Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Facebook Live 360 Akan Tersedia Tahun Depan!

Anda tentu saja masih ingat fitur live video streaming yang dirilis oleh facebook pada awal 2016 kemarin bukan? Fitur streaming video secara langsung dan real time melalui facebook tersebut langsung menjadi popular di kalangan para pengguna facebook dalam waktu singkat. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar karena facebook seakan akan menjawab kebutuhan para penggunanya yang ingin berbagi momen tertentu bersama orang yang ada di dalam daftar teman secara langsung.

Facebook Live 360 Akan Tersedia Tahun Depan!

Beberapa saat setelah fitur live streaming tersebut muncul di facebook, lagi lagi perusahaan milik Mark Zuckenberg ini kembali membuat gebrakan baru dengan merilis fitur video 360 derajat yang tentu saja kembali menjadi suatu hal yang booming karena setiap pengguna dapat merasakan pengalaman baru dalam menonton video. Kali ini, facebook telah siap dengan inovasi terbarunya yaitu gabungan antara live streaming dengan 360  degree video, yaitu Live 360 video.

Seperti namanya, facebook live 360 video ini akan menggabungkan fitur yang telah dimiliki oleh live video streaming, yaitu kemampuan untuk melakukan penayangan video secara langsung dengan fitur 360 degree video, yaitu video dimana Anda dapat melihat sekeliling, jadi tidak hanya apa yang terlihat di depan namun Anda juga dapat melihat apa yang tengah terjadi di samping atau belakang frame video tersebut.

Facebook Live 360 Akan Tersedia Tahun Depan!

Senin kemarin, pihak facebook juga telah memperkenalkan live 360 degree video ini. Rencananya video ini akan tersedia dalam halaman halaman tertentu melalui Live API. Lebih lanjut lagi mereka juga mengatakan bahwa fitur ini akan tersedia untuk halaman profil pada tahun 2017 nanti.

Sebagai debutnya, facebook akan menggaet pihak National Geographic untuk melakukan live streaming video 360 derajat ini.  Video pertama akan mempertontonkan tujuh peneliti luar angkasa yang akan melakukan simulasi kehidupan di mars, tentu saja dalam tempat terpencil yang jauh dari kehidupan.  Tayangan perdana ini kabarnya juga akan memiliki sesi Tanya jawab dimana para peneliti luar angkasa tersebut akan menjawab pertanyaan yang datang dari audiens facebook.

Facebook Live 360 Akan Tersedia Tahun Depan!

Supratik Lahari, Manager produk dari facebook sendiri mengemukakan bahwa “Fitur Live video di dalam facebook mampu memberi  orang orang pandangan langsung tentang apa yang tengah terjadi di belahan dunia lain melalui facebook, sementara 360 degree video mampu memberikan pengalaman tersendiri kepada penontonnya, dimana mereka seakan akan merasakan secara langsung berada di tempat yang tergambar di dalam video. Tentu saja gabungan dari kedua hal ini adalah inovasi yang luar biasa dan kami tidak sabar menanti respon para pengguna facebook” tungkasnya.

Fitur Facebook Live 360 degree video ini dipastikan akan dapat Anda gunakan pada awal atau pertengahan 2017 mendatang. Menurut Anda, apakah fitur ini akan kembali menjadi hot topic di kalangan pengguna facebook? Kita lihat saja nanti.

Sumber gambar: indiatvnews,mashable