Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Manga Reader Terbaik untuk Kamu Penyuka Manga

Pengaruh budaya Jepang di Indonesia memang tidak ada habisnya. Meskipun ada banyak budaya lain yang masuk dan silih berganti saling menggantikan, namun budaya Jepang seperti manga dan anime selalu memiliki pecinta tersendiri, termasuk Nona. Nona merupakan salah satu pecinta manga dari negeri Sakura tersebut.

Meskipun saat ini kita dimudahkan dengan adanya aplikasi webtoon, yang tidak hanya menyediakan komik dari luar saja, namun ada banyak komikus kreatif dari tanah air juga. Namun, manga dari Jepang selalu punya tempat tersendiri di hati Nona. Apalagi, saat ini dengan adanya Google Play Store yang ramah di telinga pengguna android. Manga yang sebelumnya hanya bisa kita baca melalui hardcopy, sekarang banyak tersedia melalui aplikasi gratis di Android. 

Nah, dalam kesempatan kali ini, Nona akan membahas beberapa aplikasi manga reader terbaik yang bisa kamu jadikan referensi dalam membaca manga kesukaan kamu, simak ulasannya berikut ini ya:

Bulu Manga 

category

Aplikasi manga reader terbaik yang pertama adalah Bulu Manga. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di GooglePlay Store bagi pengguna android. Dengan konsep online, di dalam aplikasi ini kamu akan mendapatkan pengalaman membaca manga yang seru. Disini, kamu bisa membaca manga sesuai dengan bahasa yang kamu pilih. Bahasa yang kamu pilih disini tidak hanya terlepas dari tampilan antar mukanya saja, melainkan juga berpengaruh pada konten komik. Jika kamu memilih setting “english”, kamu bisa mendapatkan manga yang lebih banyak, yang  lebih dari 1500 buah. Sedangkan untuk mangan berbahasa Indonesia, jumlahnya masih cukup terbatas, yakni hanya 400 manga saja yang bisa kamu baca. Manga yang bisa kamu dapatkan pun menurut Nona cukup lengkap, bahkan komik pada jaman dulu Nona kecil juga bisa kamu temukan disini lo.

muka

Kelebihan lainnya dari aplikasi manga reader terbaik ini adalah size nya yang cukup mini, jadi tidak perlu makan banyak tempat untuk kamu mendownloadnya.

Manga Browser 

browser

Aplikasi manga reader terbaik yang kedua adalah Manga Browser. Dengan tampilan yang cukup lawas, kamu bisa mendapatkan pengalaman membaca manga online yang cukup lengkap. Meski tidak dilengkapi dengan jendela “category”, namun bisa Nona katakana cukup memuaskan. Namun, dilihat dari content nya, kamu bisa mendapatkan banyak manga lawas disini

Manga Reader 

reader 1

Aplikasi manga reader terbaik yang ketiga adalah Manga Reader. Aplikasi  ini merupakan kumpulan banyak manga yang  biasanya Nona buka melalui gadget seperti Laptop dan komputer, yakni kumpulan Mangafox, Mangahere, dan masih banyak lagi. Tampilan dari aplikasi ini pun cenderung memudahkan kamu, hanya dengan slide dengan menggunakan jari-jari, kamu bisa segera masuk ke dalam menu  category. Menu category nya pun bisa dibilang paling lengkap daripada aplikasi manga reader terbaik lainnya, namun tidak dengan kontennya. Masih ada banyak manga baik terbaru maupun lawas yang tidak ditemukan disini. Oya, bagi kamu penyuka manga berwarna, Manga Reader ini cocok untuk kamu pasang di android kamu

reader 2

Namun, bagi kamu yang menyukai tampilan manga yang berwarna, kamu bisa mendapatkannya disini. Untuk ruang penyimpanan yang dibutuhkan pun kamu hanya perlu meluangkan space sebesar 6MB saja.

Manga Indonesia

manga

Aplikasi manga reader terbaik pilihan Nona selanjutnya adalah Manga Indonesia besutan Mangaworld. Aplikasi ini memiliki koleksi yang cukup lengkap sih. Akan tetapi, tampilan yang kurang rapi dan kurang ramah di mata menjadikan Manga Indonesia inu harus Nona urutkan di nomor empat ini. Sehingga, ketika mencoba aplikasi ini, yang Nona rasakan adalah kekurang nyamanan karena segi tampilan yang masih sangat kecil dan cenderung monoton, namun dari segi kelengkapan kontennya, tetap bisa kamu coba ya

Itulah  beberapa aplikasi manga reader terbaik yang bisa kamu pilih. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu ya. Selamat mencoba!