iPhone HP Mahal dengan Spek Rendah, Bagaimana Bisa?

Salam hangat bagi para pengunjung NonaGadget yang tercinta. Kali ini Nona akan mengulas tuntas tentang kontroversi "iPhone HP mahal tapi speknya tergolong rendah". Bahasan ini Nona temukan saat Nona ingin membeli smartphone berdasarkan spesifikasinya. Nona menemukan ada kejanggaan dimana HP terpopuler saat ini yaitu Apple iPhone dengan harga yang sangat tinggi namun setelah Nona cek speknya masih kalah dengan Ponsel merk lain dengan harga dibawahnya. Nona menjadi ragu dan sangsi ketika ingin membeli iPhone. Apa yang terjadi? Apa cuma Nona yang berpikiran seperti ini? Mari kita simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Spesifikasi iPhone Lebih Rendah dari Lainnya
Ketika Nona browsing mencari Toko Online di Google, Nona menemukan situs jual HP Garansi Internasional websitenya di idblackmarket.com, katanya sih disana harganya murah banget. Di halaman utama terpampang jelas daftar harga semua HP. Lalu Nona mulai menyesuaikan budget dengan harga-harga HP tersebut. Nona sebenarnya ingin membeli iPhone 6s+ 128GB dengan warna terbaru yaitu rosegold sebagaimana netizen banyak memperbincangkan Gadget Super Keren ini. Nona cek harganya bulan Desember 2015 ini masih di angka 14,8 Juta Rupiah. Benar-benar angka yang luar biasa. Nona berpikir kalo harga segitu sudah pasti diusung dengan spesifikasi yang luar biasa pula. Itu harga HP apa Sepeda Vario yak? Setelah itu Nona penasaran dengan spesifikasinya dan fitur di dalamnya, kenapa sampai begitu mahalnya. Lalu Nona cek di spek di gsmarena.com. Betapa kagetnya Nona ketika mengetahui spesifikasi iPhone 6s plus masih begitu rendah, yaitu: 
Kamera cuma 12MP, RAM hanya 2GB, Processor masih DUALCORE? Gak salah tuh websitenya? Spek seperti itu dijual hampir 15 Juta? Nona rasa ada yang SALAH!! Nona aja beli komputer baru harga 6 juta udah dapat processor Core i3. 
Nona langsung merasa jadi Orang Terbodoh yang pernah ada di dunia, apa harga HP di dunia ini tidak dinilai dari segi spesifikasinya? Terus apa dong yang bikin iPhone begitu populer di dunia kalo bukan spesifikasinya? Apa cuma Nona yang bingung dengan masalah ini? Lalu Nona lanjut ke membandingan berbagai tipe HP yang yang sekelas tapi merk lainnya.

Perbandingan Spek iPhone 6s+ dengan Merk Sekelas Lain
Setelah Nona ambil segelas air putih lalu minum dulu biar tenang, Nona melanjutkan untuk melihat perbandingan spesifikasi iPhone dengan merk lain seperti Samsung, Xperia, dan lainnya. Ini untuk sekedar mencari jawaban apakah memang Harga HP iPhone tidak sebanding dengan spesifikasinya. Berikut adalah gambar hasil penelitian Nona tentang perbandingan spesifikasi dari Gadget tersebut:

perbandingan spesifikasi iPhone6s+ dengan HTC One M9+
iPhone 6s Plus VS HTC One M9+

perbandingan spesifikasi iPhone6s+ dengan Samsung Note Edge
iPhone 6s Plus VS Samsung Note Edge

perbandingan spesifikasi iPhone6s+ dengan Samsung S6 Edge
iPhone 6s Plus VS Samsung S6 Edge

perbandingan spesifikasi iPhone6s+ dengan Xperia Z5
iPhone 6s Plus VS Sony Xperia Z5

Dari penelitian Nona diatas, menunjukkan bahwa Faktanya :
Spesifikasi iPhone memang Lebih Rendah daripada merk lain sekelasnya. Dan harganya juga Lebih Tinggi daripada HP yang memiliki spesifikasi diatasnya.
Setelah mengetahui hal ini, Nona semakin ragu untuk membeli iPhone 6s Plus ini. Kenapa Nona harus memilih HP dengan Harga Mahal tapi dalemannya gak sebanding? Tidak puas dengan fakta ini, Nona lalu mencari lebih dalam apa sebenarnya alasan tepat membeli iPhone daripada merk lain.

