisa menggunakan layanan jaringan di Indoneisa. Jika tidak terdaftar, maka IMEI diblokir dan HP tidak mendapatkan sinyal.

Banyak sekali HP second Internasional yang dijual di berbagai tempat di Indonesia, mulai dari e-commerce hingga toko konter HP. Kalau Sobat tidak merasa beli HP dari luar negeri tapi mengalami sinyal HP hilang, bisa jadi HP yang dibeli merupakan HP bekas dari luar negeri yang belum terdaftar.

Untuk memastikannya, Sobat bisa cek dulu apakah IMEI dari HP Sobat sudah terdaftar di situs Kemenperin. Untuk caranya bisa cek di Cara Cek IMEI HP Kemenperin.

Mengatasi IMEI HP yang Diblokir Kemenperin

Untuk mengatasi IMEI yang Diblokir adalah dengan mendaftarkan IMEI tersebut. Pendaftaran cukup mudah kok, bisa cek di Cara Mendaftarkna IMEI.

Sayangnya pendaftaran IMEI hanya berlaku untuk HP baru saja yang akan masuk Indonesia. Tidak berlaku untuk HP dari luar yang beredar di pasaran Indonesia secara ilegal.

Lalu bagaimana jika terlanjur membeli HP yang IMEI nya diblokir? Apakah tidak ada cara lain untuk mengatasinya?

Jasa Unblock IMEI yang Diblokir

Tenang, mimin punya solusi untuk mengatasi HP yang IMEI nya diblokir. Yakni dengan menggunakan Jasa Unblock IMEI.

 Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

✔ Dijamin 100% "works"

✔ Terpercaya, pembayaran setelah blokir terbuka

✔ Harga termurah se-Indonesia

Jadi, bagi kamu yang mengalami IMEI HP terblokir bisa menggunakan Jasa Unblock IMEI ini. Informasi lebih lanjut bisa langsung klik HUBUNGI KAMI.

Artikel terkait: Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan