Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Weareable Device untuk Berbagai Kebutuhan

Jam tangan, headset, kacamata, dan gelang. Siapa yang tidak akrab dengan alat-alat tesrsebut dalam kehidupan sehari-hari. Alat-alat tersebut selain memiliki kegunaan sebagai alat bantu kadang kita juga memakainya sebagai aksesoris untuk mempermanis tampilan sehari-hari. Namun seiring berjalannya waktu dengan teknologi yang semakin maju, lagi-lagi membawa kita untuk terus berlari mengikutinya. Setelah terobosan pada gadget yang dari hari ke hari semakin menakjubkan, kali ini di Indonesia muncul juga tren wearable device. Yakni bergesernya fungsi alat-alat yang telah Nona sebut sebelumnya. Jika beberapa tahun kebelakang kita mengenal gelang power balance yang diklaim bisa memberikan efek kesehatan atau jam tangan yang dilengkapi dengan kalkulator, kali ini jam tangan, headset, kacamata, bahkan gelang telah bergeser fungsinya dari hanya sekedar alat bantu sederhana menjadi benda-benda berteknologi canggih. Bagaimana tidak, dengan teknologi, kegunaan alat-alat yang biasanya hanya sekedar kita gunakan untuk menengok jam, alat bantu baca atau dengar, dan hanya sekedar untuk mempercantik tangan bertambah fungsinya menjadi gadget yang bisa menawarkan penggunanya berbagai fitur terbaru yang canggih. Sangat menarik bukan? Oleh karena itu, melalui artikel ini Nona ingin mengulas manfaat dari hadirnya wearable device tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari

Wearable Device Apple SmartWatch

Kesehatan

Semakin hari, kesadaran masyarakat akan kesehatan semain tinggi. Hal ini pula yang menjadikan wearable device gencar membawa teknologi yang berguna bagi kesehatan di dalamnya. Sebagai contoh, Google dengan rencananya untuk menciptakan sebuah jam tangan yang dilengkapi dengan fitur health tracker untuk kepentingan medis seperti memonitor data kesehatan bagi pemakainya yang salah satunya adalah memonitor detak jantung pengguna secara terus menerus.

Tidak hanya Google, perusahaan asal New York Santio Solutions pun telah menciptakan gelang yang bisa menunjukkan emosi dan suasana hati penggunanya. Gelang pintar ini pun dilengkapi dengan kemampuan untuk memberikan saran bagi penggunanya untuk memperbaiki mood, jika mood atau suasana hati penggunanya dinilai tidak baik.

Sangat hebat bukan? Bahkan kedepan tidak menutup kemungkinan tren wearable devices akan semakin berkembang dan menciptakan banyak terobosan baru alat sehari-hari yang akan ditanami dengan teknologi canggih untuk lebih bisa menjadi alat bantu efektif sehari-hari

Keamanan

Tren wearable devices juga digunakan sebagai sarana promosi untuk mendekatkan diri dengan pelanggan oleh sebuah brand kecantikan ternama di dunia. Brand tersebut membuat perangkat wearable devices berupa gelang yang di dalamnya telah ditanami chip GPS. Sehingga dengan memasangkan gelang tersebut kepada anak, orang tua bisa memantau seberapa jauh anak lepas dari pengawasan beserta posisi dan jarak yang dapat diterima oleh orang tua anak. Selain gelang yang dapat mendeteksi letak posisi seseorang, raksasa LG turut pula ikut serta dalam menciptakan wearable device yang bisa mendukung orang tua dalam rangka memantau keamanan si buah hati.

Kecantikan

Nah, selain marak wearable device di yang dilengkapi dengan fitur yang dapat membantu penggunanya untuk sehat dan aman, kabarnya tren wearable device juga akan merambah hingga ke ranah kecantikan. Di tahun 2016 ini banyak pihak yang menyatakan bahwa dengan pesatnya pertumbuhan kebutuhan masyarakat akan wearable device itu sendiri membuat banyak perusahaan raksasa bahkan baru yang bermaksud untuk memasuki pasar wearable device ini. dan tidak hanya dilengkapi dengan fitur kesehatan dan keamanan saja, berbagai kebutuhan di bidang rumah tangga, alat kecantikan, dan fashion nantinya tidak menutup kemungkinan akan ikut menjadi lahan bagi terciptanya wearable device.  

Manfaat lain untuk berbagai kebutuhan

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak kebutuhan sehari-hari yang diusung sebagai fitur pada wearable device, selain keamanan dan kesehatan yang saat ini telah banyak digunakan sebagai kelebihan dari wearable device berbentuk gelang, cincin, smartwatch, dan masih banyak lagi. Google Glass bahkan telah menciptakan sebuah kacamata pintar yang terhubung dengan headset yang dapat memberikan penggunanya informasi mengenai cuaca, suhu, jam, dan kalender. Semakin canggih saja bukan? Dan tidak hanya itu, Google Glass ini bahkan di klaim dapat membantu penggunanya yang mengalami masalah gangguan pendengaran. Mengapa bisa? Ya karena kacamata pintar ini telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mengubah data audio seperti percakapan ke dalam bentuk teks.
Itulah beberapa manfaat yang berhasil Nona rangkum untuk kamu mengenai beberapa manfaat wearable device yang kini telah ada maupun yang masih dalam proses perencanaan. Meski terkesan sangat canggih dan kadang kita tidak yakin apa iya, tapi itulah teknologi. Semakin berkembang dari waktu ke waktu, yang kesemuanya bertujuan untuk mempermudah aktifitas sehari-hari kamu sekalian.


Nah, apakah kamu sudah memiliki rencana untuk memiliki wearable device kedepannya? Semoga artikel dari Nona kali ini bisa bermanfaat untuk kamu ya
Salam NonaGadget.com