Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Twitter Luncurkan Fitur Explore, Gabungkan Moments, Search, Trends, Dan Live Video!

Anda pasti masih ingat bahwa dua tahun yang lalu twitter merilis fitur moments yang memungkinkan setiap penggunananya untuk melihat cerita dari kicauan yang saling berkesinambungan bukan? Saat ini twitter telah melakukan perombakan pada fitur tersebut yaitu menggantinya dengan bagian baru yang diberi label Explore. Label ini merupakan rumah baru bagi pengguna yang ingin mencari tahu apa yang tengah terjadi di twitter karena label ini memuat fitur moments, trends, search, dan featured live video yang tengah berlangsung. 

Twitter Luncurkan Fitur Explore, Gabungkan Moments, Search, Trends, Dan Live Video!

Fitur moments sendiri merupakan salah satu fitur twitter yang dirilis pada tahun 2015 lalu. Pada awalnya fitur moments ini dibuat sebagai langkah twitter dalam mengakomodasi konten ringan namun padat dengan cerita, seperti yang Anda jumpai pada snapchat ataupun fitur stories pada Instagram. Namun sayangnya untuk dapat membuat twitter moments ini pengguna harus mencari secara manual konten yang ingin mereka sertakan,  itu berarti mereka harus mencari sendiri twit yang bersangkutan, atau memasukkan sendiri link yang mereka butuhkan atau bahkan mengambilnya dari akun twitter orang lain secara spesifik. Tentu saja hal tersebut memakan waktu yang cukup banyak sehingga fitur moments ini menjadi fitur yang tidak dapat digunakan secara maksimal oleh kebanyakan orang. 

Dimasukkannya fitur moments ke dalam bagian dari label Explore ini berarti ada beberapa rombakan dari segi desain tampilan halaman depan twitter. Perubahan paling jelas tentu saja terlihat pada bar navigasi yang berada pada bagian bawah layar. Jika sebelumnya bagian tengah dari bar navigasi ini berisi pilihan untuk masuk ke dalam moments maka saat ini bagian tengah tersebut telah berganti dengan notifikasi, dan label Explore di bagian kirinya.

Twitter Luncurkan Fitur Explore, Gabungkan Moments, Search, Trends, Dan Live Video!

Bagian baru tersebut tentu saja membuat twitter lebih baik dalam menyorot moments ataupun live video yang tengah berlangsung karena saat ini header bagian baru itu memiliki lebih banyak ruang untuk menampilkan salah satu dari kedua fitur tersebut. Seperti yang Anda tahu sebelumnya bahwa twitter masih menggandeng periscope dalam proses pembuatan live video. Adanya fitur Explore ini tentu saja mempermudah twitter dalam mempromosikan videonya yang tengah tampil secara langsung seperti video NFL Games, red carpet pre-shows, dan masih banyak lagi video video hasil kerjasama lainnya. Sebelumnya, video tersebut cukup sulit untuk ditemukan, perubahan baru ini tentu saja secara tidak langsung akan meningkatkan jumlah viewer pada live stream tersebut.

Twitter Luncurkan Fitur Explore, Gabungkan Moments, Search, Trends, Dan Live Video!

Secara umum, adanya update ini semakin mempermudah setiap pengguna dalam melihat apa yang tengah menjadi tren  saat ini melalui twitter. Tentu saja dibandingkan dengan moments hal ini memiliki lebih banyak manfaat mengingat saat ini twitter bukan lagi sekedar media social biasa, namun tempat dimana orang mencari apa yang tengah terjadi di dunia. 

Sumber gambar : techcrunch