Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Diri Anda Merasa Aman Dengan Google Trusted Contact

Baru baru ini google kembali melakukan inovasi dengan membuat aplikasi yang dapat membantu meningkatkan keamanan Anda melalui smartphone, yaitu Trusted Contacts. Sepertinya banyaknya kejahatan serta kecelakaan dan minimnya opsi untuk antisipasi menjadi dasar google dalam menciptakan aplikasi ini. Sekarang coba Anda bayangkan ketika Anda sedang berjalan sendirian di tengah malam, tentu Anda merasa khawatir bukan? Dengan adanya aplikasi ini maka teman Anda dapat menemani perjalanan pulang Anda secara virtual melalui fitur gps. Selanjutnya coba Anda bayangkan teman Anda pergi ke luar kota lalu tiba tiba kehilangan kontak, tentu akan sangat membingungkan bukan? Aplikasi ini kembali dapat membantu Anda dengan menunjukkan lokasi terakhir yang dilalui oleh teman Anda tersebut. 

Buat Diri Anda Merasa Aman Dengan Google Trusted Contact

Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan mendaftarkan teman atau kerabat yang ingin Anda masukkan ke dalam daftar “trusted” di dalam aplikasi Anda. Selanjutnya orang yang telah anda beri kepercayaan tersebut dapat secara virtual mengetahui aktifitas Anda, seperti lokasi terakhir ataupun kapan Last Online Anda.  Aplikasi ini dapat Anda gunakan ketika Anda mulai merasa tidak aman, segera share lokasi dengan teman teman yang telah terpercaya tersebut dan mereka akan langsung mengetahui lokasi Anda saat itu. Mereka akan memiliki opsi untuk melakukan request location yang cukup Ada deny dengan satu tombol jika tidak terjadi apa apa, namun ketika Anda tidak melakukan respon dalam rentang waktu tertentu, maka aplikasi ini akan secara otomatis melakukan share location kepada teman teman Anda agar mereka dapat segera melakukan tindak pertolongan atau antisipasi terhadap hal hal buruk yang mungkin sedang menimpa Anda.

Buat Diri Anda Merasa Aman Dengan Google Trusted Contact

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda bisa memilih fitur apa saja yang akan Anda nyalakan dan matikan, sehingga Anda tidak akan merasa terganggu dengan fitur share location tersebut. Terlebih lagi Anda juga dapat mengatur siapa saja orang yang ingin Anda masukkan ke dalam daftar trusted person yang dapat Anda ubah sewaktu waktu.

Berikut kami beri beberapa instruksi sederhana untuk memulai menggunakan aplikasi keamanan ini:


  • Unduh aplikasi Trusted Contacts melalui Google Play
  • Pasang aplikasi ke dalam perangkat Anda
  • Konfimarsi terlebih dahulu siapa saja daftar trusted contacts Anda
  • Orang yang Anda masukkan ke dalam daftar kontak akan menerima email persetujuan
  • Aplikasi siap digunakan


Buat Diri Anda Merasa Aman Dengan Google Trusted Contact

Aplikasi ini adalah sebuah inovasi terbaru dari Google yang cukup baik untuk meningkatkan keamanan pengguna smartphone di kehidupan sehari harinya. Trusted Contacts ini juga dapat diimplementasikan dalam keluarga; sebagai contoh orang tua dapat memasang aplikasi ini ke dalam smartphone anak mereka, atau bahkan sebaliknya. Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play dan dapat Anda unduh dengan gratis.

Sumber gambar: androidauthority