Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Bot, Program Komputer Seperti Manusia Saat Ini

Di zaman smartphone yang serba canggih seperti sekarang, bot sudah menjadi bahan obrolan, yang mana adanya bot ini seakan menggantikan tugas apps smartphone. Popularitas Bot mulai melejit sejak konferensi developer Facebook bulan April lalu dan sekarang, meski sudah ada sejak era awal internet, Bot mulai menunjukkan ketenarannya akhir-akhir ini.

Jadi, apa itu bot?

Contoh kecil dari bot adalah ketika Nona memesan Taksi tanpa berbicara kepada pelayan manusia atau dengan kata lain, robotlah yang melaksanakan pesanan Nona. Secara spesifik, bot adalah aplikasi yang mengerjakan tugas secara otomatis, seperti mengatur alarm, memberi tahu ramalan cuaca maupun mencari di mesin pencari.

\bot, program, aplikasi, masa kini

Siri milik Apple dan Cortana milik Microsoft adalah contoh bot, sama seperti Microsof Clippy dan SmarterChild pada AOL Instant Messenger. Kebanyakan bot sekarang menggunakan perintah suara untuk menerima perintah, bot jenis ini dinamakan chatbot.

Bot di era tekhnologi seperti sekarang bisa membantu kita untuk memesan makanan, berbelanja online, menyimpan uang, mencari restoran, dan masih banyak fungsi lainnya. Sebagai contoh, Digit, bot yang membantu untuk mengatur keuangan kita dengan menunjukkan saldo bank, tagihan-tagihan mendatang, serta manajemen finansial yang semuanya akan dilaporkan lewat sms. Sedangkan Hi Poncho, chatbot yang tersedia di Facebook Messenger berguna untuk melaporkan keadaan cuaca di area sekitar pengguna bot. Banyak sekali bot yang di program untuk bertingkah seperti manusia saat berbincang dengannya. Perbincangan yang lancar dan minim salah paham serasa seperti berbincang seperti manusia asli.

bot, program, aplikasi, masa kini


Jika ditanya seberapa pintar bot ini, maka jawabannya adalah tidak. Mereka tidak begitu pintar untuk memahami perintah kompleks seperti manusia. Kecerdasan buatan memang berkembang seiring waktu, membuat tekhnologi bot semakin maju pula. Terkadang bot terkenal seperti Siri dan Cortana pun masih belum bisa menangkap maksud dari perintah yang kita berikan.

Seperti kata Nona diatas, bots bisa ditemukan di mana saja termasuk aplikasi berkirim pesan seperti Facebook Messenger, WhatsApp, Kik dan Telegram. Bahkan Slack yang terhitung bot dengan layanan fokus untuk bekerja memiliki bot bawaan yang membantu untuk mengatur pengingat dan membuat catatan. Twitter pun juga mempunyai bot yang akan membantu pengguna untuk membalas pesan secara otomatis, akan tetapi kadang bot milik Twitter tidak memberi pilihan asistensi. 

bot, program, aplikasi, masa kini


Nona akan berikan daftar bot yang tersedia di berbagai sosial media:

Facebook Messenger
CNN - menjabarkan headline top news
1-800-Flowers.com - dapat memesan bunga
HealthTap - Memberikan tips dari dokter 
Shop Spring - Belanja busana dan aksesori

SMS
Digit - Melaporkan keadaan keuangan dan saldo bank untuk menghemat finansial
Magic - Layanan pesan antar (hampir) semua jenis barang ke rumah pengguna
Cloe - Mencari restoran, toko dan layanan publik di sekitar posisi pengguna
Assist - Memesan makanan, membuat teks bisnis, mengirim email, mencari hotel, dsb

Kik
H&M - Memberikan ide busana dan saran toko 
Vine - Layanan pencarian video Vine dengan keyword (lucu, ngakak, dsb)
The Score - Memperlihatkan skor pertandingan olahraga
Sensay - Memberikan tips dan nasihat lewat ahlinya (manusia asli)

Telegram
National Geographic Bot - mengirimkan foto-foto dari fotografer Nat Geo
Amazon Bot - Layanan pencarian produk di Amazon
MyPokerBot - Bermain Texas Holdem Poker lewat chat