Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baca Dulu Plus Minus Cloud Storage sebelum Kamu Simpan File Pentingmu

Smartphone masa kini memang dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan yang begitu besar, jauh berbeda dengan tahun-tahun kebelakang yang hanya berkisar megabyte saja. Kapasitas penyimpanan smartphone saat ini sudah jauh lebih mumpuni, bahka masih ditambah pula dengan kapasitas memori eksternal hingga ratusan giga. Sangat hebat bukan? Tapi besarnya kapasitas memori internal maupun eksternal tidak menjamin memori kamu tersebut akan selamanya abadi dalam kapasitas yang sama sedari awal. Faktanya, ada banyak hal yang bisa mempercepat habisnya ruang penyimpanan smartphone kamu tersebut. Diantaranya adalah foto, video, dan hal lainnya yang biasanya kamu simpan di smartphone kamu. Untuk saat ini, smartphone menjadi rumah keempat bagi file-file seperti music, foto, dan video penggunanya setelah komputer/ laptop, hard disk external, dan flashdisk. Apalagi untuk kamu yang malas membackup file di smartphone kamu yang luar biasa banyaknya ke alat penyimpanan lainnya, maka rawan sekali file-file penting kamu tersebut ter reset secara tidak sengaja maupun memori eksternal kamu error dan file penting itu hilang begitu saja. Sedih sekali kan rasanya jika harus mengalami hal tersebut disaat file tersebut amat disayangkan untuk sekedar hilang?

Cloud Storage


Oleh karenanya untuk menjawab kebutuhan pengguna akan ruang penyimpanan file yang tidak terbatas dan aman, saat ini banyak bermuncul aplikasi penyimpanan di internet yang bisa kamu gunakan sebagai alternative penyimpanan file penting kamu atau yang familiar disebut dengan cloud storage. Dan dalam artikel kali ini Nona ingin menyampaikan kepada kamu beberapa plus minus cloud storage tersebut. Jadi, sebelum kamu memutuskan akan menyimpan file mu di cloud storage baca dulu artikel Nona satu ini ya, agar bisa menjadi masukan bagi kamu mana yang terbaik yang ingin kamu pilih, silahkan disimak:

Nilai Plus Menyimpan File di Cloud Storage

Privasi Lebih Terjamin

Seperti halnya kamu memiliki sebuah akun di internet, kerahasiaan akun kamu lebih terjamin disini. Karena memang dalam hal ini dianggap hanya kamu yang tahu mengenai password untuk masuk ke could storage file mu di internet, berbeda halnya jika kamu menyimpan file di smartphone, flashdisk, laptop, maupun hard disk, privasi dari file kamu tersebut tidak terjamin karena ada banyak kemungkinan tempat kamu menyimpan file tersebut jatuh ke tangan yang salah melalui hal-hal yang tidak kamu inginkan. Sehingga dengan terjaminnya keamanan tersebut, privasi kamu terhadap segala file yang kamu simpan di dalam cloud storage lebih terjamin

Kapasitas Besar

Untuk ruang penyimpanan yang cukup besar dan gratis adalah hal yang menarik untuk dipertimbangkan. Kamu bisa mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 15GB untuk fitur gratisnya

Dapat diakses kapanpun dan dimanapun

Karena memang file tersimpan di akun cloud storage kamu, sama hal nya dengan akun email atau media sosial, kamu bisa membukanya kapanpun kamu membutuhkannya. Kamu bisa melakukan pratinjau, bahkan mengelolanya disela-sela waktu kosong kamu dimanapun itu

Banyak pilihan penyedia layanan

Karena aplikasi cloud storage memang memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh media penyimpanan fisik, banyak pihak yang berlomba-lomba mengeluarkan produk cloud storage untuk dapat dinikmati oleh pengguna. Saat ini, cloud storage yang terkenal adalah Dropbox, Google Drives, Box, dan masih banyak lagi yang bisa kamu pilih nantinya

Tahan Lama dan Tidak Corrupt

Umumnya, jika kamu menyimpan file di flashdisk maupun hard disk external terlalu lama kemungkinan bisa menyebabkan file kamu tersebut menjadi corrupt, maka dengan menyimpan file di cloud storage kamu tidak perlu lagi takut mengalami hal tersebut.

Nilai Minus Menyimpan File di Cloud Storage

Rawan Hacker

Meski dilengkapi dengan system keamanan yang canggih, namun cyber crime tetap menjadi ancaman yang berbahaya dalam kehidupan yang serba teknologi seperti saat ini. Berita kebobolannya situs-situs penting perusahaan bahkan negara tertentu oleh hacker bukanlah hal baru yang kita dengar. Sehingga ketika keamanan diunggulkan dalam aplikasi cloud storage ini, lupakah kita mengenai keberadaan hacker yang siap melakukan hal-hal mengejutkan diluar perkiraan kita?

Untuk mengaksesnya butuh Koneksi Internet

Karena memang media penyimpanan tersebut berada di internet, sudah pasti untuk mengaksesnya pun butuh koneksi internet. Namun bagaimana jika hal-hal yang tidak terduga muncul di waktu yang tidak tepat? Misalnya kamu tiba-tiba kehabisan kuota internet ketika dalam kondisi butuh mengakses file di cloud storage kamu, atau barangkali tidak ada jaringan wifi disekitarmu yang bisa membantu kamu mengakses cloud storage kamu. Segala kemungkinan bisa saja terjadi kan?

Mahal

Meskipun cloud storage umumnya menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 15GB, namun jika kamu membutuhkan kapasitas yang lebih besar lagi kamu harus membeli ruang simpan yang harus kamu bayarkan per bulan, dan menurut Nona, nilai pembayaran tersebut terasa sangat mahal untuk mendapatkan fasilitas tersebut.

Nah, itulah daftar plus minus cloud storage yang Nona kumpulkan dari berbagai sumber, yang Nona rangkum untuk kamu. Jika kamu sudah tahu kelebihan dan kekurangannya, apakah kamu masih berminat untuk menyimpan di cloud storage? Dari segi plusnya, cukup menarik bukan? Ya, semoga tulisan Nona kali ini bisa bermanfaat untuk kamu bisa memilih apakah kamu perlu menggunakan cloud storage tersebut atau tidak. Oya, untuk kamu yang memiliki saran mengenai plus minus lainnya, kamu bisa menambahkannya melalui kolom komentar di bawah ya.

Sampai ketemu di artikel selanjutnya dan Salam NonaGadget.com !