Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amankah Menggunakan HP Untuk Modem?

Selamat datang di zona nonagadget.com, tempat informasi seputar dunia gadget. Baru - baru ini Nona sering ngerjain tugas bareng temen, kebetulan Nona masih kuliah. Nah, Nona sering sekali melihat beberapa temen Nona yang menggunakan HP / Smartphone sebagai modem untuk berselancar di Internet melalui laptop dan komputer personal. Disitu Nona mikir apakah aman menggunakan HP untuk modem? Setelah beberapa lama Nona melakukan percobaan, Nona sudah menemukan jawabannya berdasarkan penelitan tadi. :)

Image By : bacatekno.com


Di zaman yang canggih ini, hampir semua aktivitas telah berhasil dibantu oleh teknologi. Salah satu teknologi yang paling dekat dengan kita adalah HP, Gadget, atau Smartphone dan Laptop / Komputer PC. Kebanyakan para muda-mudi sekarang menggunakan Gadgetnya untuk internetan entah itu download lagu, nonton youtube, main game online, cari referensi tugas dan masih banyak lagi aktivitas lainnya yang membutuhkan koneksi internet. Dengan begitu sudah pasti kebutuhan Internet masa kini statusnya adalah "Sangat Penting". Bagaimana jika Komputer atau laptop Kamu gak ada internetnya? Maka bagi yang sudah mengerti fitur smartphone yang salah satunya adalah bisa menjadikan HP untuk modem, mereka akan menggunakan HP untuk modem. Namun apakah ada dampak buruk dengan hal ini?

Jawabannya adalah "IYA". Ada dampak Negatif dari penggunaan HP yang dijadikan Modem jika pemakaiannya berlebihan. Berikut Nona paparkan bahaya menggunakan HP Android untuk modem secara berlebihan :

Dampak Buruk Jika Menggunakan Tethering (Mobile Hotspot)
  • HP Menjadi Panas. Tentu Saja ponsel akan menjadi sangat panas jika pemakaian terlalu lama. Kinerja prosesor mengalami penambahan tugas selain mengirim data ke HP itu sendiri, namun juga mengirimkan data ke melalui wifi menuju laptop.
  • HP Menjadi Lemot. Alasannya sama karena prosesor mengemban banyak tugas, kecuali bila spesifikasi hp kamu menggunakan prosesor minimal Octacore dengan clockspeed yang tinggi dan RAM besar minimal 3GB.
  • Baterai Cepat Habis. Karena transfer data melalui IC wifi berlebihan menyebabkan daya lebih banyak tersedot dari baterai.
  • Boros Kuota. Ada perbedaan signifikan antara penggunaan data di HP dan penggunaan data di Laptop. Laptop menggunakan data lebih banyak karena me-load semua konten jika melakukan aktifitas browsing di internet.
Dampak Buruk Jika Menggunakan Modem via Kabel USB
  • HP Menjadi Panas. Alasannya sama.
  • HP Menjadi Lemot.
  • Boros Kuota.
  • Baterai Gembung. Ini terjadi karena disamping kinerja ponsel berlebihan, HP juga ditancapkan ke USB komputer sehingga secara otomatis mengisi daya. Nah besar daya ini yang akan menjadi masalah karena besar daya dari charger HP berbeda dengan besar daya yang masuk dari komputer. 
Itu hanya dampak buruk di awalnya saja, dibawah ini adalah kerusakan fatal jika terus-menerus menggunakan HP sebagai modem dalam kurun waktu yang lama.

Kerusakan Fatal yang Bisa Terjadi
  1. IC Wifi Rusak - Kamu tidak bisa lagi mengaktifkan wifi karena IC nya telah rusak dikarenakan overheating. 
  2. Dump Processor - Sering terjadi restart pada HP.
  3. EMMC Rusak - HP Akan bootlooping, dikarenakan kerusakan RAM dalam IC EMMC.
  4. Mati Total - Biasanya IC power yang bermasalah gara-gara konsumsi daya dari kabel USB terlalu kecil ataupun terlalu besar.
Jika kerusakan fatal telah terjadi di HP Kamu, maka segeralah menuju Service Center (Kalo masih ada garansinya), kalo udah habis garansinya maka Nona sarankan menuju ke konter service HP terkemuka di Kota Kalian masing-masing. Jika di Kota kalian gak ada yang bisa benerin, cari yang paling profesional di internet, Nona sih biasanya service HP Online di www.hpmalang.com.

Saran Nona
  • Jika ingin menggunakan fitur tersebut, jangan lebih dari 1 jam.
  • Jangan tetheringan sambil di charge.
  • Gunakan fitur ini hanya dalam keadaan kepepet.
  • Belilah Modem (Best & Recommended Solution)
Demikian artikel ini Nona buat berdasarkan pengalaman Nona sendiri. HP Samsung Note 3 Nona sudah ganti EMMC gara-gara percobaan menggunakan tethering dan USB modem secara berlebihan. Perlu diketahui, Nona tidak melarang Kamu menggunakan fitur cerdas ini, tapi Nona cuma memberikan wawasan penting untuk menjaga dan merawat smartphone Kamu. Terima kasih telah menyimak, semoga bermanfaat. Kirim komentar Kamu dibawah ya guys.