Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Editor Foto MeituPic Dikabarkan Curi Data Pribadi Penggunanya

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan edit foto yang dapat Anda temukan di app store. Memang setiap aplikasi menawarkan berbagai kelebihan serta kekurangannya masing masing, ada aplikasi yang hanya menawarkan filter yang beragam, ada pula aplikasi yang memfasilitasi proses editing gambar dengan lebih detail. Salah satu aplikasi untuk melakukan edit foto tersebut adalah MeituPic. Jika Anda masih asing dengan nama aplikasi tersebut, maka wajar karena Meitupic merupakan aplikasi yang terkenal di Negara Negara Asia bagian timur. Beberapa cosplayer bahkan mengklaim bahwa mereka menggunakan MeituPic sebagai salah satu aplikasi favorit mereka dalam melakukan edit foto. 

Aplikasi Editor Foto MeituPic Dikabarkan Curi Data Pribadi Penggunanya

MeituPic memang menawarkan fitur yang tidak biasa, jika aplikasi lain hanya menawarkan filter dan beberap tools  sederhana untuk mengedit, maka MeituPic menawarkan fitur yang jauh lebih banyak daripada itu. Ketika Anda menggunakan aplikasi ini untuk mengedit foto, Anda dapat melakukan editing secara detail pada wajah, mulai dari menaikkan alis, meniruskan pipi hingga memperbesar bola mata. Lebih lanjut lagi aplikasi ini juga memiliki beberapa jenis filter untuk membuat hasil gambar mirip seperti apa yang ada di Anime Jepang, sebuah fitur yang sulit Anda temukan pada aplikasi lain.

Dengan fitur fitur kawaii tersebut maka tidak heran bahwa MeituPic merupakan pilihan bagi orang orang yang tinggal di Negara Asia bagian timur. Namun walaupun namanya sangat tenar di salah satu bagian benua tersebut, MeituPic tidak menerima penerimaan yang cukup baik bagi pasar Amerika. Hal tersebut terjadi karena adanya beberapa masalah pada privasi setting yang ditawarkan oleh aplikasi ini.  Tidak aneh memang, karena aplikasi ini meminta permission sebanyak 23 jenis! Sebuah Angka yang cukup fantastis untuk sekedar mengedit foto. 

Aplikasi Editor Foto MeituPic Dikabarkan Curi Data Pribadi Penggunanya

23 Jenis permission yang diminta oleh Meitupic mencakup ID dari perangkat Anda, Wi-FI Network, Location Settings, informasi tentang kartu operator, dan masih banyak lagi. Jumlah permission yang fantastis tersebut tentu saja memicu pertanyaan yang cukup besar, dikemanakankah data data pribadi pengguna tersebut? Beberapa orang curiga bahwa data data pribadi pengguna yang diminta oleh MeituPic akan digunakan untuk hal yang tidak baik oleh pihak ketiga.

Aplikasi Editor Foto MeituPic Dikabarkan Curi Data Pribadi Penggunanya

Tidak tinggal diam, pihak Meitu segera memberi klarifikasi melalui konferensi media bahwa pihaknya sama sekali tidak melakukan hal hal diluar ketentuan melalui aplikasi MeituPic. Semua permission yang diminta oleh aplikasi tersebut semata mata demi menunjang performa aplikasi dan membuat penggunanya menjadi lebih nyaman. Mereka mengklaim bahwa detail informasi seperti operator dan ID perangkat tersebut dibutuhkan untuk melakukan “User data tracking” atau melihat rekam jejak dari penggunanya karena ada beberapa fitur dari app store yang diblok di China, Negara asal Meitu.

Terlepas dari benar atau tidaknya kabar tentang MeituPic mencuri data pribadi penggunanya ini, aplikasi tersebut merupakan salah satu aplikasi terbaik dalam bidang edit foto, khusunya jika Anda ingin membuat hasil foto yang berbau Asia  Timur. 

Sumber gambare: google play, vulcanpost