Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flashing Mudah untuk Samsung Galaxy S6 SM-G920F

Karena teknologi makin lama menjadi semakin canggih, otomatis gadget yang dimiliki akan memuat banyak bermacam-macam aplikasi. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi ponsel berbasis smartphone, salah satunya adalah berkinerja prima untuk mampu membawa banyak aplikasi di dalamnya. Tidak terkecuali Nona, di smartphone Nona banyak sekali terdapat aplikasi-aplikasi yang bisa mendukung aktivitas Nona sehari-hari, seperti facebook, BBM, Line, Yahoo Mail, dan masih banyak lagi. Namun yang menjadi masalah untuk Nona adalah, karena saking banyaknya aplikasi yang Nona butuhkan, dan terkadang Nona memakainya secara bersamaan, hal menjengkelkannya adalah smartphone Nona tiba-tiba menjadi error. Entah itu not responding, bahkan mati secara tiba-tiba dan tidak dapat dihidupkan untuk beberapa saat. Namun, saat ini Nona tidak perlu khawatir lagi. Karena Nona sudah tahu bagaimana caranya menghadapi gadget yang tiba-tiba tidak kooperatif untuk digunakan atau sering disebut dengan hank tersebut. 

Kali ini, Nona akan membagikan tips tentang pengalaman Nona ketika melakukan tindakan untuk smartphone Samsung Galaxy S6 SM-G920F milik Nona. Tindakan yang Nona ambil untuk mengembalikan Samsung S6 Nona yang lagi error tersebut biasa disebut dengan flash/flasing. Bagi kamu yang belum tahu apa itu flash/ flashing, akan Nona jelaskan berikut. Flash atau flashing adalah suatu upaya pemulihan yang dapat dilakukan ketika smartphone kamu mengalami error. Sehingga setelah diberi tindakan flash/ flashing, smartphone kamu bisa bekerja normal kembali seperti sedia kala ketika kamu menerimanya dalam kondisi baru. 

Selain untuk menormalkan kembali smartphone kamu yang error karena system, flash juga bisa kamu gunakan jika kamu ingin mengupgrade smartphone kamu. Nah, saran dari Nona, jika kamu ingin melakukan flash pada smartphone kamu, kamu harus melakukan back up data dulu yang ada di smartphone kamu tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti hilangnya data. Flash/ flashing tidak hanya bisa dilakukan di HP Samsung saja loh, jika kamu memiliki smartphone merk lain, juga bisa ko dilakukan flash/ flashing untuk memperbaiki/ mengupgrade nya. Namun, karena tujuan Nona hari ini adalah untuk membagikan pengalaman Nona pada saat melakukan flash pada Samsung Galaxy S6 Nona, maka hari ini Nona akan mereview bagaimana cara melakukan Flash pada Samsung S6 Nona dengan Odin. Mengapa dengan Odin? Apa itu Odin?

Jawabannya adalah karena memang Odin merupakan aplikasi milik Samsung yang dikhususkan untuk meperbaiki HP Samsung yang mengalami masalah error atau hang atau bahkan hanya untuk sekedar Upgrade. Nah, untuk masalah pada HP Samsung S6 Nona yang membutuhkan tindakan flash adalah tiba-tiba smartphone Nona tersebut mengalami bootlop, sehingga tidak bisa masuk ke menu ponsel. Sedih bukan jika tiba-tiba handphone kamu menjadi seperti ini padahal saat itu kamu membutuhkannya untuk banyak hal.

Nah, hal-hal utama yang harus dilakukan untuk melakukan flash pada smartphone Samsung Galaxy S6 SM-G920F adalah kamu harus mendownload beberapa aplikasi terlebih dahulu, yakni:
Untuk klasifikasi firmware Samsung Galaxy S6 SM-G920F adalah sebagai berikut:

Firmware Samsung S6


  • Setelah kamu selesai menginstall driver pada PC kamu, extract Odin 3.09 dan firmware yang sudah kamu download tadi. 
  • Matikan Samsung S6 SM-G920F kamu dengan cara menekan tombol “power”, “volume bawah”, dan “home” secara bersamaa (power+volume bawah+home), setelah kamu menekannya beberapa saat, di layar smartphone kamu akan muncul tampilan bahwa kamu harus masuk ke mode “download”, kemudia tekan tombol “volume atas/ up” 
  • Setelahnya kamu bisa membuka aplikasi Odin 3.09 mu setelah kamu menghubungkan Smartphone kamu ke PC dengan kabel USB. Jika Samsung S6 dan laptop kamu telah tersambung maka akan muncul tampilan berikut sebagai contoh bagaimana cara menggunakan Odin 3.09:
  • Jika smartphone dan PC kamu belum tersambung, kamu harus mencobanya lagi dan lagi serta pastikan bahwa kamu sudah menginstall driver Samsung kamu. Atau jika belum juga terkoneksi antara keduanya, pastikan juga bahwa kamu terhubung dengan internet
Tampilan Odin 3.09 Samsung S6

  • Kemudian klik AP/PDA dan silahkan pilih firmware yang sudah kamu extract tadi dan pastikan untuk memilih file dengan nama “G920FXXU1AOE3_G920FOLB1AODR_G920FXXU1AOE3_HOME.tar.md5” di dalam file firmware kamu tersebut
  • Jika sudah, kamu tinggal klik star dan tunggu hingga proses flash selesai
  • Selesainya proses flash ini ditandai dengan munculnya kata PASS di kotak atas yang berwarna hijau. Dan smartphone kamu secara otomatis akan melakukan restart ulang
Nah, itulah tips cara flashing mudah untuk Samsung Galaxy S6 SM-G920F dari Nona yang bisa kamu lakukan jika Smartphone kamu mengalami error/ hang. Mudah bukan? Selamat Mencoba!!!