Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Facebook Akan Merombak Fitur “Lost password”, Jadikan Proses Lebih Cepat Dan Mudah

Terkadang dikarenakan fitur auto-login yang ada pada kebanyakan website, password merupakan hal yang secara tidak sengaja terlupakan. Ketika kita berganti perangkat, atau harus memasukkan ulang password kita, tidak jarang orang yang lupa akan password untuk akunnya sendiri. Umumnya di sebagian besar website ada fitur lupa password yang dapat Anda pilih, kemudian website tersebut secara otomatis akan mengirim link untuk melakukan reset password ke dalam email yang digunakan ketika mendaftar akun. Cara tersebut juga berlaku pada fitur lost password milik facebook, namun tidak dalam waktu dekat, karena saat ini raksasa media social ini berencana untuk mengganti fitur lost password  tersebut dengan cara yang lebih mudah dan praktis, tanpa perlu meelakukan reset password. 

Facebook Akan Merombak Fitur “Lost password”, Jadikan Proses Lebih Cepat Dan Mudah

Pada umumnya, banyak celah yang dapat terjadi pada fitur lost password yang ada pada saat ini. Contoh pertama adalah fitur lost password yang mengharuskan Anda untuk memasukkan pertanyaan pilihan serta jawabannya, hal tersebut memiliki celah yaitu orang dapat dengan mudah mengulang ulang pertanyaan tersebut hingga menemukan jawaban yang cocok, atau bahkan lebih parahnya lagi orang yang cukup mahir dapat mengira ngira pertanyaan dan jawaban yang tepat. Kedua, dan yang lebih parah adalah ketika seseorang memiliki akses ke dalam email Anda, entah karena lupa di logout atau bagaimana, orang tersebut dapat dengan mudah melakukan penggantian password dengan melakukan konfirmasi melalui email. Untungnya saat ini google sudah memiliki fitur proteksi yang akan aktif ketika Anda melakukan login dari alamat device yang tidak dikenal. Namun tetap saja celah celah tersebut cukup mengkhawatirkan, tidak terkecuali untuk akun facebook.

Facebook Akan Merombak Fitur “Lost password”, Jadikan Proses Lebih Cepat Dan Mudah

Brad Hill, Staff Keamanan Digital Facebook mengatakan “Kita butuh sesuatu yang lebih baik lagi, cara bagaimana untuk mengembalikan akun dengan menggunakan jasa yang terpercaya baik ketika akun tersebut terasosiasi dengan email ataupun nomor telepon. Dan prosesnya juga harus mudah, cepat, dan tetap menghargai privasi penggunanya.” Maka dari itu facebook tengah melakukan percobaan kerjasama dengan GitHub untuk melakukan uji coba fitur lost password terbaru.

Cara kerjanya cukup sederhana, ketika Anda lupa password pada akun, Anda dapat mengirimkan recovery token yang nanti diotentifikasi ulang melalui facebook. Nantinya token tersebut dapat membantu Anda untuk melakukan restorasi terhadap password dengan cepat dan tepat, tentu saja semua data yang ada telah melalui proses enkripsi yang mendetail sehingga keamanan Anda akan terjamin dengan sepenuhnya. 

Facebook Akan Merombak Fitur “Lost password”, Jadikan Proses Lebih Cepat Dan Mudah

Saat ini facebook sendiri masih dalam tahap uji coba terhadap fitur tersebut. Jika fitur ini nantinya berhasil, maka bukan tidak mungkin bahwa langkah facebook ini merupakan salah satu langkah revolusioner dalam melakukan pengembalian akun.

Sumber gambar:  androidauthority, which.co.uk