Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Menghemat RAM Android

 Langkah Mudah Menghemat RAM Android – Smartphone android memang menawarkan berbagai macam kemudahan dalam segala aktivitas. Salah satu kelebihan smartphone dengan sistem operasi android ini adalah dengan kemudahan menginstal berbagai macam aplikasi yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, banyaknya aplikasi yang terpasang pada smartphone anda, membuat ruang penyimpanan RAM menjadi penuh.

Padahal jika kapasitas RAM yang ada pada smartphone menjadi penuh,maka hal ini lah yang menjadi penyebab smartphone kesayangan anda terjadi lag dan juga lamban secara kinerja. Bahkan untuk aplikasi yang besar, akan menutup secara sendiri. Salah satu penyebab kapasitas RAM yang boros adalah dengan banyaknya aplikasi yang terpasang. Maka dari itu, perlu sekali mengetahui berbagai macam langkah untuk mengantisipasi untuk mengehamt RAM yang akan diulas dibawah ini.

Langkah Mudah Menghemat RAM Android

Langkah Mudah Menghemat RAM Android

1. Menginstal aplikasi seperlunya

Bagi anda yang memiliki smartphone dengan kapasitas RAM yang tidak terlalu besar, misalnya hanya kisaran 512 MB atau mungkin hanya 1 GB saja, maka sangat perlu bagianda untuk bijak dalam menginstal aplikasi seperlunya. Sebaiknya untuk tidak menginstal berbagai macam aplikasi messenger di satu tempat. Anda mungkin bisa menggunakan whatssap .

2. Kurangi aplikasi pada background

Salah satu penyebab smartphone anda mengalami kelambatan dalam bekerja adalah karena banyaknya aplikasi yang ada pada background. Selain itu, pemicu lambatnya smartphone anda karena kapasitas RAM nya yang cepat sekali penuh. Maka dari itu, anda sebaiknya mengurangi aplikasi pada background smartphone anda. 

3. Ganti dengan browser

Memang aplikasi messenger ataupun media sosial yang ada pada android, bisa menyebabkan kapasitas RAM anda menjadi cepat penuh.akan tetapi, anda yang memiliki smatphone dengan RAM yang kecil, bisa melakukan langkah penghematan denga cara mengganti aplikasi sosial media dengan login memalui browser. Misalnya untuk facebook,anda tingga masuk facebook melalui browser tanpa harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Tentu hal ini akan menghemat pemakaian kapasitas RAM anda.

4. Mengosongkan memori bebas 30 persen

Sebaiknya jangan menggunakan kapasitas RAM semuanya. Sisakan beberapa persen kapasitasnya, agar kinerja smartphone anda juga tidak melambat.selain itu, anda juga perlu sering melihat seberapa banyak pemakaian yang sudah anda gunakan.maka dari itu, anda pun juga sudah tau seberapa besar batasan penggunaan RAM yang mesti anda gunakan.

5. Mematikan smartphone android secara berkala

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa mengistirahatkan perangkat seluler anda. karena dengan perangkat seluler yang beristirahat, tentunya hal ini akan membuat kinerjanya semakin maksimal dan juga bisa merefresh ruang memori pada RAM anda, sehingga pemakaiannya pun menjadi lebih maksimal. Dan juga bisa menghemat pemakaian kapasitas.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghemat pemakaian kapasitas RAM yang ada pada smartphone anda. tentunya dengan kapasitas RAM yang tidak penuh, selain smartphone anda tidak mengalami kelambanan dalam beroperasi, aplikasi yang tersimpan pun tidak akan mengalami error atau menutup dengan sendirinya dalam penggunaannya. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Langkah Mudah Menghemat RAM Android"