Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menangani Kerusakan pada MicroSD

Setelah artikel sebelumnya Nona membahas tentang masalah PC yang lemot, kali ini Nona akan kembali membahas masalah yang kerap kali timbul dari smartphone yang kita gunakan, yakni seringnya kondisi MicroSD yang tiba-tiba rusak dan tidak dapat digunakan begitu saja.

microSD rusak

MicroSD sendiri merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki setiap smartphone saat ini. Daya tampungnya sendiri ada bermacam-macam mulai dari 2GB hingga 128GB dan bahkan lebih. Meskipun smartphone saat ini telah dibekali dengan memory yang cukup besar, namun rasanya selalu kurang dan MicroSD menjadi penolong dan benda tambahan yang wajib.

Akan tetapi bagaimana jadinya jika MicroSD yang mulanya baik-baik saja, tiba-tiba tidak bisa terbaca pada smartphone? Menjengkelkan bukan? Apalagi jika di dalamnya terdapat banyak file penting seperti gambar, video, lagu, dan bahkan file PDF untuk kepentingan belajar kamu.

Namun, untuk menghindari bisa kok, pasti ada caranya. Nah, yang palin penting, kamu harus kenali dulu, beberapa penyebab rusaknya microSD, agar nantinya kamu bisa lebih mawas sekaligus cara mengatasi kartu MicroSD yang mengalami kerusakan tersebut:

Sering di pindah-pindah ke lain gadget

Jika kamu suka memindahkan satu kartu memory dari hp satu ke hp yang lain yang hanya sekedar untuk menggandakan file, Nona perlu meyakinkan kamu untuk segera menghentikan kebiasaan itu. Kartu memory yang sering di pindah-pindah akan lebih rentan terhadap virus, karena harus sering menyesuaikan diri dengan tempat dan sistem operasi baru.

Namun, sah-sah saja kok memindahkan satu MicroSD ke tempat lainnya, asal, cara memindahkannya adalah menonaktifkan gadget kamu terlebih dahulu, setelah mati, jangan terburu-buru untuk langsung mencabutnya, tunggulah  sekitar 30 detik untuk memastikan data yang ada di gadget kamu telah masuk semua ke memori, lalu barulah cabut dan memindahkan ke perangkat lainnya.

Terkena Cairan atau kotoran

Jika kamu ingin memindahkan atau menyimpan kartu memori pastikanlah tangan dan tempat menaruh memori bersih dari debu atau kotoran dan minyak, serta jenis cairan lainnya. Penyimpanan yang teledor sehingga menyebabkan MicroSD terkena cairan dan kotoran lainnya dapat menyebabkan menjadi mudah rusak

Terkena Virus

Menghubungkan kartu memori gadget ke komputer bisa jadi penyebab utama kartu MicroSD tersebut terinfeksi virus. Maka sebaiknya terlebih dahulu periksa apakah  kondisi komputer yang akan di gunakan  untuk mentransfer data ke kartu memori kamu dalam kondisi fit (dalam arti tidak terinfeksi virus). Selain itu, tidak sembarang menginstall dan mengunduh apapun dari internet juga lebih memperkecil kemungkinan MicroSD dan piranti gadget kamu terlindungi dari virus

Magnet

Salah satu penyebab rusak atau hilangnya data di MicroSD adalah magnet. Hindarilah menaruh gadget kamu dan kartu memori di dekat magnet atau benda-benda yang memiliki daya magnet. Karena magnet dapat menyedot data di memori hp dan merusak struktur partikel-partikel di dalamnya.

Bekerja extra

Seperti manusia, kartu memori juga butuh istirahat untuk merilekskan diri. Jika kamu sering memutar lagu, game atau bahkan video yang tersimpan di kartu memori sampai ber jam-jam Nona yakin, usia kartu memory kamu tidak akan terlalu panjang, walaupun dengan kualitas dan merek terbaik.

Nah, agar MicroSD yang rusak bisa digunakan seperti sedia kala, cara memperbaiki Kartu Memori MicroSD bisa menggunakan Card Reader ke PC Komputer yang  bisa kamu lakukan sebagai berikut:

Format lewat menu Windows Explorer.
  • Cabut kartu memori dari ponsel, masukkan ke memori card reader. Namun, terlebih dahulu non aktifkan ponsel atau "remove memory" jika ponselmu dibekali fitur tersebut
  • Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Eksploler), misalnya pada drive (D,E,F,G,H atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, dan pilih menu "Format".
  • Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), pastikan Anda memilih sistim format file FAT
  • Klik tombol "Format Now" dan tunggu hingga selesai.

Jika muncul pesan ‘error’ kemudian PC tidak bisa memformat lagi, gunakan cara lain yakni format lewat menu Command Line.

Format lewat Command Line
  • Di PC, klik Start >> Run, dan ketik CMD.

Jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.
  • Selanjutnya ketik "FORMAT h: / FS:FAT"

(h=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive g, maka tulis g)
  • Tunggu hingga selesai.

Jika masih muncul masalah pada kartu memori, silahkan gunakan memory card reader lain. Tetapi jika memang sudah tidak bisa dipulihkan kembali, terpaksa kartu memori tersebut harus ditukar dengan penjualnya, jika masih bergaransi.

Cara memperbaiki micro sd yang tidak terdeteksi
  • Cabut atau keluarkan MicroSD card dari handphone atau smartphone, lalu hubungkan ke komputer dengan cara memasukkannya ke card reader atau memasukkannya ke modem.

  • Setelah itu masuk ke windows explorer kemudian klik kanan pada drive memory card

  • Pada menu tabulasi atau tab pilih "tools" lalu pilih "check now" ya

  • Lalu centang pada pilihan "automatically check system" dan "scan for and attempt recovery of bad sector"

  • Tunggu beberapa saat untuk mengecek MicroSD card

  • Lalu pasangkan kembali MicroSD card ke handphone atau smartphone dan memori eksternal atau MicroSD card akan terdeteksi atau terbaca dengan baik.

Cukup mudah bukan menyelesaikan masalah MicroSD yang tidak terbaca pada smartphone atau gadget kamu yang lainnya. Nah, agar amannya jangan lupa untuk selalu melakukan backup data yang kamu miliki ya.