Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GBoard For Android Akhirnya Resmi Gantikan Google Keyboard!

Hari ini Google telah secara resmi mengumumkan bahwa produk virtual keyboardnya yang bernama Gboard telah dirilis untuk perangkat Android. Dengan dirilisnya aplikasi ini, maka secara langsung google juga telah menarik produk Google Keyboardnya dari App store. Gboard sendiri pada dasarnya telah masuk dalam perangkat berbasis iOS sekitar tujuh bulan lalu, entah mengapa perangkat Android baru mendapatkannya awal minggu ini dan baru secara resmi diumumkan pada hari ini.

GBoard For Android  Akhirnya Resmi Gantikan Google Keyboard!

GBoard memiliki beberapa fitur yang memudahkan Anda dalam melakukan pencarian menggunakan mesin pencari google karena Anda sudah tidak perlu berpindah layar untuk masuk ke dalam browser Anda, namun dari virtual keyboard ini Anda sudah dapat menemukan opsi untuk melakukan pencarian menggunakan mesin pencari google. 

Secara garis besar memang tidak ada banyak yang berbeda antara Google Keyboard dan Gboard, namun fitur yang lebih lengkap dan kemudahan untuk melakukan searching menjadikan Gboard sebagai sebuah improvisasi dalam dunia virtual keyboard. Untuk dapat mengakses fitur search ini maka Anda dapat masuk melalui tombol panah yang berada di sebelah tombol predictive suggestion (bagian atas dari keyboard yang berisi kata kata ketikan yang disediakan oleh keyboard secara otomatis) dan memilih tombol lup. Setelah itu Anda cukup memasukkan kata kunci dan Anda akan dibawa berselancar melalui google search tanpa harus repot repot berpindah ke browser untuk melakukan pencarian.

Dikarenakan versi iOS telah dirilis terlebih dahulu, tentu saja ada beberapa perbedaan antara kedua versi Gboard ini. Versi iOS cenderung lebih simple karena Anda cukup memilih tombol yang berupa symbol google di sebelah kiri dari predictive suggestion dan Anda dapat langsung melakukan pencarian. Hasil pencarian antara iOS dengan Android juga memiliki beberapa perbedaan dalam hal tampilannya, namun tetap pada intinya Gboard adalah sebuah aplikasi berbasis virtual keyboard yang cukup lihai dalam hal melakukan pencarian.

GBoard For Android  Akhirnya Resmi Gantikan Google Keyboard!

Manajer produk dari Gboard, Rena Lee memberi testimoni untuk produk Gboard ini yang kurang lebih seperti berikut:
“Gboard adalahg sebuah aplikasi cerdas, hampir mirip seperti google home. Tidak hanya melakukan pencarian, gboard juga memiliki kemampuan untuk melakukan prediksi kemungkinan pencarian yang kiranya relevan. Seperti contohnya ketika Anda mengirim pesan kepada teman Anda untuk pergi jalan jalan bersama karena cuaca sedang cerah maka google akan melakukan prediksi pencarian dengan kata kunci ‘cuaca’, selanjutnya Anda dapat berbagi kondisi cuaca tersebut dengan teman Anda.”
GBoard For Android  Akhirnya Resmi Gantikan Google Keyboard!

Seperti aplikasi virtual keyboard pada umumnya, kali ini google melakukan sebuah terobosan baru yaitu memasukkanm fitur untuk  mencari atau mengirim emoji yang dapat berupa gambar dengan format biasa ataupun bergerak (.gif). Aplikasi Gboard ini juga tersedia dalam berbagai bahasa yang memungkinkan aplikasi ini untuk menjangkau jutaan orang di seluruh belahan dunia.

Sumber gambar: technobuffalo, venturebeat