Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Untuk Memastikan Keamanan Data Mobile HP

Tidak bisa dibantah, fakta bahwa smartphone saat ini dengan sistem komunikasi yang tak berbatas tidak hanya memudahkan kita untuk mengakses website online, tapi juga memudahkan para hacker dan oknum tidak bertanggung jawab untuk merusak aktifitas web browsing kita. Cyber crime (kejahatan dunia maya) akhir akhir ini semakin melonjak dengan adanya keluhan keluhan user terkait dengan kasus pencurian data pribadi yang mereka pakai untuk mengakses website tertentu. Tidak perlu khawatir, karena Nona akan membagikan 13 tips mudah yang gampang diikuti agar data kamu tetap aman meski menggunakan smartphone atau gadget.

13 Tricks Ensuring your Mobile Data Security, cara, tips dalam menjaga keamanan hp kamu


Mengamankan data bisnis
Katakanlah kamu sedang melakukan transaksi bisnis dengan orang lain di internet, kamu harus menjalankan aplikasi yang bisa melakukan remote wipe (penghapusan jarak jauh), mengatur data mobile ataupun data enkripsi. Terlebih, kamu juga bisa menginstall software MDM untuk melindungi privasi data kamu.

Dengarkan apa yang kamu ketik
iPhone terbaru saat ini (diatas iPhone 4) memiliki kecenderungan untuk membahayakan akselerometer, yang akan mendeteksi apa yang kamu ketik di smartphone kamu dengan menganalisa getaran keyboard. Dengan begitu, hacker akan dengan mudah mendeteksi password dan email-email penting. Untuk mencegah terjadinya hal ini, akan lebih baik untuk menggunakan pattern lock (kunci pola) untuk membuka emailmu.

Otentikasi ganda
Kamu bisa menjalankan proses otentikasi akun dua langkah saat mengakses data penting di smartphone atau gadget kamu. Sebagai contoh, jika kamu ingin mengakses email dari smartphone, kamu akan menerima kode dan nomer kontak yang terverifikasi. Setelah memasukkan kode unik tersebut, barulah kamu bisa membuka email. SIstem seperti ini sudah banyak digunakan untuk berbagai aplikasi salah satunya adalah LINE, WhatsApp dan Steam.

Enkripsi data
Membagikan data pribadi di jaringan yang tidak terenkripsi seperti Wi-Fi umum atau hotspot akan mudah untuk hacker mencuri data datamu. Hacker bisa mendeteksi informasi berharga menggunakan detil Wi-Fi. Oleh sebab itu, kamu haruslah mengakses website melalui network standar yang aman menggunakan HTTPS://. Dengan cara ini, website yang kamu akses akan mematuhi protokol standar yang dirancang oleh pengaman data PCI dan akses internet kamu akan lebih aman. Akan lebih aman pula jika kamu mengakses website yang memiliki sertifikasi SSL.

Sepertinya masih banyak yang akan Nona bahas tentang keamanan data internet ini, maka dari itu, Nona akan lanjutkan topik ini di artikel selanjutnya. Jangan kemana-mana ya.

Baca juga : Tips dan Cara Memastikan Keamanan Data Mobile HP Kamu (part 2)

img source : howtotech.org