Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Aplikasi Android Pencatat Keuangan

 4 Aplikasi Android Pencatat Keuangan – Perkembangan teknologi smartphone saat ini, memang menjadikan smartphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, namun sudah beralih fungsi menjadi lebih kompleks lagi. Saat ini, smartphone android anda pun bisa berfungsi sebagai salah satu alat bantu untuk mencatat keuangan anda. Aplikasi ini, berfungsi seperti asisten pribadi yang akan mengatur jadwal, serta kegiatan serta keperluan penggunanya. Menarik sekali untuk dimiliki aplikasi pencatat keuangan di android anda.

4 Aplikasi Android Pencatat Keuangan

Terutama bagi anda yang sering kelupaan dalam hal transaksi, atau yang sering mengeluarkan uang untuk berbagai keperluan, guna lebih rapih lagi dalam hal pencatatannya. Aplikasi ini memiliki beragam fungsi serta keunggulannya. Yang semuanya akan semakin membantu anda, dalam mencatat berbagai keperluan hingga kegiatan anda layaknya asisten pribadi. Berikut adalah beberapa aplikasi android pencatat keuangan yang bisa anda coba unduh.

Aplikasi Android Pencatat Keuangan

1. Mint

Aplikasi yang satu ini, masuk kedalam jajaran aplikasi android yang paling banyak dicari oleh penggunanya. Aplikasi ini, akan membantu anda dalam memudahkan pengelolaan keuangan. Aplikasi ini akan membantu anda dalam pencatatan dan pengelolaan keuangan. Misalnya saja seperti akun bank, tabungan giro, pinjaman kredit, hingga bisa membantu dalam mengatur rekening pension. Aplikasi ini, mampu berjalan secara real time. Sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki rekening, tidak hanya dalam satu bank saja. Aplikasi ini, memiliki keamanan yang super canggih, yang mana akan memberikan peringatan kepada anda, jika anda bertransaksi melampaui anggaran yang anda miliki. Selain itu, anda juga akan dibantu dalam pengelolaan kartu kredit, yang laporannya akan dihadirkan dalam bentuk kredit.

2. Expense Manager

Selanjutnya ada Expense Manager. Aplikasi android yang satu ini, memiliki tampilan yang lebih simple, dengan mode penggunaan yang lebih mudah. Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini antara lain adalah terdapat alarm dengan fungsi memberikan anda peringatan jika anda memiliki tagihan bulanan yang belum dilunasi sesuai dengan jadwal yang anda buat. Sangat berguna agar tagihan yang anda miliki tidak sampai melampaui batas jatuh tempo. Selain itu, aplikasi ini juga mampu menghadirkan estimasi anggaran yang akan mengontrol pengeluaran anda, agar tidak over. Data yang ada pada aplikasi ini juga bisa anda pindahkan ke Excel.

3. Pencatat Keuangan

Selanjutnya ada aplikasi pencatat keuangan. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi buatan developer local, yang memang tak kalah menariknya dari aplikasi keuangan untuk android yang lainnya. Untuk ukuran file nya pun tidak begitu besar, yaitu hanya 1,3 Mb saja. Aplikasi ini bekerja sebagai pembantu dalam pencatatan pengeluaran secara manual. Namun anda akan disuguhi berbagai macam fitur yang sangat berlimpah. Aplikasi ini, akan menampilkan rangkuman pemasukan serta pengeluaran yang anda input, sehingga akan membantu anda sebagai acuan transaksi keuangan anda. Selain itu, aplikasi ini akan secara otomatis memberitahukan kinerja keuangan anda, apakah dalam kondisi yang baik, atau sebaliknya. Aplikasi ini menggunakan bahasa Indonesia, sehingga akan lebih memudahkan bagi anda jika ingin menggunakannya.

4. GnuCash

Selanjutnya ada aplikasi yang tidak kalah menariknya dari ketiga aplikasi keuangan diatas, yaitu GnuCash. Selain ada dalam bentuk androidnya aplikasi keuangan ini jug terdapat pada versi PC nya. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk memantau pengeluaran yang anda lakukan , dimanapun dan kapanpun. Berbagai macam fitur yang ada pada aplikasi ini, antara lain seperti user interface yang mudah, serta terdapat fitur transaksi yang terpisah, yang tidak akan membuat anda bingung. Selain itu, ada juga fitur yang bisa mengkategorikan berbagai macam jenis pendapatan, sehingga nantinya laporan keuangan yang dihadirkan menjadi jauh lebih rapih lagi.

Demikian beberapa aplikasi android pencatat keuangan yang bisa anda coba gunakan sebagai salah satu langkah untuk memudahkan anda dalam mengelola keuangan anda pribadi dimanapun dan kapanpun. Semoga bermanfaat.