Perbandingan Performa iPhone 6s+ dengan Merk Sekelas Lain
Malam itu menjadi malam browsing yang sangat panjang bagi Nona karena Nona benar-benar merasa penasaran. Kenapa iPhone yang selama ini dipuja-puja oleh kalangan gadget lovers ternyata jeroannya tidak begitu bagus bahkan masih kalah dengan merk lain yang harganya lebih murah. Lalu Nona menemukan sebuah video perbandingan antara iPhone 6s+ versus Sony Xperia Z5 di youtube. Berikut videonya Nona lampirkan disini.


Setelah Nona nonton video ini sampe habis, akhirnya Nona menemukan jawaban yang melegakan. Pada sisi performa HP ternyata iPhone 6s Plus banyak memiliki keunggulan. Mulai dari kecepatan, motion, bahkan kamera iPhone lebih unggul daripada Xperia Z5. Padahal jika dilihat dari spesifikasinya, seharusnya Xperia Z5 yang lebih cepat karena menggunakan prosesor Octacore didukung RAM sebesar 3GB. Sedangkan iPhone 6s+ hanya Dualcore dan RAM 2GB. Begitu juga dari sisi kamera, iPhone 6s masih terbilang menang padahal Z5 menggunakan 23 megapixel sedangkan iPhone6s+ hanya 12 megapixel. Akhirnya tanpa pikir panjang, Nona langsung transfer ke penjual HP tadi untuk membeli iPhone 6s+ 128GB Rosegold tanpa ada keraguan sedikitpun.

Kesimpulan
Penelitian Nona kali ini tidak sia-sia karena Nona benar-benar mendapatkan informasi penting tentang hal kontroversial ini. Dengan begitu Nona tarik kesimpulan sebagai berikut:
  • Spesifikasi iPhone secara kasat mata memang tergolong Rendah, namun pada kenyataannya performa iPhone melebihi tipe HP dengan spesifikasi diatasnya. Setelah Nona cari informasi lebih lanjut, hal ini dikarenakan hardware yang digunakan oleh Apple adalah yang premium alias benar-benar bagus. Apple mengutamakan Kualitas bukan Kuantitas.
  • Harga iPhone memang Mahal, tapi yang didapatkan adalah sebanding dengan harganya. Karena iPhone memiliki berbagai kelebihan terutama di sisi keamanan yaitu iCloud. Wajar saja jika harga iPhone terbaru bisa mencapai belasan juta.
  • Jika ingin membeli HP, cek secara detil terlebih dahulu spesifikasi HP tersebut di Internet. Namun jangan berhenti disana, cek juga review-reviewnya di internet kalo perlu buka youtube untuk mencari video perbandingan dari masing masing tipe HP. Niscaya Kamu gak akan pernah menyesal setelah membeli HP yang diinginkan.
Begitu kiranya pengalaman berharga ini Nona bagikan untuk seluruh warga Indonesia. Semoga bermanfaat bagi yang masih mau beli HP baru terutama iPhone. Silahkan berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan, NonaGadget siap menjawab. Terima kasih telah membaca artikel bermanfaat ini sampai habis. Salam NonaGadget.com.

39 Komentar untuk "iPhone HP Mahal dengan Spek Rendah, Bagaimana Bisa?"

  1. Ngaco aja kamera lebih Baik dari Xperia Z5 . Xperia Z5 masih memegang mandat sebagai Kamera Smartphone terbaik saat ini mengalahkan semua nya ! Apalagi lawan nya cuma 12MP iphone 6s -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamera itu gk tergantung megapixel, tapi sensor nya, klo 13 mp tapi sensor jelek, ya hasilnya jelek

      Hapus
  2. black campaign ne, salesnya iphone ye?

    BalasHapus
  3. bos ane bilang beli iphone terpaksa karena gengsi doank....

    BalasHapus
  4. Itu jelas2 kameranya di compare lebih bagus z5, gmn sih reviewnya

    BalasHapus
  5. Mp beda jauh , tapi kameranya beda dikit doang bagusnya , wkwkwkwk apalagi kalo MPnya sama , yaelah ama iPhone mah di ludahin doang bro 23 ama 12 lohh itu wkwk , apalagi kalo iphone 23MP?:'v kalah SLR wkwk

    BalasHapus
  6. Memang gk rugi beli iphone.

    BalasHapus
  7. Wkw Gan. Mega Pixel itu bukan segalanya. Sekarang aja udah ada samsung S7 yang mantep kameranya padahal 12 MP.

