Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung Tab IRIS, Tablet Pemindai Mata

Saat nona menonton televisi, kebetulan iklan yang ditayangkan adalah produk tab terbaru samsung yang rilis di negeri kita, nona menjadi sadar, belakangan ini, samsung sedang gencar-gencarnya merilis produk smartphone dan tab nya ke pasar internasional. Produk terbaru perusahaan ini antara lain adalah samsung tab A6, A7 dan tab Iris.

Sehubungan dengan tab Iris, nona akan berbagi info tentang tab canggih keluaran samsung berikut ini. 
  • Layar : 7.0 inchi Super Amoled Display
  • Resolusi : 1024 x 600 pixel
  • Dimensi : 193.4 x 116.4 x 9.7 mm
  • Processor : Quad-core 1.2 GHz
  • GPU : TBA
  • RAM : 1.5 GB
  • Penyimpanan : 8GB flash storage + 128GB via microSD
  • Kamera : Depan - 5 megapixel, 2592 x 1944 px Autofocus, Video 720p
  • Baterai : Li-Po 3600 mAh
  • Konektivitas : 3G Dual SIM / dual stand-by, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • OS : Android 5 Lollipop
  • Harga baru : +- Rp. 2.700.000

Berbicara spesifikasi, Samsung Galaxy Tab Iris (begitulah nama lengkapnya) memiliki ukuran luas layar sebesar 7 inchi, ukuran yang lapang untuk tab sekelasnya. Sayangnya, tampilan warna nya dipasang standar dengan panel layar TFT capacitive touchscreen yang menampilkan 16 juta warna. Resolusi layar tab ini pun juga hanya sebesar 1024 x 600 pixel dengan kepadatan 170 ppi per inchi, akan tetapi flaw berikut tidak menimbulkan isu besar sehingga tampilan yang terlihat masih terbilang jernih. Belum adanya lapisan anti gores pada layar juga menjadi kekurangan pada tab ini, tapi kepuasan pengguna sudah terjamin dengan disediakannya layar multi touch yang cukup responsif pada gadget ini.

samsung tab iris, spesifikasi samsung tab iris

Desain yang ditawarkan Tab Iris terbilang sederhana dan simpel, tapi tetap menarik perhatian. Bahan casing depan di sekitar layar menggunakan plastik polikarbonat, sedangkan bodi belakangnya dipasangkan material yang mirip kulit sintetis yang memiliki tekstur. Fitur pada bodi ini membuat tab Iris nyaman dibawa tanpa harus takut licin dan terjatuh. Dimensi layar pada tab ini mencapai 193.4 x 166.4 mm dan ketebalan bodi sebesar 9.7 mm. Berat nya mencapai 327 gram dan hanya tersedia warna hitam.

spesifikasi samsung tab iris, samsung tab iris

Sistem operasi tab Iris masih menggunakan Android versi 5.0 Lollipop dan belum bisa di upgrade menjadi versi 6 Marshmallow yang baru. Namun, harga yang terjangkau masih menjanjikan fitur yang tak kalah seru dan membawakan antarmuka yang tetap elegan. Salah satu faktor terjangkaunya harga tab ini adalah karena bekal penyimpanan internalnya yang sebesar 8GB dan dapat diperluas dengan microSD hingga 128GB.

Soal spesifikasi, Samsung Galaxy Tab Iris memiliki processor Quad-Core berkecepatan 1.2 GHz yang mampu bekerja secara maksimal dan meminimalisir terjadinya lagging saat multi-tasking aplikasi atau memainkan game yang berat. RAM sebesar 1.5 GB juga menjadi kekuatan tab ini untuk menekan lag.

Sayangnya, tab ini tidak dibekali dengan kamera depan sehingga selfie maupun video call sangat terbatas. Lantas, kamera depan yang menjadi satu-satunya kamera utama Tab Iris ini beresolusi 5 megapixel dengan fitur autofocus, digital zoom, HDR, Scanner, Kamera terpisah untuk Scanning mata, dan lain lain.

samsung tab iris, spesifikasi samsung tab iris, www.pc-tablet.co.in
www.pc-tablet.co.in

Kelebihan utama pada Tab Iris ini adalah otentikasi biometrik, yang mana tab ini dibekali teknologi pengenalan iris mata yang menjadi sistem kemanan terbaru untuk gadget android dengan sertifikasi Aadhar STQC serta UIDAI. Bahkan perusahaan pabrikannya menyebutkan bahwa scanner tablet ini memiliki dual-eye scanner.

samsung tab iris, spesifikasi samsung tab iris, www.thequint.com
www.thequint.com

Bagi nona yang takut gadgetnya di bajak orang lain, sistem keamanan pembaca iris mata milik Samsung Galaxy Tab Iris ini sangat menjanjikan.