Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Negatif HP Bagi Anak Sekolah SMP & SMA

SMP dan SMA adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah lembaga pendidikan dan merupakan tahap akhir dari masa sekolah kita. Setelah SMA, seorang anak lazimnya meneruskan ke tingkat yang lebih tinggi yaitu ke Universitas untuk menempuh D3 maupun gelar S1. Fase sekolah menengah keatas merupakan hal yang begitu penting bahkan sangat berpengaruh bagi seorang siswa dalam merajut masa depan. Inilah yang membuat NonaGadget menulis artikel tentang bahaya HP atau Smartphone bagi anak sekolah SMP maupun SMA.

bahaya hp bagi anak remaja
Ilustrasi by grandparents.com


HP / Ponsel adalah sarana komunikasi yang efektif dan sangat membantu namun juga sering menimbulkan banyak masalah. Dengan barang ini, Kamu bisa main game, dengerin musik, abadikan momen, bahkan tidak jarang sampe ikutan masuk ke kamar mandi. Ngaku aja deh! Keberadaan HP bagi kaum remaja seharusnya dapat memberi kemudahan dan dampak positif bagi mereka, namun apa yang kita lihat sekarang? HP tidak jarang malah merusak generasi kaum muda yang akan menjadi pemimpin di masa depan. Maka Nona informasikan disini tentang mengapa anak sekolah tidak harus mempunyai HP.

Dampak Buruk Anak Sekolah Memiliki HP

Bahaya Kesehatan
Dalam satu dekade terakhir dunia telah menunjukkan pertumbuhan yang pesat dalam teknologi termasuk HP. Hampir semua kalangan memilikinya, dan seringkali menggunakannya untuk menelepon seseorang tanpa memahami resiko kesehatan yang mungkin terkait dengan penggunaan HP.

Sebuah Jurnal ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2007 berjudul "Long term use of cellular phones and brain tumors" menyimpulkan, setelah mengumpulkan hasil dari berbagai studi yang berbeda, menggunakan HP selama lebih dari 10 tahun menunjukkan peningkatan resiko untuk neurome akustik dan glioma. Resiko tertinggi pada eksposur ipsilateral, yang berarti tumor pada sisi yang sama ketika Kamu menelepon seseorang. Laporan jurnal ini memberikan penjelasan yang sangat bagus untuk dibaca dan dipahami.

Mungkin masalah kesehatan ini terlalu melebih-lebihkan. Tapi Nona benar-benar sekedar menginformasikan kepada Kamu semua bahwa secara ilmiah memang HP memberikan dampak buruk pada remaja. Tapi Nona juga tidak begitu percaya kok sama berita tadi.

Gangguan Akademik
Beberapa siswa memiliki kebiasaan membawa HP di dalam kelas, bahkan di perpustakaan. Mungkin untuk sekedar memberitahu kepada teman-teman bahwa nada deringnya keren atau lagu terbaru ya, sehingga dapat mengganggu siswa lain bahkan mengganggu guru di kelas. Ada juga sih yang HP nya di setting getar, namun tetap saja suara getaran terdengar oleh yang lain sehingga konsentrasi belajar menjadi buyar.

HP zaman sekarang pastinya sudah memiliki kapasitas memori yang cukup untuk mendonlot dan menyimpan lagu berbentuk MP3. Lagu-lagu tersebut didengarkan menggunakan headset di sekolah maupun dirumah. Sepertinya mereka lupa dengan prioritas utama mereka yakni "Belajar". Gangguan akademik semakin parah dari hari ke hari karena siswa yang awalnya tidak memiliki HP, setelah melihat temannya membawa HP terbaru, pasti minta dibelikan ke orang tuanya masing-masing dengan berjanji akan belajar setiap malam jika sudah dibelikan HP. Ketika udah dibelikan HP, siswa membuka buku untuk mulai belajar, lalu ada panggilan masuk atau sms, itu adalah akhir dari segalanya. huwaaaa.

Selanjutnya adalah masalah Game. Ini penting untuk dibahas. Terlalu banyak game yang ada di smartphone masa kini membuat topik bahasan para siswa setiap harinya disekolah adalah tentang Game dan Game lalu Game. Siswa tertentu akan merasa paling pintar jika sudah mencapai level tertinggi atau bertengger di high scores. Setelah dilakukan reset di 29 sekolah menengah di Kota Malang Jawa timur, 50% siswa dapat bermain game dengan baik. 27% siswa dapat melakukan kreatitifitas dan main game dengan baik. 23% siswa tidak dapat bermain game dan berkreatifitas dengan baik.

Dan yang terakhir tentang dampak buruk anak sekolah memiliki HP adalah "curang / nyontek saat ujian". Seperti kita tahu google adalah sumber dari berbagai sumber informasi. Sangat mudah untuk menjawab soal-soal ujian jika ditangan siswa terdapat sebuah HP dengan koneksi internet. Untung masih ada ujian Matematika yang google aja angkat tangan.

Sekian informasi tentang bahaya HP bagi anak usia remaja dan sekolah SMP maupun SMA. Bagi para orang tua diharapkan untuk sebijak mungkin dalam mengambil keputusan bagi anak kesayangan Anda. Anda boleh saja memberi mereka HP, namun selayaknya orang tua yang baik, Anda harus selalu memantau bagaimana penggunaan HP mereka. Terima kasih. Salam NonaGadget.com