Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Platform Belajar Gratis di Indonesia 2016

Di zaman yang serba apa-apa teknologi seperti saat ini, kehadiran smartphone dan berbagai gadget lainnya dalam kehidupan sehari-hari tentu harus ada manfaatnya donk ya. Akan sangat disayangkan jika misalnya smartphone super canggih kamu atau laptop kamu yang bermerk terkenal itu hanya diisi dengan aplikasi edit foto, seabrek aplikasi sosial media yang kamu gunakan hanya untuk ngepoin orang-orang tertentu, maupun game-game dengan kualitas HD yang kamu gunakan hanya untuk bermain-main hingga lupa waktu. Dengan kondisi yang seperti itu, kamu sama halnya dengan menyia-nyiakan fasilitas yang sudah kamu miliki tersebut menjadi barang yang tidak berguna. Ya, meskipun kamu bisa saja sih melakukan pembenaran dengan mengatakan bahwa aneka sosial media maupun game-game yang ada di gadget kamu ada hal positifnya juga ko, semisal untuk jualan online contohnya atau untuk menghibur diri dikala suntuk.

geschool.net memiliki fitur yang lebih lengkap

Oleh karena itu, saat ini untuk mengikuti kemajuan teknologi yang didalamnya sebenarnya juga mengandung nilai negatif, banyak bermunculan platform yang mengusung nilai pendidikan di dalamnya. Tujuan salah satunya adalah sebagai upaya untuk menciptakan tempat yang terfokus pada pengembangan nilai-nilai pendidikan di dalam masyarakat, baik itu guru ataupun bukan, tua muda, dewasa maupun anak-anak. Sehingga dengan diciptakannya platform berbasis pendidikan secara digital ini, dapat dijadikan sebagai media penyampaian bagi siapa saja yang butuh informasi mengenai pendidikan yang tentunya luas sekali bidang kajiannya. 

Di Indonesia sendiri, telah banyak bermunculan platform yang memiliki misi pendidikan tersebut. Hal ini bisa juga dijadikan sebagai ukuran bahwa masyarakat telah memiliki kesadaran untuk menumbuhkan minat belajar dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk memudahkan penyampaiannya kepada lingkungan sekitar. Sehingga kegiatan belajar tidak melulu di sekolah maupun tempat bimbel. Melainkan bisa dimana saja karena dilakukan secara online. Lalu platform edukasi apa saja sih yang ada di Indonesia ini? Nah, melalui artikel ini, Nona hendak membagikan kepada para pembaca semua mengenai daftar platform belajar gratis 2016 yang ada di Indonesia. Yuk disimak daftar platform belajar gratis di Indonesia 2016 tersebut:

mejakita.com

platform belajar gratis yang memiliki visi "membantu pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia" dan misi "menyediakan materi pelajaran gratis yang mudah dipahami untuk siswa siswi Indonesia" ini merupakan platform yang dicetus oleh 10 pelajar SMP yang memiliki keinginan untuk memajukan pendidikan di Indonesia melalui materi pelajaran gratis merupakan. Fitur yang ditawarkan oleh mejakita.com inipun lumayan lengkap, yakni materinya yang kaya dan beragam, adanya fitur diskusi PR, maupun tryout yang bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja yang membutuhkan latihan soal tersebut. 

geschool.net

Platform belajar gratis kedua ini menawarkan fitur yang lebih lengkap, dan sudah ada fitur untuk menghubungkan penggunanya dengan banyak sekolah-sekolah lainnya di seluruh Indonesia, selain itu juga aa fitur Gebook yang bertujuan memberikan manfaat bagi penggunanya untuk mendapatkan materi belajar secara online agar memperdalam pemahaman penggunanya. Selain gebook, ada juga fitur getop, yakni fitur yang menyediakan latihan soal online yang dilengkapi dengan pembahasan yang jelas, rinci, dan tentunya mudah dipahami. Selain itu ada juga fitur getrol, yang menyediakan sarana try out secara online, sehingga pengguna geschool bisa terus menerus berlatih soal-soal yang ada untuk mengasah kemampuan 

ruangguru.com

Platform belajar gratis ketiga ini memiliki banyak sekali kelebihan. Selain menyediakan fasilitas untuk belajar online, platform satu ini juga menyediakan fitur pencarian guru privat sesuai kebutuhan kamu. Jika kamu masuk menu "Belajar Privat" maka akan disajikan kepada kamu daftar nama guru yang bisa kamu pilih, beserta kemampuan mereka, dan juga biaya yang harus kamu bayar ketika memilih guru tersebut. Area guru privat tersebut untuk saat ini hanya tersedia untuk wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, dan Bandung saja. Selain itu, disediakan juga fitur untuk mencari guru privat bahasa maupun matematika, ada juga untuk keterampilan loh, seperti piano, gitar, mengaji, TOEFL, IELTS, dan masih banyak lagi. Bahkan di dalam fitur tes onlinenya, kamu juga bisa mendapatkan grafik mengenai perkembangan belajarmu beserta peringkatmu loh. Menarik bukan? 

bangsacerdas.com

Untuk platform satu ini, menurut Nona lebih dikhususkan untuk pengguna dewasa, meskipun tentu ada remaja maupun anak-anak yang kemungkinan memiliki ketertarikan dengan materi yang diajarkan oleh bansacerdas.com ini. Kategori pembelajarannya pun sudah meliputi tentang "produktifitas kantor", "marketing", "bahasa", "development", dan "IT&Software". Yang bertujuan untuk memberikan pelatihan gratis bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya.

Itulah beberapa daftar platform belajar gratis di Indonesia 2016 yang berhasil Nona buat. Apakah kamu sudah tertarik untuk bergabung dengan salah satunya? Oya, bagi kamu yang ingin memberikan saran daftar platform belajar gratis di Indonesia yang lainnya kamu boleh menambahkannya melalui kolom komentar di bawah ini ya. Sehingga artikel ini jadi lebih kaya informasi dan bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan sarana belajar gratis. 

Semoga Bermanfaat dan Salam NonaGadget.com