Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iPhone HP Mahal dengan Spek Rendah, Bagaimana Bisa?

Salam hangat bagi para pengunjung NonaGadget yang tercinta. Kali ini Nona akan mengulas tuntas tentang kontroversi "iPhone HP mahal tapi speknya tergolong rendah". Bahasan ini Nona temukan saat Nona ingin membeli smartphone berdasarkan spesifikasinya. Nona menemukan ada kejanggaan dimana HP terpopuler saat ini yaitu Apple iPhone dengan harga yang sangat tinggi namun setelah Nona cek speknya masih kalah dengan Ponsel merk lain dengan harga dibawahnya. Nona menjadi ragu dan sangsi ketika ingin membeli iPhone. Apa yang terjadi? Apa cuma Nona yang berpikiran seperti ini? Mari kita simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Spesifikasi iPhone Lebih Rendah dari Lainnya
Ketika Nona browsing mencari Toko Online di Google, Nona menemukan situs jual HP Garansi Internasional websitenya di idblackmarket.com, katanya sih disana harganya murah banget. Di halaman utama terpampang jelas daftar harga semua HP. Lalu Nona mulai menyesuaikan budget dengan harga-harga HP tersebut. Nona sebenarnya ingin membeli iPhone 6s+ 128GB dengan warna terbaru yaitu rosegold sebagaimana netizen banyak memperbincangkan Gadget Super Keren ini. Nona cek harganya bulan Desember 2015 ini masih di angka 14,8 Juta Rupiah. Benar-benar angka yang luar biasa. Nona berpikir kalo harga segitu sudah pasti diusung dengan spesifikasi yang luar biasa pula. Itu harga HP apa Sepeda Vario yak? Setelah itu Nona penasaran dengan spesifikasinya dan fitur di dalamnya, kenapa sampai begitu mahalnya. Lalu Nona cek di spek di gsmarena.com. Betapa kagetnya Nona ketika mengetahui spesifikasi iPhone 6s plus masih begitu rendah, yaitu: 
Kamera cuma 12MP, RAM hanya 2GB, Processor masih DUALCORE? Gak salah tuh websitenya? Spek seperti itu dijual hampir 15 Juta? Nona rasa ada yang SALAH!! Nona aja beli komputer baru harga 6 juta udah dapat processor Core i3. 
Nona langsung merasa jadi Orang Terbodoh yang pernah ada di dunia, apa harga HP di dunia ini tidak dinilai dari segi spesifikasinya? Terus apa dong yang bikin iPhone begitu populer di dunia kalo bukan spesifikasinya? Apa cuma Nona yang bingung dengan masalah ini? Lalu Nona lanjut ke membandingan berbagai tipe HP yang yang sekelas tapi merk lainnya.

Perbandingan Spek iPhone 6s+ dengan Merk Sekelas Lain
Setelah Nona ambil segelas air putih lalu minum dulu biar tenang, Nona melanjutkan untuk melihat perbandingan spesifikasi iPhone dengan merk lain seperti Samsung, Xperia, dan lainnya. Ini untuk sekedar mencari jawaban apakah memang Harga HP iPhone tidak sebanding dengan spesifikasinya. Berikut adalah gambar hasil penelitian Nona tentang perbandingan spesifikasi dari Gadget tersebut:

perbandingan spesifikasi iPhone6s+ dengan HTC One M9+
iPhone 6s Plus VS HTC One M9+

perbandingan spesifikasi iPhone6s+ dengan Samsung Note Edge
iPhone 6s Plus VS Samsung Note Edge

perbandingan spesifikasi iPhone6s+ dengan Samsung S6 Edge
iPhone 6s Plus VS Samsung S6 Edge

perbandingan spesifikasi iPhone6s+ dengan Xperia Z5
iPhone 6s Plus VS Sony Xperia Z5

Dari penelitian Nona diatas, menunjukkan bahwa Faktanya :
Spesifikasi iPhone memang Lebih Rendah daripada merk lain sekelasnya. Dan harganya juga Lebih Tinggi daripada HP yang memiliki spesifikasi diatasnya.
Setelah mengetahui hal ini, Nona semakin ragu untuk membeli iPhone 6s Plus ini. Kenapa Nona harus memilih HP dengan Harga Mahal tapi dalemannya gak sebanding? Tidak puas dengan fakta ini, Nona lalu mencari lebih dalam apa sebenarnya alasan tepat membeli iPhone daripada merk lain.

Perbandingan Performa iPhone 6s+ dengan Merk Sekelas Lain
Malam itu menjadi malam browsing yang sangat panjang bagi Nona karena Nona benar-benar merasa penasaran. Kenapa iPhone yang selama ini dipuja-puja oleh kalangan gadget lovers ternyata jeroannya tidak begitu bagus bahkan masih kalah dengan merk lain yang harganya lebih murah. Lalu Nona menemukan sebuah video perbandingan antara iPhone 6s+ versus Sony Xperia Z5 di youtube. Berikut videonya Nona lampirkan disini.


Setelah Nona nonton video ini sampe habis, akhirnya Nona menemukan jawaban yang melegakan. Pada sisi performa HP ternyata iPhone 6s Plus banyak memiliki keunggulan. Mulai dari kecepatan, motion, bahkan kamera iPhone lebih unggul daripada Xperia Z5. Padahal jika dilihat dari spesifikasinya, seharusnya Xperia Z5 yang lebih cepat karena menggunakan prosesor Octacore didukung RAM sebesar 3GB. Sedangkan iPhone 6s+ hanya Dualcore dan RAM 2GB. Begitu juga dari sisi kamera, iPhone 6s masih terbilang menang padahal Z5 menggunakan 23 megapixel sedangkan iPhone6s+ hanya 12 megapixel. Akhirnya tanpa pikir panjang, Nona langsung transfer ke penjual HP tadi untuk membeli iPhone 6s+ 128GB Rosegold tanpa ada keraguan sedikitpun.

Kesimpulan
Penelitian Nona kali ini tidak sia-sia karena Nona benar-benar mendapatkan informasi penting tentang hal kontroversial ini. Dengan begitu Nona tarik kesimpulan sebagai berikut:
  • Spesifikasi iPhone secara kasat mata memang tergolong Rendah, namun pada kenyataannya performa iPhone melebihi tipe HP dengan spesifikasi diatasnya. Setelah Nona cari informasi lebih lanjut, hal ini dikarenakan hardware yang digunakan oleh Apple adalah yang premium alias benar-benar bagus. Apple mengutamakan Kualitas bukan Kuantitas.
  • Harga iPhone memang Mahal, tapi yang didapatkan adalah sebanding dengan harganya. Karena iPhone memiliki berbagai kelebihan terutama di sisi keamanan yaitu iCloud. Wajar saja jika harga iPhone terbaru bisa mencapai belasan juta.
  • Jika ingin membeli HP, cek secara detil terlebih dahulu spesifikasi HP tersebut di Internet. Namun jangan berhenti disana, cek juga review-reviewnya di internet kalo perlu buka youtube untuk mencari video perbandingan dari masing masing tipe HP. Niscaya Kamu gak akan pernah menyesal setelah membeli HP yang diinginkan.
Begitu kiranya pengalaman berharga ini Nona bagikan untuk seluruh warga Indonesia. Semoga bermanfaat bagi yang masih mau beli HP baru terutama iPhone. Silahkan berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan, NonaGadget siap menjawab. Terima kasih telah membaca artikel bermanfaat ini sampai habis. Salam NonaGadget.com.