Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Smartphone

Dengan semakin pentingnya posisi smartphone di dalam kehidupan sehari hari, maka sudah tentu suatu keharusan bagi Anda dan Kita semua untuk selalu menjaga kesehatan smartphone. Mungkin beberapa dari Anda sudah sangat berhati hati dalam menjaga kelangsungan smartphone Anda, namun sayangnya ada beberapa kebiasaan sehari hari yang biasa Anda lakukan dan dapat berakibat buruk bagi kondisi smartphone Anda.

Tentu saja perlu diketahui bahwa beberapa kebiasaan buruk yang ada di dalam atikel ini bukan merupakan penyebab total akan rusaknya sebuah smartphone. Tetap pemegang kunci utama adalah bagaimana Anda sebagai pengguna berusaha memberikan yang terbaik terhadap smartphone Anda. Baik, berikut merupakan beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak smartphone.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Smartphone

Charging Terlalu Lama

Masalah ini merupakan masalah klasik yang telah Ada sebelum nama smartphone menjadi besar seperti saat ini. Mungkin Anda terbiasa untuk mengisi baterai smartphone namum terkadang lupa untuk menjabutnya kembali ketika baterai sudah penuh. Baterai zaman sekarang yang berjenis Li-Ion ataupun Li-Pi tidak memiliki kemampuan seperti baterai NiCO atau NiMH. Jika discharge terlalu lama, maka tidak menutup kemungkinan mengisi baterai smartphone dalam waktu lama dapat mengakibatkan baterai yang kembung.

Berbagi Charger

Hal ini umum dijumpai tidak hanya di smartphone, namun di laptop juga masih banyak kasus berbagi charger terhadap setiap perangkat.. Walau secara sekilas berbagai charger merupakan hal biasa yang tidak merusak. Pada faktanya banyak orang yang saling meminjamkan charger laptop atau smartphone mereka.  Perlu Anda ketahui bahwa setiap pabrikan ponsel telah membuat charger dengan kemampuan daya dan voltase yang di sesuaikan dengan produk smartphone yang bersangkutan. Terlalu banyak menggunakan charger yang memiliki voltase serta daya yang berbeda dapat membawa pengaruh buruk terhadap smartphone Anda. Lebih baik segera dikurangi kegiatan berbagi charger tersebut.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Smartphone

Tidak Pernah Mematikan Ponsel

Sama seperti manusia, smartphone Anda juga memerlukan waktu istirahat. Terkadang beberapa orang lupa untuk mematikan smartphone mereka dalam jangka waktu lama sehingga dapat mengurangi ikinerja smartphone itu sendiri. Selalu biasakan diri Anda untuk melakukan restart berkala agar dapat menjaga peforma smartphone supaya tetap prima.

Membiarkan Aplikasi Menumpuk

Hal ini juga umum terjadi,  terkadanag beberapa orang memiliki hobi untuk memasang berbagai macam aplikasi baru untuk melakukan uji coba terhadap aplikasi tersebut. Sayangnya mereka terkadang lupa untuk melakukan uninstall terhadap aplikasi yang sudah tidak digunakan tersebut, akibatnya aplikasi di dalam smartphone menjadi menumpuk dan dalam waktu yang bersamaan dapat merusak dan mengganggu kinerja smartphone itu.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Smartphone

Beberapa contoh diatas merupakan sebagian kecil dari banyaknya kebiasaan buruk yang dapat merusak smartphone Anda. Perlu diingat bahwa salah satu faktor utama yang dapat menentukan umur smartphone Anda adlah kebiasaan sehari hari. Karena itulah kita harus mulai meningkatkan kesadaran tentang hal hal yang dapat merusak smartphone kesayangankita.

Sumber gambar: blogdetik, tribunnews