Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki IC Emmc Android yang Rusak

Halo sahabat Nona Gadget yang setia menjenguk website ini untuk sekedar mencari informasi atau hanya iseng saja. Kali ini Nona Akan membahas sesuatu yang begitu dicari dan begitu penting saat ini, yakni tentang topik "Bagaimana Cara Memperbaiki IC Emmc Android yang rusak?" dan Nona akan sedikit berbagi pengalaman tentang "Cara memperbaiki IC Emmc dengan harga yang murah".

Ilustrasi : phonearena.com
Sebelum masuk ke bahasan utama, Nona akan sedikit menjelaskan apa itu IC Emmc di HP Android kita. IC Emmc adalah sebuah hardware (perangkat keras) yang terpasang di dalam mesin HP Android kita. Dan didalamnya tersimpan software (perangkat lunak) yang biasa kita sebut dengan sistem, nah sistem inilah yang dapat membuat HP Kamu nyala dan bisa dipakai. Jika sistem yang terdapat di dalamnya rusak / corrupt, maka secara otomatis Gadget yang Kamu gunakan pasti mengalami masalah. Begitu juga jika Emmc nya terjadi kerusakan maka sistem yang terdapat di dalamnya tidak dapat terbaca oleh CPU. Jadi ada 2 kemungkinan terjadinya kerusakan Emmc yakni masalah software ataupun masalah hardware. Bingung? Nona apalagi... Haha

Karena ada 2 kemungkinan kerusakannya, maka solusi cara reparasi / memperbaiki ic emmc Android yang rusak juga ada 2 cara. Berikut akan Nona Jelaskan tentang keduanya selengkap yang Nona bisa, agar pembaca bisa lebih mengerti.


IC Emmc Rusak Karena Kerusakan Software

Penyebab Emmc Rusak Karena Kerusakan Software kebanyakan adalah :
  • Salah Install ROM
  • Gagal Root Android
  • Terdapat Virus / Malware
  • IC Emmc sudah soak
Untuk mengatasi Ic Emmc yang rusak dikarenakan Software, hal yang harus dilakukan adalah :
  1. Flash Ulang HP Kamu - Flash ulang adalah tindakan yang bisa dilakukan oleh pengguna pada umumnya, tidak memerlukan keahlian khusus, namun harus sedikit paham dengan sistem Android dan operasi Komputer / Laptop. Terdapat banyak sekali tutorial cara flash HP Android di Internet, Kamu tinggal browsing aja di Google "Cara Flash HP Oppo R1001" lalu akan banyak website yang menyediakan informasi lengkapnya. Nona tidak akan membahas terlalu detail masalah flash ulang Android karena informasinya sudah banyak sekali tersebar di Internet, dan caranya pun tergolong sangat mudah. Namun jika cara ini masih belum bisa menyembuhkan Gadget kesayangan Kamu, maka Kamu harus melangkah ke cara kedua dibawah ini.
  2. Repair IC EMMC Menggunakan Metode JTAG - Repair EMMC menggunakan metode JTAG tidak bisa dilakukan oleh pengguna biasa, karena memerlukan alat-alat service dan keahlian khusus. Intinya JTAG adalah "unlock bootloader", dimana IC EMMC akan diisi sistem kembali untuk dapat melakukan flash ulang. Metode ini tidak mengganti parts dari HP Kamu, melainkan hanya memperbaiki saja. Untuk melakukannya silahkan datang ke tempat service HP terdekat dan yang terpercaya agar HP Android Kamu bisa hidup dan normal kembali seperti sedia kala.

Ic Emmc Rusak Karena Kerusakan Hardware

Penyebab utama dalam hal ini adalah "Parts sudah memasuki masa tenggang" alias IC Emmc sudah rusak karena termakan usia. 

Untuk mengatasi IC Emmc yang rusak dikarenakan Hardware, satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah :
  1. Mengganti IC Emmc dengan yang Baru - Mengganti Emmc Android yang rusak adalah mustahil bagi para pengguna biasa seperti Nona. Karena membutuhkan keahlian yang luar biasa dan alat-alat yang begitu canggih. Intinya IC Emmc yang lama diganti dengan yang baru oleh teknisi yang handal, dan bimsalabim, HP Android Kamu sudah bisa dipastikan akan hidup kembali. Pastinya Kamu harus pergi menuju tempat Service HP untuk melakukan penggantian IC Emmc HP Android Kamu yang error.

Solusi Terbaik Perbaikan IC Emmc Android Berdasarkan Pengalaman Nona

Nona bercerita panjang lebar diatas adalah berdasarkan pengalaman Nona sendiri. Dan setelah melalui berbagai cara, Nona akhirnya menemukan cara jitu untuk mengatasi masalah ini. Awalnya Nona seperti biasanya langsung pergi ke tempat service, eh ternyata biaya untuk memperbaiki IC Emmc sangatlah fantastis, Mahal Banget! Dengan kondisi dompet yang lagi kurus kayak kena busung lapar, muncullah Ide Brilliant ini. Ternyata biaya service IC Emmc yang begitu mahal masih bisa diminimalisir, dengan cara membeli spareparts IC Emmc sendiri lalu membawanya ke tempat service. Alhasil di tempat service hanya dikenakan biaya yang sangat murah karena mereka hanya membantu memasangnya saja

Tapi jangan salah, tidak semua penjual spareparts itu jualnya harga murah, maka Nona kasi bocoran nih, untuk membeli IC Emmc yang paling murah dan tinggal pakai adalah melalui link berikut ini : https://shopee.co.id/agil33. Disamping pembelian aman karena melalui bukalapak, barang yang dijual juga berkualitas, harga hanya mulai 100rb saja. Karena Nona sudah kroscek dari penjual lainnya di bukalapak maupun di tempat lainnya, penjual tersebut memiliki feedback positif terbanyak. Akhirnya Nona order IC Emmc disana menggunakan Paket YES JNE, sehari nyampe deh. Setelah dipasang di konter terdekat Nona, si tukang service heran, "Beli dimana mbak IC nya? Kok enak ya sudah terisi data?" Nona cuma jawab tersenyum aja. hehehe. Karena kebanyakan kalo beli IC Emmc di tempat lain masih kosongan, dan tempat service HP masih bisa mengenakan biaya yang mahal untuk mengisi data IC tersebut.

Begitulah sedikit informasi tentang Cara Memperbaiki IC Emmc Android yang rusak ala NonaGadget.com, jika Kamu punya pengalaman tentang service IC emmc silahkan di share juga melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Semoga pengalaman Nona ini bisa bermanfaat bagi semua yang sedang bingung untuk solusi IC Emmc Android yang rusak. Terima kasih, Salam Hangat dari Nona Gadget.

UPDATE : Untuk cek harga ic emmc seluruh tipe, langsung masuk ke link ini aja :
http://www.nonagadget.com/2017/05/jual-ic-emmc-lengkap-dan-termurah.html