Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Aplikasi Individual Spin-Off Dari Youtube

Dengan diluncurkannya Youtube Music, pengguna YouTube sekarang memiliki empat jenis kategori aplikasi YouTube. YouTube selama ini perlahan semakin besar, penuh dengan video-video menarik yang Nona suka seperti video kucing lucu, music video, let’s play, vlog, komedi dan masih banyak lagi. Dengan jumlah video yang mencapai jutaan, akan sulit bagi Nona untuk memilah dan memilih video spesifik yang Nona inginkan.

Akhirnya, YouTube memutuskan untuk membuat aplikasi individual spin-off nya sendiri untuk mengelompokkan video-video dengan genre populer yang ada di YouTube. Genre-genre tersebut adalah: video, music, gaming dan kids (anak-anak). Meski dengan adanya tiga aplikasi baru ini, YouTube masih mengelola aplikasi originalnya. Semua aplikasi YouTube tadi tidak dipungut biaya, akan tetapi ada pilihan untuk berlangganan YouTube Red, yang mana membuat video tontonan Nona akan bebas dari ads dan membuka fitur ekstra spesial yang akan Nona jelaskan lebih lanjut. Perlu diingat, membayar langganan YouTube Red sama dengan membayar Google Play Music, jadi jika Nona berlangganan YouTube Red, secara otomatis akan mendapatkan layanan Google Play Music juga.

Kembali ke empat kategori tadi, apa saja sih empat kategori YouTube diatas dan apa saja perbedaannya?

YouTube

Youtube, apps, android, ios, aplikasi, gaming, music, kids, video player, new, terbaru
www.cnet.com

Untuk penggemar video-video online, tidak mungkin jika tidak mengenal YouTube. YouTube sendiri sudah seperti Google-nya video online. Aplikasi YouTube akan memberikan akses kepada penggunanya untuk menonton video dari komputer, smartphone, tablet bahkan TV.

Aplikasi ini berfokus pada subscriptions (langganan) dan suggestions (saran video). Semakin banyak video yang Nona tonton, akan semakin banyak pula video rekomendasi dengan genre yang sama disarankan oleh YouTube. Sedangkan sistem subscriptions lebih mirip seperti berlangganan majalah, dalam hal ini berlangganan konten sebuah channel. Sebagai contoh, jika Nona ingin mendapatkan konten-konten setiap channel BuzzFeed meng-upload video, Nona tinggal menyentuh tombol langganan di kotak channel BuzzFeed.

Di aplikasi ini juga tersedia alat pencarian (search) dengan ikon kaca pembesar. Dengan fungsi ini, Nona bisa mencari video yang Nona inginkan berdasarkan keyword yang dimasukkan. Hasil pencarian bisa diurutkan berdasarkan tanggal upload, kualitas video, lama video dan masih banyak pilihan lainnya.

Aplikasi YouTube sendiri sudah tersedia di banyak platform dan OS antara lain: Android, iOS, Microsoft Xbox One, Xbox 360, PlayStation 4, PlayStation 3, Nintendo Wii U, Wii, 3DS, dan terdapat pula di variasi smart TV.

YouTube Music

Youtube, apps, android, ios, aplikasi, gaming, music, kids, video player, new, terbaru

Diluncurkan November tahun lalu, YouTube Music menjadi aplikasi terbaru dari YouTube. Fungsi utamanya didedikasikan sepenuhnya untuk music dengan daftar putar video lagu, nada yang disarankan dan alat pencarian musik. Semua video yang terdapat pada aplikasi ini sepenuhnya adalah musik, jadi jangan khawatir akan ada video tidak sesuai yang terselip di pencarian. Dengan menggunakan aplikasi YouTube Music, Nona tidak akan pernah menemui konten video non-musik karena semua hasil pencarian adalah termasuk video musik official, fan video, dan audio-only.

Begitu membuka aplikasi ini, pengguna akan disuguhkan oleh tab video rekomendasi ala YouTube Music namanya, “YouTube Music today” yang menampilkan daftar putar musik populer termasuk lagu dan album yang sedang nge-trend di seluruh dunia.

Tidak hanya itu, YouTube Music juga memberikan akses untuk stasiun radio yang sedang memainkan musik dari penyanyi atau lagu tertentu. Dengan mengontrol tune, pengguna bisa dengan bebas mendengarkan berbagai variasi lagu. Aplikasi ini turut mengingat pilihan lagu yang didengar untuk membuat saran musik yang bisa didengarkan lain waktu.

YouTube Gaming

Youtube, apps, android, ios, aplikasi, gaming, music, kids, video player, new, terbaru


Menonton orang lain bermain video game sudah menjadi fenomena di kehidupan sosial saat ini. Apakah video itu berbagi tentang level yang sulit, memberikan saran untuk menyelesaikan game atau hanya menonton orang lain memainkan game tersebut untuk hiburan. Trend “let’s play” sudah menjadi kultur di YouTube dimana gamers merekam dirinya memainkan game dan dibagikan via YouTube. YouTube Gaming sendiri mendedikasikan aplikasi ini untuk video-video “let’s play” live streaming.

Dengan YouTube Gaming, Nona bisa menonton video let’s play yang sudah direkam, menonton trailer game, menonton review game dari channel gaming yang top, serta menonton live streaming gamer lucu yang sedang bermain.

Sama seperti YouTube Music, YouTube Gaming membuat hasil pencarian dan bar rekomendasinya full gaming. Dengan mencari genre game, judul game dan nama channel gamer, Nona bisa mendapatkan hasil video yang diinginkan. Aplikasi ini juga bisa untuk berlangganan channel gaming.

YouTube Gaming tersedia untuk iOS dan Android


YouTube Kids

Youtube, apps, android, ios, aplikasi, gaming, music, kids, video player, new, terbaru
www.cnet.com

Mencari kartun di YouTube memang hal yang mudah, akan tetapi tidak semua konten kartun tersebut cocok untuk ditonton anak-anak karena banyak dari kartun tersebut memperlihatkan kekerasan baik fisik maupun seksual. Solusi dari masalah ini adalah YouTube Kids.

YouTube Kids dirancang untuk mem-filter video-video dewasa dan hanya difokuskan kontennya untuk anak-anak saja. Aplikasi ini menyediakan acara-acara edukasi yang menyenangkan seperti Hello Kitty, Thomas and Friends, dan Sesame Street. Tidak hanya itu, musik sing-along, explore, dan permainan mengasah otak yang menyenangkan juga tersedia di aplikasi ini.

Alat pencarian di aplikasi ini pun juga sangat aman karena jika anak-anak mencoba mencari konten dewasa, hasil pencarian akan kosong. Alat pencarian juga bisa di non-aktifkan jadi anak-anak hanya akan menonton konten yang direkomendasikan saja.

Untuk mengubah pengaturannya, orang-tua harus memasukkan PIN untuk mengkonfirmasi.

YouTube Kids tersedia untuk iOS dan Android.