Tips dan Cara Memastikan Keamanan Data Mobile HP Kamu (part 2)

Melanjutkan topik pembicaraan kemarin, Nona sempat membagikan empat tips untuk melindungi data internet kamu. Karena masih banyak yang harus dibahas, maka Nona membaginya menjadi 2 segmen artikel. Kalau begitu, Nona akan lanjutkan ke topik berikutnya. Untuk memastikan keamanan data internet, inilah yang harus kamu lakukan:

Baca juga : Tips dan Cara Untuk Memastikan Keamanan Data Mobile HP

Data encryption, cara mengamankan data pada hp kamu


Buat password yang kuat. 
Kamu harus memiliki password akun yang kuat dan berbeda dari satu akun dan lainnya untuk setiap aplikasi di gadget kamu. Password yang kuat normalnya memiliki lebih dari 6 karakter. 6 karakter ini adalah kombinasi unik dari huruf, angka dan simbol khusus seperti *, $, #, @, dan lain lain. Hacker akan kesulitan membobol password yang memiliki kombinasi seperti diatas. Terlebih, saat kamu melakukan transaksi keuangan online lewat gadget, tentu kamu harus memasukkan password lewat keyboard virtual, maka dari itu, semakin ruwet password yang kamu miliki, semakin memperkecil kemungkinan untuk hacker mengambil data pribadi kamu.

Aktif melakukan backup.
Untuk mengamankan data kamu agar tidak hilang, gunakan fitur backup yang ada di gadget kamu. Kebanyakan gadget sekarang sudah memiliki fitur backup bawaan tersendiri untuk memudahkan pengguna menyimpan datanya. Fitur ini juga bisa digunakan secara offline, jadi kamu akan tetap bisa memantau keadaan datamu saat terjadi website crash.

Pengamanan Antivirus
Kamu harus mengamankan smartphone kamu dari berbagai malware contohnya virus, Trojan, scareware, spyware, dan masih banyak jenis lainnya. Software software liar ini mampu menginfeksi smartphone kamu saat masuk kedalam sistem gadget melalui cookies, email, download, video, foto, bahkan saat kamu mengakses website tertentu. Maka dari itu, pilihlah Antivirus yang paling baik untuk melindungi gadgetmu dari malware. Tidak perlu bingung karena banyak sekali aplikasi antivirus gratis di Store yang bisa kamu install kapan saja.

Loophole email
Untuk menghindari skenario email kamu di hack, kamu harus memanfaatkan fitur opsi recovery dengan membagikan detil akun email kamu ke alamat email lain milikmu. Jadi, kamu harus memiliki dua akun email yang berbeda untuk menyimpan salah satu akun emailmu. Lindungi akun email kamu yang lain menggunakan sistem otentikasi ganda.

Mengamankan FTP
Teknik paling umum yang dilakukan hacker untuk membobol data smartphone kamu adalah dengan menggunakan intersepsi password FTP. Kamu bisa mengamankan password FTP kamu menggunakan Secured File Transfer Protocol (SFTP) yang menggunakan otentikasi user saat melakukan transfer file. Sudah banyak aplikasi yang menggunakan SFTP termasuk cloud technology (penyimpanan cloud).

Hindari menggunakan Wi-Fi di hotspot area
Tempat tempat umum seperti cafe, restoran dan perpustakaan rawan akan koneksi Wi-Fi nya yang tidak aman. Hacker bisa saja membuat koneksi hotspot umum agar kamu mengkoneksi gadget kamu dengan koneksi hotspot hacker tersebut. Saat terpancing, data kamu akan diambil olehnya, jadi berhati-hatilah menggunakan Wi-Fi di area publik.

img source : howtotech.org

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Cara Memastikan Keamanan Data Mobile HP Kamu (part 2)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel