Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada, Virus Torjan “Gooligan” Kembali Menyerang Dunia Android!

Jika Anda mengikuti perkembangan keamanan Android beberapa tahun terakhir, tentu Anda masih ingat dengan malware bernama Gooligan yang sempat membuat heboh dunia smartphone pada tahun lalu dengan menginfeksi lebih dari 13,000 perangkat. Saat ini, seperti yang dilansir dalam Check Point Software, virus ini dikabarkan kembali menyerang dunia Android. Seperti kebanyakan malware lainnya, Gooligan menyerang smartphone Anda melalui situs unduh aplikasi yang tidak resmi, atau melaui pihak ketiga selain Google Play. Anda tidak perlu khawatir jika kebanyakan aplikasi di dalam smartphone Anda berasal dari Google Play karena telah teruji keamanannya. 

Berdasarkan dari Check Point, beberapa aplikasi yang cenderung digunakan oleh malware ini sebagai sarana untuk menyebarkan dirinya dan menginfeksi perangkat adalah aplikasi pendukung kinerja smartphone; seperti cleaner, stopwatch, wifi enchancer, dan aplikasi pendukung lain yang dapat Anda temukan dalam situs pengunduhan file data apk diluar Google Play.

Waspada, Virus Torjan “Gooligan” Kembali Menyerang Dunia Android!

Gooligan sendiri adalah salah satu jenis malware yang merupakan varian dari virus  dengan codename Ghost Push yang telah menginfeksi perangkat Android sejak tahun 2014 silam. Cara kerja Gooligan adalah dengan memaksa munculnya pop up yang tidak diinginkan, bahkan hingga menginstall aplikasi lain seperti bloatware, bahkan aplikasi dari situs resmi seperti Google Play. 

Waspada, Virus Torjan “Gooligan” Kembali Menyerang Dunia Android!

Gooligan juga memiliki kemampuan untuk menyamar sebagai user utama dalam smartphone Anda. Hal ini dilakukan dengan cara membaca akun Google yang terpasang dalam smartphone Anda, lalu melakukan berbagai macam hal seperti memberi rating 5 pada aplikasi yang tidak jelas asal usulnya, ataupun menunduh aplikasi aplikasi tidak jelas tersebut. Pada dasarnya Gooligan bukan merupakan malware berbahaya yang mampu mengekspos data pribadi penggunanya untuk kemudian disalahgunakan oleh orang orang yang berada di balik layar, melainkan untuk menjalankan sebuah skema click fraud agar orang yang berada di balik layar tersebut mendapatkan keuntungan. Namun tetap saja, seperti esensi sebuah malware keberadaan Gooligan ini sangat mengganggu dan harus segera Anda basmi. 

Waspada, Virus Torjan “Gooligan” Kembali Menyerang Dunia Android!

Google sendiri sudah bekerja dengan sangat keras selama beberapa tahun ini untuk membasmi secara total dan melakukan proteksi terhadap malware ini, berdasarkan informasi dari personal blog kepala keamanan Android dalam CheckPoint, Adrian Ludwig mengatakan bahwa Google sendiri telah melakukan tindak lanjut terhadap malware ini dengan melakukan tracking serta penghapusan kepada lebih dari 40,000 aplikasi yang mengangund segala jenis varian virus Ghost Push. 

Bagi Anda yang memiliki Android versi 6.0 keatas, Anda tidak perlu merasa khawatir karena malware ini hanya menyerang Android dengan versi dibawah 6.0. Jika Anda termasuk di dalamnya, maka sebaiknya Anda lebih waspada terhadap aplikasi yang Anda unduh, terutama yang berasal dari penyedia apk diluar Google Play.

Sumber gambar: bestofmicro, gadgetsnow