Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Beli Handphone Black Market? Baca Dulu...

Indonesia adalah salah satu negara yang sangat konsumtif. Dan uniknya, orang Indonesia selalu mencari harga termurah dengan kualitas barang terbaik. Repot juga ya kalo cari yang murah tapi bagus hehehe dimana - mana ada harga ada kualitas. Salah satu contoh kalau cari handphone misalnya, pengennya harga miring tapi spesifikasi dan modelnya bagus, mungkin handphone replika atau supercopy bisa jadi alternatif. Tapi ada juga orang yang tidak mau makai handphone replika.

Handphone Black Market

Selain replika, ada gak handphone yang harganya lebih murah dari harga pasaran tapi kualitas tetep oke? Ada, handphone BM atau black market bisa jadi alternatif lain. Sebenarnya sih hp replika bisa dimasukan dalam kategori BM, karena barang ilegal. Namun yang dimaksud disini adalah hp original black market. "HP BM tuh harganya murah, bisa setengah dari harga aslinya." Beneran tuh? Kita kenali dulu yuk apa itu handphone black market.

Pengertian Handphone Black Market

Banyak orang mengartikan handphone black market adalah handphone yang masuk Indonesia tanpa melalui bea cukai atau tidak dikenakan pajak. Secara garis besar memang begitu, namun ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang handphone black market ori. Ada beberapa jenis handphone BM.

  • Handphone BM Original Refurbish atau rekondisi
Sesuai namanya, barang ini adalah HP second dari luar negeri yang mengalami kerusakan kemudian direparasi dan dikemas menjadi baru (direkondisi). Harga HP ini relatif lebih murah, namun memang untuk kualitas memang tidak seperti barang baru yang benar - benar gress. Biasanya seller atau penjual barang ini memberikan garansi personal untuk barangnya selama 1 sampai 4 minggu. Nah, jika kamu memilih untuk membeli HP BM rekondisi kamu bisa memanfaatkan waktu garansi untuk melakukan pengecekan apabila terjadi kerusakan langsung claim garansi.

Mungkin kalian berpikir bahwa barang ini kualitasnya sangat jelek karena "barang rusak yang diperbaiki", tapi sebenarnya kualitas tidak seburuk itu. Kamu cuma perlu teliti, cek dengan benar apakah barang ada kerusakan akibat cacat pabrik sebelum waktu garansi habis. Toh kamu juga mendapatkan harga yang miring.

  • Handphone BM Original Internasional
Barang ini adalah HP original dengan kondisi benar - benar baru. Harganya tentu lebih murah dari pasaran dan sedikit lebih mahal dari HP BM rekondisi karena memang barang baru dengan kualitas yang lebih baik. Kekurangan dari barang ini adalah dari garansinya. Jika kamu membeli barang ini dan kemudian terjadi kerusakan, kamu harus melakukan proses claim garansi ke tempat barang ini berasal. Biasanya barang ini berasal dari Amerika atau Singapura.

Terus gimana dong kalau rusak? Claim garansi memang harus ke luar Indonesia. Tapi jangan khawatir buat kamu yang tidak mau ribet, ada beberapa seller yang bisa membantu untuk proses claim garansi, namun tetap saja kamu harus sabar karena proses claim pastinya memakan waktu yang lama.

Kekurangan dan Kelebihan Handphone Black Market


Kekurangan

  • Tidak ada garansi resmi. Karena barang ilegal, jadi kamu tidak akan mendapatkan garansi dari distributor resmi Indonesia. Akan tetapi kamu tetap akan mendapat garansi entah itu garansi personal dari si penjual atau garansi internasional.
  • Barang susah dicari. Kamu bakal kesulitan mencari HP BM ditoko - toko offline, ya namanya juga barang ilegal. Kamu hanya bisa membelinya di penjual online.
  • Bukan barang baru. Seperti yang disebutkan di atas, untuk HP blackmarket rekondisi adalah barang bekas yang diperbaiki kembali dan dikemas menjadi baru.


Kelebihan

  • Harga Murah. Dibandingkan HP resmi, handphone BM harganya relatif lebih murah.
  • Claim garansi lebih cepat. Proses garansi resmi biasanya lebih lama. Sedikit tambahan untuk handphone BM garansi internasional, biasanya penjual memberikan garansi replace tambahan dari penjual itu sendiri selama beberapa minggu, jadi jika terjadi kerusakan selama garansi lokal kamu bisa mengclaimnya ke penjual bukan ke luar negeri.
  • Banyak tipe handphone yang tidak dirilis di Indonesia. Jadi kamu bisa mendapatkannya jika membeli HP BM