Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alodokter Penipu? Ini Jawaban NonaGadget

 Halo para pengunjung NonaGadget.com yang tercinta. Udah lama nih Nona gak posting, tapi liat yang lagi trending sekarang kok berbahaya sekali beritanya seperti berikut : Alodokter Penipu? Penipuan Alodokter? Penipuan Alodokter Asuransi Demam Berdarah? Nah melihat yang seperti ini Nona tergerak untuk memberikan informasi lengkap terkait apakah benar Alodokter adalah aplikasi penipuan seperti yang dikeluhkan para konsumennya.

Apa itu Alodokter ? 

Nona pikir kalian kalo udah masuk sini udah pasti tahu persis ya apa itu alodokter, Alodokter adalah sebuah platform layanan kesehatan modern berbasis aplikasi dan website, kegunaannya untuk memudahkan para pasien yang sedang mengalami gangguan kesehatan untuk berkonsultasi dengan para Ahli, dan tentunya untuk segera mendapatkan solusi cepat. Pastinya in-app purchase ya, layanannya ada yang gratis ada juga yang berbayar. 

penipuan alodokter


Keluhan Konsumen Terkait Indikasi Penipuan

Baru-baru ini banyak sekali konsumen yang memposting keluhan-keluhannya terkait tindakan indikasi penipuan alodokter di media sosial maupun di blog. Hal ini adalah sebuah refleksi dari sebuah sistem yang memiliki sebuah kekurangan. Jika sistem sudah baik, tidak akan ada feedback seperti yang saat ini terjadi. Dan keluhan konsuman sama sekali tidak boleh dianggap sepele, lantaran konsumen / pengguna adalah pihak yang bisa dianggap paling jujur dalam sebuah sistem.

Modus Penipuan Alodokter

Beberapa modus penipuan aplikasi alodokter yang Nona kumpulkan adalah sebagai berikut:

  1. Setelah mendaftar aplikasi Alodokter, konsumen mendapat panggilan telepon dari seseorang yang mengaku dari pihak Alodokter, dan meminta data-data lengkap seperti KTP KK dan Nomor rekening.
  2. Konsumen mendapatkan panggilan telepon dari seseorang yang mengaku dari Aplikasi Alodokter, lalu memberikan informasi bahwa konsumen telah mendapatkan Proteksi Asuransi sebesar 2 Juta Rupiah dan akan dikirim melalui nomor rekening. 
  3. Penelepon menjanjikan dana santunan kepada pengguna melalui telepon, dan meminta data lengkap pengguna.
Menurut pendapat Nona, modus-modus diatas targetnya adalah mendapatkan data lengkap konsumen yang nantinya akan dimanfaatkan oleh mereka, bahkan dijual oleh mereka. Dan tidak menutup kemungkinan juga mereka bisa mendapatkan sejumlah uang dari konsumen jika konsumen tidak teliti.

Apakah Benar Alodokter adalah Aplikasi Penipuan?

Nah ini adalah bagian terpenting dari artikel ini, Nona akan bahas tuntas. Seperti yang kalian ketahui, Alodokter adalah platform besar dengan puluhan juta pengguna di Indonesia. Kegunaannya pun sangat powerful dimana kita bisa konsultasi dengan para Ahli kesehatan kapan dan dimana saja. Platform besar seperti ini sudah pasti melibatkan banyak pihak baik internal maupun eksternal. 

Jika Nona ditanyai, apakah Alodokter adalah aplikasi penipuan, maka Nona akan langsung menjawab "TIDAK !!" Mengapa Begitu? Keterkaitan aplikasi ini dengan banyak pihak, dengan sistem yang sudah dirancang untuk memberikan layanan terbaik bagi para Pengguna. Namun tetap saja akan selalu ada segelintir oknum yang mencoba untuk mengambil keuntungan dibalik itu semua.

Lantas bagaimana bisa hal seperti ini terjadi? Jawabannya adalah Kebocoran Data. Data konsumen yang masuk melalui aplikasi, entah itu secara sengaja atau tidak diberikan kepada pihak lain. Mungkin ada Oknum orang dalam di Alodokter yang bermain, atau mungkin saja database Alodokter telah diretas, tidak perlu basa-basi kita langsung aja toh memang itu adanya. Jangankan data alodokter, data kependudukan kita aja Bocor, padahal yang mengelola Pemerintah Pusat. 

Namun apakah karena kebocoran data ini lantas kita menganggap bahwa Aplikasi Alodokter Penipuan? Sama sekali tidak. Yang perlu kita bahas adalah bagaimana sikap kita jika hal itu terjadi pada kita sendiri, dan bagaimana pihak Developer /  Alodokter segera memperbaiki sistem mereka sehingga tidak terjadi lagi hal membahayakan seperti ini.

Saran Sikap Pengguna Terhadap Aplikasi Alodokter

Saran Nona kepada kalian para pengguna Alodok, Jika kalian memang membutuhkan aplikasi ini maka gunakan saja seperti pada umumnya, namun tetap berhati-hati jika ada oknum yang tiba-tiba menelepon mengaku dari pihak Alodok. Jika memang ada indikasi penipuan minta data KTP KK rekening maka jangan dihiraukan, kalo bisa prank aja mereka sambil direkam lalu masukkan ke youtube biar dapat adsense hahaha. Dan tidak hanya aplikasi alodokter, semua aplikasi di HP kalian bisa saja seperti itu juga, tetaplah berhati-hati.

Saran Kami Terhadap Aplikasi Alodokter

Kami sebagai pengguna sangat berharap aplikasi powerful seperti Alodokter akan secara terus-menerus memperbaiki sistem baik secara digital maupun non-digital. Sehingga Kami bisa dengan aman dan tenang menggunakan Aplikasinya. Semoga dibaca oleh developer / pemilik Alodokter. Terima Kasih.

Sekian informasi terkait penipuan alodokter ini Nona bahas dengan detail sehingga tidak ada lagi kesalahpahaman yang terjadi diantara netizen yang maha benar. Salam NonaGadget