Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah smartphone menjadi CCTV

Siapa sih yang tidak tahu apa itu CCTV. CCTV adalah kamera yang bertugas untuk mengawasi dan merekam berbagai macam aktiivtas yang terjadi sebagai pengganti atau pendamping kita atau security. Bahkan saking membantunya CCTV dalam kehidupan sehari-hari, disalah satu stasiun televisi terdapat program acara bernama CCTV, yang fokus acaranya yaitu menampilkan kejadian-kejadian yang berhasil terekam kamera pengawas alias CCTV. 

Umumnya, CCTV merupakan seperangkat kamera yang ukurannya cenderung kecil yang biasanya dipasang di dasbor mobil, sudut jalan, sudut gedung, dan tempat-tempat lainnya untuk tujuan merekam segala aktivitas sejauh jangkauan dari kamera CCTV itu sendiri.

Namun, makin kesini rupanya alat yang bisa digunakan sebagai CCTV pun semakin bergeser. Jika kamera bolpoin merupakan versi sederhananya. Kini smartphone pun mendapatkan giliran untuk bisa menjadi CCTV. Nah, dalam artikel kali ini, Nona ingin membagikan tips mudah mengubah smartphone kamu menjadi sebuah CCTV, keren kan? Melalui tulisan ini, harapan Nona adalah dengan smartphone yang kalian miliki, kalian juga bisa merekam kegiatan sekitar lingkungan kalian, dan siapa tahu suatu saat akan bermanfaat. 

Untuk itu, langsung saja ya Nona mulai tips cara merubah smartphone menjadi CCTVtersebut

Pertama kamu harus download aplikasi CCTVnya, ada banyak sih pilihannya di Google Play Store, namun disini Nona menggunakan aplikasi IP Webcam, nah dari aplikasi ini kalian bisa melihat kegiatan yang terlihat pada layar kamera kamu. Aplikasi ini juga bisa kamu dapatkan secara gratis loh. Selain itu, aplikasi ini juga tidak memakan banyak space penyimpanan kamu dan kalian bisa lihat contoh dari IP Webcam dibawah ini:

cctv 1

Setelah kalian instal dan membuka aplikasi diatas, kalian akan lihat ada banyak pilihan yang tersedia dengan latar layar hitam. Namun jangan bingung, kalian scroll saja hingga paling bawah dan bisa kalian lihat terdapat pilihan “Start Server”, klik pilihan “Start Server” tersebut.
cctv 2

Setelah kalian klik “start Server” maka tampilan layar kalian menjadi seperti dibawah ini. Nah dari sini kalian buka browser, kalian bisa menggunakan Google Chrome, Mozila Firefox, Opera, atau browser lainnya yang sering kalian pakai. Didalam browser kalian ketik alamat URL sesuai dengan yang ada dibawah layar smarthphone kalian, atau di dalam contoh ini adalah http://192.168.1.4:8080. 

Setelah itu otomatis kalian akan langsung masuk kedalam situs IP Webcam, disini kalian harus terkoneksi dengan internet agar antara smartphone dan laptop atau komputer bisa tersambung kameranya. Disini terdapat 2 pilihan di bagian “video render” yang bisa kalian pilih untuk menyambungkan kamera handphone ke laptop atau komputer. Kalian bisa gunakan browser dan java, jika kamu menggunakan java pastikan dahulu jika laptop atau komputer kalian sudah terinstal java jika tidak maka tidak bisa tersambung antara smartphone ke laptop atau komputer kamu, selain itu kamu juga bisa gunakan browser yang lebih simple dan lebih mudah.
cctv 4


Setelah itu kamu bisa tersambung dan juga bisa kamu lihat jika antara smartphone dan laptop kamu terhubung seperti gambar dibawah. 

cctv 5

Selain terhubung pada laptop atau komputer, kamu juga bisa menghubungkannya antar smartphone, caranya sama dengan halnya kamu koneksi pada laptop atau komputer, yaitu dengan membuka URL sesuai dengan alamat yang tertera pada smartphone kamu. 

Itulah tips mudah dari Nona mengenai cara mengubah smartphone kamu menjadi CCTV. Mudah kan? Jika kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini, kamu tidak perlu lagi membeli kamera CCTV loh, semakin canggih saja kan? Semoga artikel Nona bisa bermanfaat untuk kamu ya. Oya, jika kamu memiliki pendapat lain, kamu bisa menambahkannya di kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba dan salam NonaGadget.com