Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HP Jadul Lebih Unggul dari Smartphone?

Hai, Ketemu lagi sama Nona Gadget. Kali ini Nona akan berbagi informasi tentang keunggulan handphone jadul dari smartphone. Hp jadul lebih unggul? Memang hp jadul tidak lebih canggih dari smartphone, tapi ada kelebihan hp jadul yang tidak akan kamu temukan di smartphone - smartphone canggih terbaru.

Keunggulan HP jadul dibandingkan smartphone

Hp jadul yang dimaksud adalah handphone yang sempat ramai di tahun 2000an dimana yang menjadi proma dona saat itu adalah produk dari Nokia. Remaja di tahun 2000an belum keren kalo belum punya hp seperti Nokia 7610, 6600, atau merk - merk seperti Motorola, Sony Ericsson dan lainnya. Namun seiring perkembangan zaman, hp - hp itu sudah kalah dengan smartphone canggih terbaru yang sudah memiliki fitur lengkap yang bisa mendukung aktifitas sehari - hari penggunanya. Tapi jangan meremehkan hp - hp jadul dulu, ada beberapa hal yang tidak akan kamu temui di smartphone. Apa saja? Berikut keunggulan hp jadul jika dibandingkan smartphone.

  • Harga Murah

Untuk saat ini harga hp jadul relatif sangat lebih murah dari smartphone - smartphone canggih. Hal ini menjadi suatu kelebihan dari hp jadul dan mungkin kamu bisa menjadikan hp jadul sebagai alternatif handphone pilihan kamu.

  • Baterai awet, bisa tahan hingga seminggu
hp jadul lebih awet baterai


Baterai merupakan salah satu masalah yang dihadapi para pengguna smartphone. Smartphone yang mampu menjalankan aplikasi online setiap saat dan dapat mengakses koneksi internet yang cepat seperti 3G dan 4G tentunya menggunakan daya yang cukup banyak. Tampilan yang HD dan fitur - fitur canggih lainnya juga membuat penggunaan baterai boros. Hal ini membuat baterai smartphone hanya mampu bertahan selama 6 sampai 8 jam, paling lama 1hari. Berbeda dengan baterai hp jadul yang mampu bertahan sampai seminggu meskipun kapasitas baterainya jauh lebih kecil dari kapasitas baterai smartphone. Kenapa begitu? karena memang hp jadul tidak memiliki fitur - fitur lain, hanya bisa digunakan layanan SMS, telephone, bermain game, dan menyetel lagu atau video (untuk hp jadul yang sedikit canggih seperti yang berbasis symbian atau java) jadi penggunaan baterai bisa lebih awet.

  • Benar - benar connecting people (seperti selogan Nokia pada saat itu)
hp jadul tidak menjaukan kita dari orang disekitar


Fungsi telepon adalah untuk berkomunikasi, meskipun smartphone memang dapat menghubungkan kita dengan orang - orang yang jauh dari kita tapi kebanyakan malah menjaukan kita dengan orang - orang disekitar kita. Contohnya, kita sibuk dengan sosmed - sosmed dan bermainkan game saat kita berkumpul bersama teman - teman sehingga kita tidak menghiraukan teman kita. Orang seperti itu biasanya disebut "autis" oleh para remaja masa kini. Hp jadul? Tidak ada fitur seperti itu, adapun game membosankan yang tidak seru seperti game - game yang ada di smartphone sehingga saat kita berkumpul bersama teman kita tidak akan sibuk dengan handphone kita dan dapat bersosialisasi dengan baik.

  • Mengoperasikan hp tanpa melihatnya


Jika kamu remaja tahun 2000an, pasti kamu pernah tau teman atau mungkin kamu sendiri yang bisa mengetik sms tanpa melihat hp. hal ini hanya bisa dilakukan d hp jadul yang tombol - tombolnya lebih simpel dari smartphone yang menggunakan touchscreen.

  • Tidak ada yang namanya lagging atau hang

Pada smartphone sering terjadi lagging atau hang karena banyaknya aplikasi. Di hp jadul jarang sekali terjadi lag atau hang karena memang aplikasi yang bisa terpasang terbatas sehingga tidak memenuhi sistem hp. Hp jadul bisa terjadi lag dan hang, tapi penyebabnya karena memang terjadi kerusakan pada software.

  • Tidak Addictive

Seperti yang dikatakan pada point ketiga, hp jadul tidak akan membuat kamu ketagihan dengan aplikasi dan game seru sehingga waktu kamu tidak akan banyak tersita dan dapat menggunakannya untuk melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat ketimbang memainkan smartphone.

  • Bentuk hp jadul bervariasi
berbagai bentuk unik hp jadul


Smartphone saat ini bentuk dan design nya hampir sama semua, tidak seperti hp jadul yang bentuknya bermacam - macam. Beberapa hp jadul yang bentuknya unik menjadi incaran para kolektor dan harganya relatif mahal untuk ukuran sebuah hp jadul.

  • Tidak perlu banyak accesoris

Banyak accesoris pada smartphone seperti anti gores layar, tempered glass, silicon, soft/hard/flip case dan sebagainya. Jika kamu memakai hp jadul, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli accesoris.

  • Tahan banting
hp jadul tahan banting nokia


HP jadul terkenal dengan ketahanannya, hp nokia seperti 3310 dan merk lainnya bisa tahan dari benturan daripada smartphone - smartphone terbaru yang terkesan lebih rapuh.

  • Tidak perlu update

Aplikasi - aplikasi pada smartphone terus mengalami perkembangan. Saat terjadi update, kamu harus mendownload untuk mendapatkan fitur terbaru dari aplikasi tersebut. Pada hp jadul tidak ada update - update pada aplikasi, sehingga tidak perlu mendownload menghabiskan kuota internet yang memerlukan biaya.

  • Tidak ada virus, malware atau adware

Pada saat kalian browsing dengan menggunakan smartphone kamu, pasti pernah membuka website yang memunculkan banyak iklan yang menjengkelkan. Jika kalian salah klik dan handphone mendownload virus malware yang membuat handphone anda memunculkan iklan - iklan atau mendownload aplikasi tertentu dengan sendirinya. Hal ini tidak terjadi pada hp jadul, karena memang tidak ada fitur seperti itu. Jadi hp jadul aman dari virus, adware atau malware.

Itulah beberapa keunggulan hp jadul yang tidak akan pernah kamu temui di smartphone canggih? masih menilai hp jadul barang yang tidak berguna, mungkin artikel ini bisa merubah pemikiran kamu terhadap handphone jadul. Meskipun tidak secanggih smartphone, tapi hp jadul pernah membantu kita berkomunikasi tanpa harus menjauhkan kita dengan orang - orang disekitar kita.