Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menyiasati Download Error pada IDM

Meski saat ini telah ada banyak aplikasi download manager yang bisa kamu pilih dengan iming-iming download super cepat tanpa lemot dan lag, namun faktanya, ketika kamu melakukan download, apalagi file dengan kapasitas besar, lemot dan lag tetap menghantui. Apalagi jika kamu download file dengan ukuran besar, lalu ditengah jalan mengalami eror. Rasanya, waktu dan kuota yang kamu pakai untuk download jadi sia-siakan?

error

Nah, hal ini bisa kamu ambil pelajarannya, bahwa untuk download, entah itu file ukuran kecil, sedang, atau besar. Kamu harus mendownloadnya secara bergantian, agar tidak menimbulkan error pada download manager kamu, sayang sekali kan jika kamu sudah sampai di tengah jalan tiba-tiba downloadan kamu tersebut error dan tidak bisa di resume?

Lalu, apakah ada cara untuk menyiasatinya? Pasti ada! Selain bijak memberlakukan giliran download, kali ini Nona akan membagikan tips mudah mengatasi download error IDM. 
Berikut ini adalah tips mudah mengatasi download error IDM:

Buka IDM kamu dan klik "Downloads>Options". Di dalamnya klik tab "Save to".

step 1

step 2


Silahkan kamu buka aplikasi download manager IDM kamu, lalu klik “Download” di menu bar bagian atas, lalu klik “Options” dan Klik menu “Save to

step 3

step 4

Nah, setelah kamu masuk pada menu “save to”, dibagian paling bawah akan ada kotak tempat alamat temporary directory, klik di dalamnya, lalu melalui browse, maka kamu bisa membuka folder file download kamu yang bermasalah

step 5

Nah, setelah kamu temukan foldernya, maka untuk ukuran file download yang besar akan terdapat dua hingga lima belas part file download kamu. Biasanya error yang terjadi dikarenakan file yang kamu download terlalu besar dan terlalu banyak pecahan partnya yang menyebabkan IDM menjadi lag. 

step 6

Nah, di dalam pecahan tersebut, biasanya terdapat file yang ter log dan yang tidak, nah kamu bisa menghapus file yang ter log, lalu setelahnya kamu klik "split" untuk file pecahan yang tidak ikut kamu hapus

step 7

Ketika file tersebut kamu split, jangan lupa untuk mengisikan jumlah pecahan yang kamu inginkan, hal ini tergantung dengan besar file downloadan kamu, juga jangan lupa untuk klik centang "delete source file after splitting"

step 8

Setelah proses selesai, lalu akan muncul kotak dialog dan klik "OK"

step 9

Kamu bisa langsung masuk ke folder tempat file yang kamu split tersebut, perlu kamu ketahui bahwa 2-3 file terakhir dari pecahan tersebut harus kamu hapus

step 10

Setelah terhapus, arahkan kursor pada file original, lalu klik "join"

step 11


step 12

Lalu akan muncul kotak dialog lagi, sekarang kamu perlu untuk klik "delete split parts after joining", lalu setelah proses selesai, kamu klik "OK"

step 13

step 14


File pecahan kedua sudah berhasil kamu gabungkan pecahannya, kini waktunya kamu untuk memecah file utama downloadan kamu, caranya hampir sama

step 15

Setelah kamu klik "split", kamu perlu klik jumlah pecahan yang akan kamu terapkan pada file tersebut, lalu klik juga "delete source file after splitting"

step 16


Lalu klik "OK"

step 17

Setelahnya, kamu bisa masuk ke folder tempat file tersebut, nah di bagian bawah nomor dua, itu adalah file yang harus kamu hapus, namun jangan salah untuk menghapus file aslinya ya

step 18


step 19

Arahkan kursor kembali ke atas, lalu klik "join" dan jangan lupa lagi untuk klik "delete split parts after joining"

Setelah berhasil, kamu bisa masuk kembali ke IDM, lalu klik pada file kamu yang error ketika di download, ulangi lagi dengan klik "resume"

File download kamu sekarang sudah tidak error lagi!!!

Nah itulah tips mengatasi download error IDM yang Nona buat untuk kamu. Selamat mencoba dan semoga lancar dengan proses download kamu, Salam NonaGadget.com!