Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Edit Foto Android dan iOS terbaik

Dengan adanya smartphone, banyak dari kebutuhan sehari-hari yang bisa terbantu. Salah satunya adalah aplikasi edit foto. Aplikasi ini banyak diminati oleh kebanyak pengguna smartphone. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa istilah semakin tinggi performa yang dimiliki oleh smartphone, semakin beragam pula fitur yang diharapkan dari aplikasi itu sendiri. 

Pun hasil yang ditawarkan semakin beragam dari hari ke hari. Diantaranya adalah kebutuhan pengguna akan hasil foto yang bisa membuat wajah di hasil foto terlihat semakin jernih, putih, dan cantik. Selain itu, fitur yang bisa membuat hasil jepretan pengguna menjadi layaknya hasil jepretan seorang fotografer pro juga kian digemari saat ini. Sehingga hal ini membuat banyak perusahaan dengan produk keluaran teknologi berlomba-lomba untuk mencipatakan aplikasi edit foto yang mengusung banyak fitur seperti yang diingini oleh pengguna smartphone saat ini.

Pada kesempatan kali ini, Nona ingin membuat daftar aplikasi edit foto terbaik di android maupun iOS, karena Nona tahu betul aplikasi ini banyak digemari oleh berbagai kalangan. Baik itu perempuan, laki-laki, anak-anak, muda, maupun tua. Semua kalangan tersebut hampir mengenal apa yang dinamakan dengan aplikasi edit foto ini, dari yang paling sederhana hingga ke yang paling rumit Nona yakin semua sudah mencobanya. Sehingga pasti diantara para pembaca sekalian bingung menentukan akan menggunakan aplikasi edit foto yang paling baik dan memiliki fitur yang mumpuni untuk menghasilkan foto terbaik sesuai dengan keinginan pembaca sekalian. oleh karena itu, yuk disimak daftar yang Nona buat dibawah ini

PICSART

Pada mulanya, aplikasi ini banyak digunakan pada OS Android, namun kini aplikasi edit foto ini juga bisa digunakan pada iOS. Jika biasanya mengedit foto secara pro, maka kita terhubung pada nama CorelDraw ataupun Adobe Photoshop, saat ini kamu bisa menggunakan PicsArt sebagai media untuk mengedit foto secara pro maupun kamu yang sebenarnya masih pemula.

Contoh hasil editing dengan picsart

Ketika kamu masuk pada aplikasi ini kamu disajikan beberapa pilihan yang sangat lengkap, yakni “CAMERA”, “EDIT”, “EFFECT”, “DRAW”, dan “COLLAGE”. Bahkan untuk versi picsart yang baru, tampilan editornya sudah bisa kamu temui seperti tampilan milik Adobe Photoshop. Keren bukan aplikasi ini?

Jika kamu ingin melihat hasil edit foto populer di seluruh dunia kamu bisa bergeser dari “HOME” ke tab “INTERESTING”. Selain elihat hasil editan yang sudah pengguna lain buat, kamu juga bisa mencari inspirasi editing disini. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini pun makin kaya. Dengan picsart, selain edit foto dan bertemu dengan komunitas global, kamu bisa juga membuat kolase, alat gambar dan lukis dengan layer serta membagikan hasil editing kamu kepada teman-temanmu di media sosial seperti instagram, facebook, maupun twitter. 

Kelebihannya aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang begitu besar di smartphone kamu. namun negatifnya, jika kamu belum terbiasa dengan aplikasi ini kamu akan kesulitan menggunakannya. Tapi jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak tutorial menggunakan aplikasi ini yang bertebaran di internet.

AIR BRUSH

Hasil editing yang lebih natural bisa dihasilkan dengan aplikasi ini

Aplikasi besutan dari Meitu Limited China ini merupakan aplikasi kedua yang menurut Nona mumpuni untuk menghasilkan hasil editing foto yang kreatif tanpa harus menjadi editor foto professional. Untuk hasilnya, aplikasi ini lebih cenderung untuk menghasilkan editing foto yang terlihat lebih natural dengan penggunaan yang mudah bahkan untuk pengguna yang belum terbiasa dengan aplikasi ini sekalipun.

Seperti aplikasi foto pada umumnya, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Remove Blemishes, Love Your Smile, Perfect Complexion, dan masih banyak lagi yang penggunaannya diklaim lebih mudah dengan hasil sama memuaskannya seperti photoshop

VSCO


Logo Aplikasi vsco

Meski saat ini sudah banyak aplikasi yang menawarkan hasil edting sekelas fotografer, namun menurut Nona VSCO tetap patut dipertimbangkan dalam daftar aplikasi edit foto terbaik untuk platform android maupun iOS. Aplikasi rilisan Visual Supply Co. yang sudah lebih dulu ada di OS iOS ini dilengkapi dengan banyak fitur yang membuat hasil foto kamu menjadi lebih berkelas. 

Nilai plusnya, aplikasi ini desain sederhana dengan filter editingnya yang beragam, namun minusnya adalah ada pada operasi system yang kamu gunakan. VSCO akan lebih kaya fitur jika kamu menggunakannya pada iOS, beberapa tool tersedia di iOS, namun terdapat di OS Android, sehingga pengaturan fokus kamera dan pencahayaan menjadi kurang bagi pengguna VSCO di android. Untuk fitur-fiturnya juga relative lebih susah jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, selain itu jika kamu ingin mendapatkannya secara lengkap juga harus melalui in App Purchase, sehingga dalam menggunakan VSCO ini, pengguna tidak benar-benar gratis dalam mendapatkan semua fiturnya

PIXLR

Aplikasi yang bisa digunakan pada platform android sekaligus iOS ini merupakan aplikasi pilihan Nona yang juga menjadi aplikasi editing foto terpopuler saat ini. Di dalam aplikasi ini juga terdapat lebih dari 600 efek, overlay, maupun border yang bisa memberikan penggunanya pengalaman editing yang seru dengan hasil yang tidak mengecewakan. Hal lainnya kamu juga bisa menambahkan fonts yang kaya dalam proses editing, dan dijamin dengan aplikasi ini kamu tetap bisa mendapatkan hasil editing yang memuaskan dan mudah dalam penggunaannya.
Gambar di bawah adalah salah satu contoh hasil editing dengan menggunakan aplikasi ini

Hasil editing blur dengan pixlr


QUICKPIC GALLERY



contoh hasil editing dengan quickpic


Aplikasi keluaran cheetah mobile cloud ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan aplikasi lain yang sejenis. Meski fitur editing yang dibawa tidak memiliki perbedaan dengan kebanyakan fitur bawaan aplikasi lainnya, namun kelebihannya Quickpic Gallery ini telah dilengkapi dengan fitur privasi yang bisa membuat penggunanya menyembunyikan foto maupun video di gallery. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga telah mendukung penyimpanan foto album online seperti picasa, google drive, dropbox, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, bagi kamu jika ingin melakukan proses pengoperasian berkas jangan lupa backup dulu data foto-fotomu untuk menghindari kemungkinan hilangnya data. 

Nah, itulah daftar aplikasi editing foto yang berhasil Nona rangkum, dan hasil diatas tidak sembarang Nona buat loh, karena Nona urutkan berdasarkan hasil ulasan serta beberapa pengalaman pribadi Nona sendiri. Dan Nona juga berharap bagi kamu para pembaca jika memiliki rekomendasi aplikasi edit foto lainnya yang bisa dijadikan alternative pilihan, silahkan komen di kolom di bawah ini ya.