Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Aplikasi Zakat terbaik Untuk Bulan Ramadhan

Tidak terasa bulan ramadhan sudah mau berkahir ya, untuk itu bagi yang beragama muslim tentu harus menunaikan salah satu kewajiban yang dilaksanakan di tiap akhir bulan ramadhan, yaitu zakat. Jika dulu zakat dilaksanakan dengan datang ke masjid-masjid terdekat atau di badan amil zakat yang dekat dengan tempat tinggalmu, kini badan penyalur zakat tersebut bertransformasi mengikuti perkembangan zaman loh.

Karena dulu perkembangan teknologi tidak seberkembang seperti saat ini, cara-cara konvensional masih dilakukan, namun saat ini Karena teknologi menjadi semakin serba canggih, tentu masyarakat harus ikut menyesuaikan diri di dalamnya, salah satunya adalah badan penyalur zakat itu sendiri. Di Indonesia sendiri, badan zakat kini sudah banyak yang memiliki aplikasi yang mana bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengumpulkan zakatnya, yang bahkan tanpa harus datang ke lokasi badan penyalur tersebut. Nah, kerena bertepatan dengan momen akan berakhirnya ramadhan, dalam kesempatan kali ini Nona ingin berbagi informasi mengenai daftar aplikasi zakat terbaik yang bisa kamu jadikan alternative pilihan selama bulan ramadhan ini.
Yuk, simak daftar aplikasi zakat terbaik versi NonaGadget.com berikut ini:

Nurul Hayat

Nurul Hayt

Jika kamu berniat untuk membayar zakat secara online, Nurul Hayat wajib kamu pilih karena memang lembaga ini memiliki transparansi serta akuntabilitas pengelolaan dana-dana yang masuk. Jadi kamu tidak perlu ragu atau was-was jika zakat yang kamu bayarkan di sini tidak jelas disalurkan kemana. Untuk itu, jika kamu memang berkeinginan untuk menggunakan Nurul Hayat sebagai tempat pembayaran zakatmu agar disalurkan ke tangan yang tepat, maka kamu hanya perlu mendownload aplikasi Zakat Kita di playstore secara gratis. Setelah kamu download, seperti biasanya kamu diharuskan untuk registrasi, lalu log in jika akun kamu sudah terdaftar. Nah, selain untuk transfer zakat dan sedekah, aplikasi ini juga merekam history donasi kamu. 

PKPU

PKPU

Daftar aplikasi zakat terbaik rekomendasi dari Nona yang kedua adalah PKPU. PKPU sendiri merupakan salah satu lembaga amil zakat nasional yang telah memiliki ijin legalitas dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Sehingga aktifitas penerimaan dan penyaluran salah satu daftar aplikasi zakat terbaik yang memiliki slogan “Menggugah Nurani Menebar Peduli”, baik itu sedekah, qurban, atau zakat terjamin segala aktifitasnya penyalurannya

Dompet Dhuafa 

Aplikasi zakat terbaik selanjutnya adalah dompet dhuafa. Dompet dhuafa sendiri merupakan lembaga nirlaba yang memiliki misi untuk mensejahterakan kaun dhuafa dengan dana zakat, infaq, sedekah, dan wakaf yang berhasil dihimpunnya. Selain dengan layanan jemput zakatnya, kini Dompet Dhuafa juga dilengkapi dengan fitur donasi online yang bisa kamu lakukan tanpa harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu, kamu bisa melakukannya langsung melalui situs Dompet Dhuafa. Selain itu, disediakan juga bantuan kalkulator zakat bagi kamu yang masih bingung dalam menghitung seberapa besar zakat yang sudah harus kamu keluarkan.

Rumah Zakat

RZ

Rekomendasi Nona selanjutnya adalah Rumah Zakat. Sumah zakat sendiri merupakan lembaga swadaya masyarakat yang memiliki fokus kegiatan berupa pengelolaan zakat, infaq, sedekah, dan zakat, yang penyalurannya diprioritaskan untuk program pendidikan, kesehatan, pembinaan dan pemberdayaan ekonomi komunitas maupun masyarakat. Untuk menyalurkan zakat kamu di Rumah Zakat, kamu perlu download aplikasi Zakat Mobile di smartphone kamu. Di dalam aplikasi ini pun kamu juga bisa memanfaatkan fitur kalkulator zakatnya untuk memastikan beraja jumlah pengeluaran zakat kamu

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

baznas

Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS merupakan urutan kelima daftar aplikasi bayar zakat terbaik rekomendasi dari Nona. BAZNAS sendiri merupakan lembaga milik pemerintah yang berfungsi untuk mengelola zakat secara nasional. Jika kamu tertarik untuk membayarkan zakat kamu, baik itu tahunan atau bulanan, kamu bisa membayarnya dengan download aplikasi Muzaki Corner milik BAZNAS secara gratis. Disitu, kamu bisa juga mencetak bukti pembayaran zakat kamu sebagai arsip pembayaran zakat kamu

Baitul Maal Hidayatullah (BMH)

BMH

Daftar terkahir dari aplikasi zakat terbaik adalah BMH yang merupakan kepanjangan dari Baitul Maal Hidayatullah. Sama perannya seperti lembaga-lembaga diatas, BMH berfungsi untuk menghimpun dana-dana untuk misi kesejahteraan manusia yang didapatkan dari pembayaran zakat, infaq, sedekah, maupun CSR Perusahaan. Kamu juga bisa download aplikasinya di Google Play Store secara gratis untuk melakukan pembayaran zakat secara online.

Nah, itulah daftar aplikasi zakat terbaik yang berhasil Nona rangkum untuk kamu. Kamu boleh memiliki pendapat lain dan menambahkannya untuk memperkaya isi artikel ini dengan cara berkomentar di bawah.

Semoga bermanfaat dan Salam NonaGadget.com !