Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mark Zuckerberg Ungkap Rahasia Facebook

Seperti yang kita ketahui, media sosial telah berubah fungsi dari sekedar sarana untuk terhubung antara satu dengan lainnya menjadi sebuah bagian kehidupan yang tidak dapat dipisahkan.  Mulai dari sekedar interaksi antar pengguna, bisnis, hingga penyebaran berita saat ini juga telah melalui media sosial, singkatnya seolah olah eksistensi media sosial telah naik tingkat. Facebook sebagai salah satu media sosial terbesar saat ini tentu memegang peran penting dalam perkembangan dunia pertemanan secara online ini. Anda juga tentu setuju bahwa melalui facebook, berbagai hal dapat kita ketahui hanya dengan membuka facebook dan membacanya. Harus diakui bahwa facebook juga menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam perkembangan kehidupan sosial manusia saat ini. Beberapa waktu yang lalu, Mark Zuckerberg selaku CEO dari facebook mengungkap beberapa hal tentang facebook, termasuk peran facebook di mata masyarakat saat ini.

Mark Zuckerberg Ungkap Rahasia Facebook

Hal tersebut terjadi dalam live video antara Mark dengan COO Facebook Sheryl Sandberg,  Dalam kesempatan tersebut Mark kembali mengungkapkan bahwa dirinya ingin menciptakan suatu media sosial yang sehat dan tidak menggiring opini masyarakat,, karena itulah salah satu upaya yang telah dia lakukan yaitu merilis fitur untuk melaporkan konten yang bersifat HOAX yang dirilis beberapa minggu yang lalu. Seperti juga yang biasa dia tekankan bahwa “facebook adalah sebuah platform baru, dan bukan lagi sekedar perusahaan yang bergerak  di bidang teknologi saja. Ini bukan masalah teknologi, ini masalah tanggung jawab terhadap produk teknologi yang kami ciptakan” Ujarnya.

Ungkapan dari Mark itu tentu saja mengimplikasikan bahwa Mark sudah tidak lagi menganggap facebook sebagai sekedar perusahaan yang bergerak di bidang media sosial, namun facebook lebih dari pada itu, facebook memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan masyarakat dan hal itulah yang menjadi fokusnya saat ini.

Mark Zuckerberg Ungkap Rahasia Facebook

Apa yang dikatakan Mark tentang posisi facebok saat ini berbeda dengan apa yang diungkapkannya dulu ketika ditanya posisi facebook sebagai sebuah perusahaan. “Bukan, kami bukan perusahaan media, kami adalah perusahaan teknologi” tandasnya saat itu. Hal tersebut membuktikan bahwa Mark menyadari bahwa facebook bukan sekedar teknologi lagi, namun sudah berkembang menjadi suatu perusahaan media, walau hampir 90% konten yang ada di dalam facebook adalah konten yang diciptakan oleh pengguna itu sendiri, bukan murni dari facebook.

Mark Zuckerberg Ungkap Rahasia Facebook

Menurut undang undang, perusahaan yang bergerak murni di bidang teknologi tidak bertanggung jawab secara penuh terhadap konten yang tersebar dalam produk perusahaan tersebut, beda halnya dengan perusahaan berbasis media dimana mereka ikut andil dalam konten yang tersebar, walau mereka tidak ikut membuatnya. Keputusan Mark untuk mengubah facebook menjadi perusahaan berbasis media tentu merupakan sebuah langkah besar mengingat banyak hal yang harus ia lakukan ke depannya. Namun dia mengungkapkan bahwa saat ini focus facebook adalah menghilangkan disinformasi dan dia cukup senang karena timnya bekerja dengan sangat keras untuk membasmi hal tersebut.

Sumber gambar: techcrunch