Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Android

Siapa sih yang gak tahu sama Android? Lalu apakah kalian tahu sejarah-sejarah android sejak awal dibuat? Kalo pada penasaran, yuk kita ulas.

Android merupakan sebuah sistem operasi berbasis Linux yang didesain untuk dapat digunakan pada perangkat layar sentuh seperti smartphone, tablet, dan lainnya. Pada awalnya, perusahaan yang mengembangkan Android bernama Android Inc. Android Inc. didirikan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White di Palo Alto, California pada Oktober 2003. Dengan sokongan dana dari Google, Android menjadi salah satu trend terpopuler yang menjadi pesaing berat bagi produsen sistem operasi seperti Microsoft dan juga Apple. Lalu Android dibeli dan dikembangkan oleh Google pada tahun 2005. Ketika Android telah resmi menjadi anak perusahaan perusahaan Google, Andy Rubin tetap menjadi pemimpin tim bersama dengan Rich Miner dan Chris White untuk mengembangkan platform tersebut.

Hal yang unik sejak dikembangkannya Android ini adalah dari nama-nama alfabetis yang digunakan. Setiap nama dari Android pasti menggunakan nama dari makanan-makanan manis. Berikut merupakan nama-nama Android mulai dari A hingga M.


Android Alpha (Apple Pie)
Google dan OHA (Open Hand Alliance) mengembangkan versi prototype dari Android. Kemudian versi ini diberi kode nama “Astro Boy”, “Blender”, dan “R2-D2” sesuai dengan karakter robot di cerita fiksi. Namun logo resmi yang digunakan adalah robot hijau yang sampai saat ini menjadi maskot Android. Setelah peresmian logo, skema nama-nama makanan manis dibuat dan dimulai dari versi Cupcake.

Android Beta (Banana Bread)
Banana Bread dirilis pada 5 November 2007 sekaligus memperingati hari ulang tahun Android. Setelah itu versi SDK juga dirilis.

Android Cupcake (Android versi 1.5)
dibangun menggunakan basis kernel Linux pada 27 April 2009. Cupcake merupakan Android pertama yang menggunakan kode nama sesuai skema makanan manis.

Android Donut (Android versi 1.6)
Dirilis pada 15 September 2009 berbasis kernel Linux 2.6.29 yang dibangun untuk menambah fitur-fitur dari Android Cupcake.

Android Eclair (Android versi 2.0 / 2.1)
Dirilis pada 26 Oktober 2009 dengan basis yang sama seperti Donut dan dibangun untuk merubah beberapa fitur yang ada pada Android Donut.

Android Froyo (Android versi 2.2)
Dirilis pada 20 Mei 2010. Froyo merupakan singkatan dari Frozen Yogurt yang menggunakan basis kernel Linux 2.6.32.

Android Gingerbread (Android versi 2.3)
Dirilis pada 6 Desember 2010 dengan menggunakan basis kernel Linux 2.6.35 seperti versi Froyo yang dibangun untuk merubah beberapa fitur dari Android Froyo.

Android Honeycomb (Android versi 3.0)
Dirilis pada 22 Februari 2011 sehubungan dengan maraknya produsen yang memproduksi perangkat tablet. Versi Android ini dibuat khusus untuk melengkapi perangkat tablet tersebut. Perangkat pertama yang menggunakan Android Honeycomb adalah Motorola Xoom pada 24 Februari 2011 dengan menggunakan fitur-fitur baru yang tidak terdapat pada Android versi smartphone.

Android Ice Cream Sandwich (Android versi 4.0)
Dirilis pada 19 Oktober 2011 dengan berbasis kernel Linux 3.0.1. Android ini diciptakan untuk perangkat-perangkat lama yang masih menggunakan Android versi 2.3 atau lebih yang dapat diupgrade menjadi versi 4.0 dengan merubah beberapa fitur di dalamnya.

Android Jelly Bean (Android versi 4.1 / 4.2 / 4.3)
Dirilis pada 27 7 Juni 2012 dalam konferensi Google I/O. Android ini berbasis kernel Linux 3.0.31 yang diciptakan untuk menambah dan memperbarui fitur dari versi Android lawas. Android ini diciptakan untuk menghasilkan UI yang lebih halus dari perangkat Android. Perangkat pertama yang menggunakan versi ini adalah Nexus 7.

Android KitKat (Android versi 4.4)
Dirilis pada 3 September 2013 dengan izin yang telah didapat dari Nestle dan Hersley. Pada awalnya, Android ini akan ditandai dengan versi 5.0 yang bernama ‘Key Lime Pie’.

Android Lollipop (Android versi 5.0)
Dirilis pada 15 Oktober 2014 yang tidak banyak memberikan perubahan dari segi fitur.

Android Marsmellow (Android versi 6.0)
Dirilis pada 17 Agustus 2015 yang diciptakan untuk Nexus 5, 6, dan 9 pada awalnya. Android versi ini merupakan versi yang paling banyak merubah dan menambah fitur seperti fitur pemindai sidik jari untuk mengakses Google Play.

Demikianlah sejarah singkat dari Android. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu, jadi kamu tidak sekedar menggunakan smartphone yang berbasis saja, tapi juga memahami tentang Android itu sendiri.