Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Viber, Aplikasi Chatting yang Simple dan Serbaguna

Viber yang tersedia di iOS, Android, dan Windows ini adalah aplikasi yang sangat berguna untuk berkirim pesan dan video call ke teman, keluarga, atau kenalan secara global dan tentu saja gratis. Sama seperti aplikasi chatting lainnya, Kontak Viber bisa disinkronisasi dengan kontak nomer telpon yang ada di kontak smartphone.

Viber, applikasi, apps, chat, chatting, android, terbaru

Aplikasi chatting seperti ini bukanlah hal yang baru karena App Store sendiri sudah banyak menyediakan aplikasi yang mirip, contohnya WhatsApp, LINE, Kik, Telegram, dll. Viber adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi chatting diluar sana yang memiliki keunikannya sendiri. Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya menjadi salah satu aplikasi chatting populer.

Satu-satunya isu adalah masih banyak yang belum menggunakan Viber. Jadi, Nona harus bisa meyakinkan teman-teman dan keluarga Nona untuk mendownloadnya juga. Viber akan sangat menyenangkan saat dipakai dengan fitur yang disediakan.

Begitu diinstall, yang akan Viber pertama kali lakukan adalah memasukkan nomer telepon pengguna dan memberikan akses ke daftar kontak. Untuk verifikasinya, pengguna akan mendapatkan sms yang disinkronisasi dengan kode yang akan dimasukkan sebelum akun dibuat.

Saat dipakai chatting dengan pengguna lain, Nona merasa Viber adalah aplikasi chatting yang sama seperti aplikasi chatting yang lainnya, Nona bisa mengirim pesan teks, rekaman audio, foto, video, lokasi, dan emoticons.

Viber, chat, chatting, android, terbaru

Fungsi kirim-mengirim pesan esensinya sama seperti aplikasi yang lain dengan balon kata untuk setiap chattingnya, dan pengguna juga bisa meng-set group chat hingga 100 pengguna. Berkirim pesan audio cukup dengan menyentuh tombol mikrofon yang tertera di layar, sentuh dan tahan untuk merekam dan otomatis akan terkirim.

Fitur yang berbeda mungkin ada pada doodle feature, yang mana bisa membuat pengguna memilih ukuran kuas dan warnanya, lalu tinggal dipakai untuk menggambar sesuatu di layar, gunanya seperti screenshot yang dicoret-coret lalu dikirimkan ke ruang chat. Memang bukan fitur yang krusial, akan tetapi fitur ini bisa membuat chat Nona menjadi lebih menyenangkan dan memberikan sesuatu yang lebih pada obrolan Nona.

Kegunaan lain yang bisa dilakukan oleh Viber adalah kemampuannya untuk berkirim pesan audio atau video call dan pengguna bisa melakukannya pada koneksi 3G atau lebih. Aplikasi ini menggunakan nomer telepon yang disetor di kontak pengguna dan siapapun di kontak pengguna akan bisa ditelpon melalui video call jika sama-sama menggunakan Viber. Menariknya, suara dan video yang dikeluarkan lebih jernih daripada aplikasi kebanyakan.

Viber, chat, chatting, applikasi, android, terbaru

Jika Nona ingin menghubungi teman luar kota atau luar negara yang belum memiliki Viber, Nona memiliki opsi untuk menghubungi mereka dengan Viber Out. Fitur ini harus diisi dengan kredit atau uang terlebih dahulu ke Viber Out credit pengguna, tentu dengan pricing plan uang sudah disediakan. Pricing plan ini akan sangat berguna agar pengguna bisa tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan sebelum melakukan pembayaran dan panggilan. Sebagai contoh, jika Nona memiliki teman di Tokyo dan Nona di Malang, Nona akan diinfokan seberapa banyak kocek yang harus Nona rogoh untuk melakukan panggilan keluar termasuk biaya berapa lama kiranya Nona melakukan panggilan. Video call juga sama gratisnya jika pengguna sama-sama menggunakan Viber dan memiliki koneksi 3G atau lebih.

Viber, chat, chatting, android, terbaru

Viber juga memiliki public chat yang memiliki tema beragam seperti Song of The Day atau Disney Theme Parks jadi pengguna bisa mengikuti topik yang menurut pengguna menarik. Viber juga memiliki beberapa selebriti di public chatnya yang bisa di-follow untuk mengetahui info terbaru mereka dari chat orang-orang di public chat. Yang menjadi masalah adalah pengguna masih belum bisa berpartisipasi di public chat dan hanya bisa melihat chatnya saja. Viber akan mengubah hal ini agar pengguna bisa turut berpartisipasi pada public chat di update berikutnya.

Pada intinya, Viber memiliki fitur pokok yang hampir sama dengan aplikasi kebanyakan, ditambah dengan fitur lain yang memberikan warna pada chat pengguna. Kemampuannya untuk Viber Out juga sangat bermanfaat untuk melakukan panggilan dengan sanak saudara yang jauh diluar negeri.