Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi MI5 Akhirnya Rilis di Indonesia, Spesifikasi dan Review

Xioami MI5 akhirnya rilis di Indonesia, pada Februari 2016 lalu. Hadirnya Xiaomi MI5 ini membuat kagum masyarakat pecinta gadget karena rupanya kehadiran smartphone tersebut membawa banyak keunggulan di spesifikasinya yang tidak dimiliki oleh ponsel smart Xiaomi sebelumnya. Xiaomi MI5 ini juga merupakan smartphone dengan spesifikasi tertinggi di kelasnya.

tampilan MI5

Untuk spesifikasinya, berikut adalah ulasannya:

BODI

tampilan bodi desain dan layar

Untuk desain bodi, xiaomi tidak memberikan banyak perbedaan dari pendahulunya tahun lalu. Xiaomi MI5 ini masih menggunakan desain yang sama, hanya saja dimensi layar kali ini lebih kecil, yaitu 5.15 inc dengan bagian belakang yang melengkung di sisi kiri dan kanannya. Bagian belakang MI5 ini pun terbuat dari kaca, membuatnya terlihat lebih beda dan elegan, sehingga menyenangkan sekali rasanya melihat bagian belakang ponsel ini dibandingkan dengan bagian depannya. Untuk bagian muka ponsel ini, seperti ponsel Samsung pada umumnya, dilengkapi pula dengan satu tombol home yang bisa juga digunakan sebagai pemindai sidik jari. Di samping kiri dan kanan tombol home pada ponsel ini, juga akan terlihat tombol lain dengan nyala cahaya putih.

Untuk kedinamisan dengan posisi tangan pengguna, desain MI5 ini terasa sangat pas, karena posturnya yang memangjang dan ringan, namun perlu hati-hati juga untuk pengguna ponsel ini, karena bagian belakang dan samping bisa saja terasa agak licin di tangan.

SOFTWARE
Di kelas smartphone, MI5 menawarkan harga terjangkau dengan spesifikasi yang handal. Namun karena bukan ponsel yang dibuat di Indonesia, kalian perlu hati-hati dengan kemungkinan ROM palsu. Namun, hal lainnya jika kalian menggunakan ponsel ini, banyak terdapat bloatware bawaan dari ROM yang sebenarnya tidak memiliki banyak kegunaan.

PERFORMA

Performa MI5

Untuk performa, ponsel ini memiliki memori internal hingga 128 GB dengan RAM 4 GB dan 32/64 GB dengan RAM 3 GB, sehingga kalian tidak perlu lagi menggunakan memori eksternal sebagai pendukung penyimpanan. MI5 juga menggunakan system operasi OS v6.0 dan diperkuat dengan processor 4-core snapdragon 820 1,8 GHZ. Namun ponsel ini tidak memiliki banyak perbedaan dengan pendahulunya, yakni MIUI 7.0, hanya saja ketika kamu pertama kali membuka ponsel pintar ini akan kalian dapatkan informasi update terbaru untuk ponsel ini. Cukup pintar bukan? Dipastikan pula semua aplikasi yang ada dapat berjalan lancar dan mulus. Selain itu, saat idle pun MI5 hanya mengkonsumsi RAM sebesar 50% saja. Tampilan layarnya pun sangat baik di kelasnya. Tampilan yang dibawa oleh MI5 ini terbilang jernih, tajam, dan rapat. Selain itu, ponsel ini pun tahan membawa berbagai macam media sosial dengan game-game berat yang digunakan secara bersamaan.

KAMERA
Kamera merupakan salah satu hal lain yang paling dicari ketika kalian memutuskan untuk membeli ponsel pintar dengan spesifikasi tinggi bukan? Mi5 merupakan pilihan yang tepat ketika kamu ingin memiliki ponsel dengan spesifikasi kamera yang sangat memuaskan. Dengan kamera utama sebesar 16MP, kualitas jepretannya tentu bisa dibilang unggul. Kamera depannya yang memiliki kemamapuan 4MP pun bisa membuat kalian puas dengan performanya, hasil tangkapan gambarnya tajam dan cerah. Interface kameranya pun juga mudah digunakan dengan hasil yang memuaskan baik itu untuk menangkap gambar di tempat terang maupun gelap.

Contoh hasil kamera


Jika kalian ingin menggunakan mode back light, auto+flash, dan auto focus pun secara keseluruhan hasilnya akan sangat memuaskan, karena kemampuannya memotret di tempat yang minim pencahayaan sekalipun.

Namun untuk kualitas video, kemampuan MI5 masih kalah dengan smartphone lain yang memiliki spesifikasi tidak jauh beda, perpindahan auto fokusnya pun masih terasa kasar dan hasil tidak begitu halus seperti di ponsel Iphone 6.

BATERAI
Untuk kemampuan baterai, MI5 memiliki banyak keunggulan. Dengan 3000 mAH, MI5 dapat tahan lama dengan game-game berat, baterainya pun tidak membutuhkan waktu lama untuk mengisinya, untuk dapat mengisi baterai secara full hanya dibutuhkan waktu selama 1.5 jam. Pun jika digunakan tidak membuat MI5 menjadi cepat panas.

Sehingga dengan spesifikasi yang begitu hebat dengan harga yang lumayan terjangkau untuk kelebihan yang dimiliki oleh MI5 ini, ponsel ini dapat menjadi pilihan jika kalian ingin memiliki ponsel yang memiliki spesifikasi internal yang handal, beserta baterai dan kamera yang mumpuni sebagai pendukung.

Namun, selalu saja kekurangan dimiliki oleh ponsel keluaran paling canggih sekalipun. Kekurangan berikut dapat menjadi pertimbangan bagi kalian yang ingin memiliki MI5 ini:

  • Bagian belakang dan samping agak licin, sehingga perlu ekstra hati-hati
  • Membawa bloat yang tidak memiliki banyak kegunaan 
  • Untuk versi pro tidak memiliki perbedaan dengan Samsung S7
  • Kualitas video tidak sebaik dengan kualitas kamera
Sekian Review singkat Xiaomi Mi5 Terbaru yang diulas secara jujur oleh Nonagadget.com. Semoga bermanfaat.