Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nintendo Mantap Melebarkan Sayap Ke Dunia Smartphone

Setelah merilis permainan Super Mario Run yang sempat booming secara luar biasa pada perilisan perdananya, sepertinya Nintendo semakin mantap untuk memasuki ranah permainan smartphone. Perusahaan itu sendiri telah bertahun tahun menghindari pasar permainan mobile, namun sepertinya mereka juga tidak menyangka bahwa franchise Mario Bros yang mereka kemas ke dalam sebuah permainan smartphone dan tablet ternyata sukses menarik minat para penggemar games di luar sana. Berdasarkan hasil wawancara terhadap Tatsumi Kimishima, presiden dari perusahaan ini, Nintendo akan menapakkan kakinya ke dalam persaingan dunia smartphone games dan ia juga berkata bahwa setiap tahunnya setidaknya akan ada dua hingga tiga permainan baru.


Super Mario Run sendiri adalah permainan yang telah dirilis secara eksklusif untuk iOS pada tanggal 15 Desember yang lalu,  dan hanya dalam jangka waktu beberapa hari, permainan tersebut telah didownload lebih dari 50 juta kali oleh para penggemarnya di seluruh dunia. Kimishima optimis bahwa dalam waktu dekat permainan tersebut akan mencapai 100 juta download, salah satu bentuk milestone pertama dari Mario Run. Sayangnya pihak Nintendo sendiri belum memberikan konfirmasi kapan versi Android dari permainan ini akan dirilis, melihat antusiasme masyarakat pada perilisan versi iOS nya maka sepertinya versi Android dari permainan ini juga akan membawa kesuksesan yang cukup besar juga, pihak Nintendo hanya memberi informasi bahwa permainan ini akan dirilis pada tahun 2017 untuk Android.

Salah satu alasan Nintendo untuk melebarkan sayapnya ke dunia permainan mobile mungkin karena Mario Run yang berhasil mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari penjualan full unlock dari permainan tersebut yang seharga $9.99, walau memang tidak semua orang ingin mengeluarkan uang untuk membuka seluruh konten dari Super Mario, namun sepertinya masih banyak juga yang memilih untuk membayar demi mendapatkan pengalaman bermain yang lebih lengkap.


Berdasarkan infomasi yang dilansir dari media Jepang Kyoto NP, Kimishima mengungkapkan bahwa dunia permainan mobile mungkin akan menjadi salah satu fokus utama dari Nintendo pada tahun tahun yang akan datang. Dia mengakui bahwa permainan mobile saat ini merupakan hal yang paling banyak diminati dan dalam waktu yang sama juga memiliki potensi yang cukup besar untuk menghasilkan pundi pundi uang. Lebih lanjut lagi dia juga berencana untuk menjadikan permainan mobile tersebut sebagai salah satu media promosi terhadap produk terbaru ciptaan Nintendo yang direncanakan akan rilis pada tahun 2017 mendatang, yaitu Nintendo Switch.


Beberapa judul yang direncanakan akan rilis tahun depan adalah dari franchise Animal Crossing dan Fire Emblem, kedua judul tersebut mungkin memiliki nama baik di kalangan penggemar Nintendo, namun bagi masyarakat luas yang hanya mengenal Mario, kedua nama tersebut terdengar asing. Tantangan Nintendo adalah bagaimana memperkenalkan kedua franchise tersebut sehingga permainan mereka tahun depan akan mengikuti jejak Mario Run yang baru saja mereka rilis.

Sumber gambar: thenerdstash,mirror.co.uk