Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Lanjutan Si Mungil iPhone SE

Nona akan sedikit menambahkan review sebelumnya dari iPhone SE. Beberapa bulan lalu, Apple mengumumkan produk terbarunya yang tidak kalah jika dibandingkan dengan produk-produk sebelumnya, yakni iPhone SE. Anehnya, ketika brand lain saling berlomba-lomba untuk menghasilkan desain produk yang wah, iPhone SE memakai desain yang sama dari iPhone 5 / 5s. Untuk para pengguna yang sudah terbiasa pakai iPhone 5 / 5s, mungkin tidak akan merasakan perubahan dari segi desain. Namun, ada banyak hal istimewa yang ditawarkan oleh iPhone SE untuk memanjakan para penggunanya dengan spesifikasi yang hampir mirip dengan iPhone 6s. Bahkan iPhone SE dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan iPhone 6s.

Hasil gambar untuk iphone se

Display
Layar pada iPhone SE berdimensi 4 inci dengan resolusi yang tidak kalah berbeda dari seri iPhone 5 / 5s yakni 640 x 1136px dengan kepadatan 326ppi. Jika dibandingkan dengan iPhone 6s, iPhone SE tidak kalah dari segi layar. Sayangnya, iPhone SE tidak dibekali oleh fitur terbaru dari Apple yakni 3D touch yang hanya disematkan pada iPhone 6s / 6s Plus saja. 

Baterai
Tidak jauh beda dari iPhone 5s, baterai iPhone SE dapat bertahan sedikit lebih lama. iPhone 5s menggunakan baterai berkapasitas 1.560mAh, sedangkan iPhone SE 1.624mAh.
Dengan kapasitas baterai tersebut, iPhone SE mampu menggunakan jaringan 3G selama 12 jam, browsing selama 13 jam pada web browsing, dan 14 jam untuk memutar video. Dalam keadaan standby, iPhone SE mampu bertahan selama 73 Jam. 11 jam lebih lama dibandingkan iPhone 6s dan 19 jam lebih lama dibandingkan iPhone 5s.

Konektivitas
iPhone SE disupport oleh LTE Cat. 4 (up to 150Mbps download, 50Mbps upload) dengan jaringan LTE yang luas. Jaringan 2G dan 3G masih dapat digunakan pada iPhone SE.
Terlebih, iPhone SE dilengkapi dengan fitur terbaru dari Apple yakni Voice over LTE (VoLTE), HD Voice, dan Bluetooth 4.2 LE. iPhone SE juga diberikan fitur NFC, namun fitur ini terbatas.

Performa
Salah satu yang membuat iPhone SE ini nampak sangat spesial jika dibandingkan dengan iPhone 6s adalah performanya. Dengan menggunakan chipset A9 dari Apple dengan dual core 1.84 GHz Twister processor, iPhone SE lebih unggul dalam hal performa karena resolusi yang digunakan lebih kecil dari iPhone 6s.

Kamera
Kamera 12MP disematkan pada iPhone SE dengan aperture F/2.2 dan dual tone flash yang sama seperti iPhone 6s. Namun pada kamera depan, masing menggunakan 1.2MP sama seperti yang disematkan pada iPhone 5s. Dengan chipset A9, iPhone SE mampu menghasilkan video 4K.

Dengan banyaknya keunggulan diatas, iPhone SE juga memiliki sisi gak enaknnya juga lho. Apa aja?
  • Meski keluaran seri yang paling baru, iPhone SE tidak dibekali dengan fitur 3D Touch
  • Tidak memiliki slot microSD
  • Kemampuan stabilizer kamera kurang baik
  • NFC harus berbayar
  • Tidak dibekali fitur wireless charging dan FM radio
  • Tidak dibekali fitur waterproof dan dustproof
  • Baterai yang tidak dapat diganti

Beberapa dari kekurangan tersebut mungkin sudah menjadi ciri-ciri dari produk Apple. Mungkin para pecinta produk Apple sudah terbiasa dengan hal-hal tersebut. nah, untuk para pengguna baru yang ingin mencoba-coba, ada baiknya membaca review terlebih dahulu seputar handphone ini ya.