Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Facebook Rilis Fitur Terbaru, Automatic Subtitle

Seperti yang Anda tahu, facebook saat ini tengah gencar untuk melakukan berbagai inovasi baru di bidang konten video, hal tersebut sebenarnya sudah mulai terlihat sejak tahun 2016. Dimulai dari fitur 360 video, live video, hingga live 360 video, facebook terus melakukan update konten dan memanjakan penggunanya khususnya yang senang dengan konten berbasis video. Memang Mark sendiri mengatakan bahwa dalam beberapa tahun konten berupa video akan menjadi salah satu konten yang memegang peranan penting dalam dunia media sosial, tentunya bisnis online juga. 


Baru baru ini facebook kembali merilis fitur terbaru yang semakin memanjakan para penggemar konten berbentuk video, yaitu automatic subtitle. Fitur ini digerakkan oleh sebuah alat voice recognition atau alat pendeteksi suara, alat ini secara otomatis akan membaca kata kata yang terdengar dari dalam video untuk nantinya diubah menjadi sebuah transkrip yang dapat ditampilkan di bagian bawah dari video, seperti subtitle film atau video yang sering Anda jumpai. Tentu saja karena diterjemahkan oleh sebuah alat, maka hasil terjemahan tidak dapat 100% sempurna, disitulah saatnya kita sebagai manusia turut Andil. Fitur ini tidak sepenuhnya memberi kewenangan untuk melakukan transkripsi video pada alat pendeteksi suara, namun Anda sebagai pengguna facebook juga dapat melakukan editing pada hasil transkrip tersebut agar terbentuk file subtitle yang sempurna. 


Sebenarnya fitur ini ditujukan untuk video tanpa suara yang merupakan salah satu fitur dari facebook itu sendiri. Pada akhir tahun 2013 kemarin, facebook merilis sebuah fitur yaitu video tanpa suara yang dalam waktu yang sama memaksa siapapun yang ingin melakukan posting dalam bentuk video untuk membuat kreasi terbaru yaitu bagaimana cara membuat video yang bagus tanpa harus menggunakan audio atau suara.  Benar saja, selama beberapa tahun terhitung dari tahun 2013 tersebut banyak video tanpa suara yang beredar dan pemilik dari video tersebut biasanya memasukkan sendiri subtitle dari video tersebut..
 

Namum jangan salah, video tanpa suara tersebut bukan berarti Anda tidak bisa melakukan posting video yang memiliki audio. Video tanpa suara yang kami tulis di atas adalah video di laman beranda Anda yang tidak mengeluarkan konten audionya kecuali jika Anda melakukan klik pada video tersebut, ketika Anda sudah mengaktifkan video itu, maka file audionya baru akan ikut keluar juga. Hal tersebut berguna untuk memberi kesan preview terhadap video video yang ada.


Untuk saat ini fitur automatic subtitle ini hanya tersedia untuk beberapa halaman yang memiliki bahasa dasar Inggris saja. Masih belum ada kabar kapankan adanya support untuk bahasa lain akan dirilis. Tentunya kita hanya bisa menunggu perkembangan facebook ke depannya.

Sumber gambar:fbneewsroomus, pcmag