Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Hal Berikut Ini Sebelum Smartphone Anda Dijual

Kegiatan jual beli smartphone tentu hal yang tidak asing bagi kamu semua ya. Dan pastinya kamu sendiri pernah melakukannya, baik ketika membeli maupun menjual. Setidaknya, kalian pasti pernah melakukannya meskipun itu hanya sekali.

Nah, dalam praktik jual beli kamu diharuskan untuk menjadi jeli disini. Jika dalam kegiatan membeli smartphone, dapat dipastikan jika kamu akan mendapatkan produk terbaik sesuai keinginanmu, asal kamu mendapatkannya dalam keadaan baru dan ditempat terpercaya, maka kamu tidak perlu mengkhawatirkan apapun lagi.

Namun, yang menjadi masalah adalah ketika kamu diharuskan untuk menjual smartphonemu. Maka diperlukan cara pintar disini. Agar harga smartphonemu memang bisa sesuai atau tidak turun terlalu jauh. Karena biasanya calon pembeli, termasuk Nona juga, hehe, akan mencari seribu satu alasan agar harga yang didapat bisa serendah mungkin.

Kamu tentu tidak mau kan jika smartphone yang kamu beli dengan harga mahal haus dijual murah. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini Nona ingin membagikan trik cerdas menjual smartphone agar harga yang kamu dapat dari jualan smartphonemu tersebut tidak merugikan kamu.

Yuk simak trik cerdas menjual smartphone berikut ini:

Perindah Kondisi Fisik Smartphonemu

perhatikan kebersihan smartphone

Trik cerdas menjual smartphone yang pertama terkait dengan kondisi fisik dari ponselmu. Sebelum menjual smartphonemu, maka kamu perlu perhatikan terlebih dahulu kondisi fisiknya, kemungkinan kerusakan kecil yang ada. Hal ini terkait dengan kondisi kebersihan layar, lubang port USB, maupun kebersihan bodi belakang smartphonemu. Untuk layar smartphonemu, meskipun telah terlindungi dengan fitur pelindung layar, apalagi untuk smartphone yang belum memiliki fitur tersebut, pastikan bahwa tidak ada goresan berarti yang akan mengurangi nilai jual smartphonemu. Untuk merawat layar smartphonemu, kamu bisa baca di tulisan Nona berikut ini


Selain mengkondisikan layar agar terlihat baik, perhatikan juga port USB maupun lubang-lubang lainnya, jangan sampai ada debu menumpuk yang bisa menimbulkan kecurigaan calon pembeli bahwa smartphonemu tidak kamu rawat dengan baik. Hal lainnya adalah perhatikan kebersihan bagian belakang smartphonemu. Apalagi jika kamu memakai casing, pastikan tidak ada noda debu yang menumpuk disana.

Amankan Data Smartphone Kamu


amankan data telepon

Mengamankan data smartphonemu adalah hal terpenting yang harus kamu lakukan sebelum menjualnya. Oya, perlu kamu ketahui, bahwa memindahkan data atau menghapusnya saja tidak cukup aman loh untuk smartphone kamu beserta seluruh data di dalamnya. Karena jika kamu menganggap enteng hal ini, orang-orang yang memang berniat melakukan hal buruk terhadapmu mampu mengembalikan data yang sudah kamu hapus sekalipun. Jadi, factory reset maupun bentuk penghapusan data lainnya kurang bisa dipercaya disini.

Apalagi jika kamu tipikal orang yang suka menyimpan alamat beserta password atau bahkan PIN dari email, akun sosial media, atau ATM sekalipun, penghapusan dengan cara sederhana sama sekali tidak dianjurkan. Oleh karenanya, berikut adalah tips menghapus data yang benar sebelum menjual smartphonemu:
  • Enkripsi Data Smartphone
Cara paling ampuh untuk melindungi data smartphone kamu adalah dengan melakukan enkripsi. Enkripsi ini akan membuat data smartphone kamu terkunci dan hanya bisa diakses dengan memakai passcode
  • Lakukan Overwrite Data
Cara yang kedua adalah dengan menghapus riwayat data lama kamu dengan data-data baru. Setelah data lama terhapus, kamu bisa mengisinya dengan file-file maupun data baru, pastikan juga jangan melakukan log in di akun google atau akun kamu yang lain. Setelahnya baru silahkan kamu factory reset smartphonemu

Perhatikan Kelengkapan Smartphone


perhatikan kelengkapan smartphone

Kelengkapan smartphone juga menjadi hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan sebagai salah satu trik cerdas menjual smartphone kamu. Pastikan bahwa kotak kemasan, buku panduan, headset, maupun charger masih dalam kondisi terbaik. Sehingga calon pembeli tidak akan memiliki dalih untuk menurunkan harga smartphone kamu.

Itulah, trik cerdas menjual smartphone kamu yang bisa kamu jadikan panduan sebelum menjual smartphonemu. Sederhana bukan? Oya, jika kamu memiliki pendapat lain, silahkan tambahkan melalui kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat dan Salam NonaGadget.com