    BalasHapus
  8. Gk nyesel beli iphone. Hrga emg gk bs bohong...

    BalasHapus
  9. Beli iphone memang kalah spec tapi hpnya memang bagus karena iphone itu closed source tidak seperti android yg open source sehingga memungkinkan banyak perusahaan lain untuk memproduksi android, dan ketika kita liat apps di app store, karena hanya iphone yg memakai iOS tidak ada satupun aplikasi yg tidak compatible, berbeda dengan android, anda beli android spec setinggi apapun masih ada aplikasi yg gak kompatibel atau gak smooth. Dan hari ini anda beli android top besoknya keluar lagi android lebih top jadi anda cepat terbelakang, beda dengan iphone yg setiap generasinya rilisnya 3-4 tahunan

    BalasHapus
  10. alah mahal. gak penting2 amat lagian

    BalasHapus
  11. Kalo saya 14jt, beli redmi 2 prime + ps4 dan laptop asus. Wkwkwk

    BalasHapus
  12. Saya sebagai musisi milih iPhone sesuai kegunaan, waktu pake software musik tidak ada latensi sedikit pun, beda sgn android samsung yg selalu telat bila di sentuh, padahal tempo lagu haru presisi, Apple luar biasa, bs bikin karya dari software nya yg ori hehehe

    BalasHapus
  13. iphone harga overprice!
    hati-hati bro lihat compare di youtube atau di sosmed lainnya, banyak black campaign dan pembodohan public.
    uang 14 juta cuma dapat hp iphone spek rendahan, iphone diludahin bro sama android brand global (samsung, sony dll...)
    siap-siap saja iphone ikutan jejak nokia atau blacberry yang babak belur bangkrut digebukin gank andoid. wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  14. iphone harga overprice!
    hati-hati bro lihat compare di youtube atau di sosmed lainnya, banyak black campaign dan pembodohan public.
    uang 14 juta cuma dapat hp iphone spek rendahan, iphone diludahin bro sama android brand global (samsung, sony dll...)
    siap-siap saja iphone ikutan jejak nokia atau blacberry yang babak belur bangkrut digebukin gank android. wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  15. Apa? Gak salah dengar Nona? Perfoma iPhone melebihi tipe HP dengan spesifikasi diatasnya? Kalau mau buat Review pinteran dikit donk. Nona hanya mereview Camera saja, buka secara keseluruhan. Benchmark aj kagak terus enak saja bilang lebih performa. Ketahuan iPhone Lovers :D

    BalasHapus
  16. Coba iphone pake os android, pasti super lag.. :P

    Coba hp hp android pake os apple, ga bakal ada kata lag.. iyalah, os android itu butuh 'ruang yang super lega'.. orang layar ihpone paling bagus cuma 720 tok ko.. wkwkwkwk ram mentok2 2 gb.. hahahaha

    BalasHapus
  17. Kalo iphone menggunakan Os dari qpplenya sendiri,sedangkan android dari platform umum. Secara spek OS, Android filenya jauh lebih besar daripada ios, File android OS 10 ukuran os nya sebanding sama android ICS. Kalo mau test performa test aja di gaming graphics

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah pakai iPhone juga.. Dan sya bermain game" berat Tampa masalh...
      Sya juga pengguna an android...
      Tpi lebih smooth iPhone
      Dari pada android sya yg memakai ram 3gb

      Hapus
  18. setiap ponsel punya keunggulan di bidang" tertentu, android sama ios emang dari dulu gapernah dingin.
    yang saya suka dari android itu banyak pilihnnya, sempet punya m4 aqua itu hp kokoh menurut gw sama solid, hardware mantep pokonya. Terus qaktu punya iphone sempet membandingkan ip5s dengan hp saya yg dulu m4 aqua, bodynya gampang baret karna alumunium belakangnya, but kesan elegannya mantep banget, serasa gaul gitu punya ni hp dan juga pengoperasiannya wuss ngebut gaada kata lag atau delay sedikitpun. Jadi yaa saya suka android begitupun iphone, sayangilah hp yg kalian punya saat ini. Jangan suka membanding"kan dan membeberkan kekurangan apalagi melebih lebihkan.

    BalasHapus
  19. Gimana kalau iPod? Please jawabbb, thanks☺

    BalasHapus
  20. klo menurut aku mending pakai saja android trus di oprek jdi mirip iphone .dri pada hp iphone banyak masalah apa lgi harganya mahal"

    BalasHapus
  21. Semua bagus... nggak ada yang jelek, tinggal difungsikan sebagai apa smartphone kita , diatas langit masih ada langit.

