Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amazon Kindle Fire HDX 7 vs Google Nexus 10

Amazon Kindle Fire HDX 7 vs Google Nexus 10 mungkin bisa menjadi pertarungan yang cukup mudah dimenangkan oleh Google Nexus 10. Tetapi benarkah demikian? Sebagai sebuah tablet, Amazon Kindle Fire HDX 7 juga memiliki keunggulan dan spesifikasi yang tidak dapat dianggap remeh. Langsung saja berikut adalah perbandingan dari kedua tablet tersebut, terutama dari spesifikasi masing-masing.

Spesifikasi
Dimulai dari OS yang dipakai oleh kedua perangkat ini, keduanya sama-sama memakai Android. Meskipun Kindle Fire HDX 7 juga dilengkapi dengan Fire OS 3.0 UI sementara Google Nexus 10 unggul karena dapat diupgrade hingga Android 5.1. Perbandingan Amazon Kindle Fire HDX 7 vs Google Nexus 10 selanjutnya adalah dari segi fisik, di mana kindle fire HDX 7 hadir dengan ukuran layar 7 inci dengan berat 311 gram, resolusi 1920 x 1200 pixel, dan kepadatan pixel 323 ppi. 

google nexus 10

Nexus 10 hadir dengan ukuran lebih besar yakni 10,1 inci dengan berat 603 gram, resolusi 2560 x 1600 pixel, namun dengan kepadatan pixel lebih rendah yakni 300 ppi. Kepadatan pixel ini akan berpengaruh kepada ketajaman gambar yang ditampilkan oleh masing-masing perangkat sehingga dari segi kualitas layar Kindle Fire HDX 7 dapat dikatakan lebih unggul.

Selanjutnya dari segi memori, Kindle Fire HDX 7 kembali lebih unggul dengan pilihan memori hingga 64 GB sementara Nexus 10 hanya memiliki memori maksimal 32 GB dengan RAM keduanya 2 GB tanpa slot untuk memori eksternal. Tetapi dari fitur kamera, Kindle Fire HDX 7 harus mengaku kalah dalam persaingan Amazon Kindle Fire HDX 7 vs Google Nexus 10ini karena Kindle Fire HDX 7 hanya dilengkapi dengan kamera utama dengan kualitas 1,3 MP. Sementara itu, Nexus 10 jauh lebih unggul dengan kualitas kamera utama 5 MP yang juga sudah dilengkapi fitur pelengkap seperti GeoTagging dan face detection dan kamera sekunder dengan kualitas 1,9 MP.

amazon kindle fire hdx 7

Koneksi Amazon Kindle Fire HDX 7 vs Google Nexus 10
Salah satu fitur utama dalam sebuah tablet tentu adalah koneksi. Dalam Amazon Kindle Fire HDX 7 vs Google Nexus 10kualitas koneksi keduanya sebenarnya tidak terlalu berbeda satu sama lain. Salah satu perbedaan utama yang ada di antara kedua perangkat ini adalah dari fitur bluetooth di mana Nexus 10 sudah mendukung penggunaan Bluetooth v3.0. Perbedaan lainnya adalah adanya fitur NFC pada Nexus 10 yang tidak ada pada Kindle Fire HDX 7. Hal lain yang mungkin perlu anda pertimbangkan adalah baterai, di mana Kindle Fire HDX 7 dapat bertahan hingga 11 jam untuk pemakaian normal, sedangkan Nexus 10 hanya bertahan 9 jam saja.