Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Virus Malware Berbahaya Menyerang WhatsApp!

Saat ini ada banyak pilihan aplikasi chatting yang dapat Anda gunakan dalam smartphone Anda, mulai dari line, facebook messenger, telegram, dan masih banyak lagi. Di antara nama nama tersebut Anda pasti tidak asing lagi dengan nama aplikasi whatsapp, salah satu aplikasi chatting yang beberapa bulan ini digemari para pengguna smartphone. Berbeda dengan line, whatsap digemari karena tampilannya yang simple dan ringan, menimbulkan kesan elegan dan profesional. Maka tidak heran jika kebanyakan dari toko online atau pebisnis memasukkan whatsapp ke dalam contact personnya, namun bukan berarti bahwa kalangan muda juga tidak menggunakan aplikasi ini. Faktanya whatsapp merupakan aplikasi pesan yang digunakan oleh pengguna smartphone dari berbagai latar belakang.

Virus Malware Berbahaya Menyerang WhatsApp!

Menjadi salah satu aplikasi yang populer, whatsapp tentu saja memiliki suatu sistem proteksi dimana aplikasi ini tetap mampu menjaga data pribadi seluler Anda dari pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun apa jadinya jika aplikasi yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia ini terserang wabah malware? Tentu saja akan terjadi masalah besar. Hal itulah yang terjadi baru baru ini, Whatsapp baru saja terserang wabah malware yang mampu mencuri data pribadi penggunanya.

Memang salah satu kelebihan dari Android adalah sistem operasi ini sudah “mengenal” berbagai macam jenis data, bahkan ketika Anda ingin membuka salah satu file yang berasal dari pc, hanya dengan beberapa ketukan saja file tersebut sudah dapat Anda lihat melalui smartphone Anda . Kemampuan whatsapp untuk mengenal dan membuka berbagai jenis ekstensi file tersebut rupanya dalam waktu yang sama menjadi salah satu kelemahan terbesarnya. Baru baru ini dikabarkan jenis malware baru mulai menyebar dan mencuri data data pribadi pengguna smartphone di seluruh dunia.

Virus Malware Berbahaya Menyerang WhatsApp!

Malware tersebut menyebar melalui aplikasi whatsapp. Memang tidak asing karena whatsapp sendiri adalah aplikasi yang digunakan hampir setiap hari dan sistem sosial dari aplikasi tersebut juga mempermudah malware tersebut untuk loncat antara satu tempat ke tempat lainnya.  Berdasarkan laporan dari beberapa pengguna, malware tersebut sepertinya berasal dari India.

Cara kerja malware ini cukup sederhana, yaitu mereka menyembunyikan dirinya di dalam aplikasi dokumen, cerdasnya nama aplikasi dokumen ini hampir sama persis dengan yang biasa kamu gunakan sehari hari.  Malware tersebut akan langsung bekerja begitu pengguna membuka file yang tidak dikenal tersebut. Nama dari kedua file itu adalah “NDA-ranked-8th-toughest-College-in-the-world-to-get-into.xls” dan “NIA-selection-order-.xl”, tentu sekilas bukan nama email yang aneh bukan? Namun sebenarnya file file tersebut memang mengandung malware berbahaya.

Virus Malware Berbahaya Menyerang WhatsApp!

Saat ini pihak whatsapp sedang berusaha untuk menghilangkan malware tersebut dan meingkatkan sistem proteksi mereka. Para pengguna disarankan untuk tidak membuka file yang dikirim dari orang yang tidak dikenal, bahkan selalu lakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap apa yang dikirim pada Anda serta siapa yang mengirimnya.

Sumber gambar: androidheadlines, teknonuz