    BalasHapus
  22. 14 jt ?
    Tinggal nambahin sedikit, buat umroh.

    BalasHapus
  23. Saya lebih baik beli Samsung saja .. Iphone menurut saya terlalu eksklusif ..

    BalasHapus
  24. Silahkan anda mencoba menggunakan iphone baru anda bisa mengerti..

    BalasHapus
  25. Saya pengguna iphone,,memang iphone speck nya di bawah yg lain terlebih lagi dri segi Ram and kamera...tapi jngan salah resolusi kamera and autu fokus kemera 8 mp mengalahkan hp android yg kamera 13 mega pixel..saya sudah bandingin kamera iphone dgn lenovo,oppo...andromex,hasilnya masih jauh bening kamera iphone,apalagi kalo iphone kameranya 12 pixel ,wah pasti sngt bening....wajar saja iphone mahal krna iphone mengandalkan Kualitas bukan Kuantitas....

    BalasHapus
  26. jadi ada gambaran, makin lama iphone makin meyakinkan setelah banyak melihat view diinternet, biarpun harganya mahal, gk pp lah sambil belajar nabung buat beli iphone wakwakwak

    BalasHapus
  27. menurutku yaa
    aku juga pernah pake z2 menurutku speknya itu udah mendingan untuk masalah game lancar grafik juga bagus kamera juga bagus
    pingin up ke z5 tapi z5 udah gak keluar barunya yaudah akhirnya pindah ke iphone 7, iphone 7 sih bagus ke tangan juga pas kamera jga oke tp sayang speknya rendah ram cman 2gb jadi buat game diatas 1gb kurang memuaskan, akhirnya pindah lagi mau ke sony tp masih gaada yang baru akhirnya nyoba samsung s7 edge harganya emang lebih murah dari iphone 7 tp soal spek kualitas dll tidak di ragukan lagi jauh dari iphone 7
    kalo menurutku sih yaa iphone itu cman menang pamor menang nama doang gengsi sama temen, coba sekarang mayoritas yang pegang iphone pasti cuman anak" muda

    BalasHapus
  28. Beda pasar bos.... Iphone jual kwalitas fitur....
    Android jual kwalitas hardware
    G bakal pernah ketemu klo dibandingkan

    Maksudnya begini iphone jual fitur yg benar2 mumpuni hingga icloud saja susah dijebol, hati2 buat yg suka lupa email atau password
    Fitur iphone wahid tapi spesifikasi hardware rendah

    Sedangkan android jual hardware,
    Hardware2 hp android pasti tinggi2 mau dr cpu camera ram pasti mantap2 untuk ukuran sekelasnya iPhone, tapi ingat bosss android itu system yg sibuk jadi meski ram gede cpu tinggi tetep berasa kurang seresponsif iphone, kenapa iphone responsif karena system nya g sesibuk android.
    Kenapa bisa gitu, jawabanya balik lagi keawal iphone jual fitur android jual hardware.
    Jd klo dibahas g bakal pernah ketemu
    Beda pasar beda prioritas

    BalasHapus
  29. Coba dulu pake iphone baru boleh ngebacot lu pada.������

    BalasHapus
  30. yang bener aja kamera kamera xperia z5 kalah sama iphne.yang jelas dari megapicsel nya aja kalah kamera z5 itu kamera smatphone yang paling baguss

    BalasHapus
  31. Sok tau aja.makanya pake iphone dlu.kamera g tergantung megapixel ny goblok tolol.buktinya contoh hp gw kmeranya 13 mp Hasilnya lebih bagus dri hp yg Kamera depannya 20 mp

    BalasHapus
  32. Saya jg pernah memakai iphone ipad dan memang lebih smoth krn manajemen memori dan sofware yg lebih baik krn ios hanya dibuat utk satu merk, tp yg jelas ios/iphone krn sipatnya tertutup sgt menyulitkan apabila dipakai bekerja yg mengharuskan konektivitas berbeda. Mau colok flasdish hrs yg sesuai dgn ios, mau tranfer data2 ke lain gatget susah, apalagi dikantor kantor2 pemerintah apalagi di daerah ga ada perangkat komputasinya yg menggunakan aple/ios yg bersifat tertutup dan lisensi mahal.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. saya buta spek, hp iphone 14 juta vs hp android 14 juta bagusan mana ?

    BalasHapus
  35. z5 sekarang jadi sampahh ������

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel