Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa HP Android Kamu Sering Panas?

Mengapa HP Android Kamu Sering Panas ? - Ketemu lagi nih sama nonagadget.com. Kali ini Nona akan mengusut tuntas penyebab HP android kamu menjadi sangat panas secara lengkap beserta cara mengatasinya. Jika HP Kamu sering panas, baca artikel ini sampai tuntas ya. Selamat membaca.

Intermezzo
HP Smartphone Android merupakan salah satu gadget paling populer di Indonesia. Setelah sekian tahun lamanya Blackberry telah mendominasi pasar gadget di nusantara, saat ini keadaan sudah berbalik arah ke Android dan iPhone. Jika kalian adalah salah satu yang ikutan migrasi dari BB ke Android, kalian pastinya juga akan merasakan perbedaan yang signifikan dari segi pemakaiannya. Android memiliki fitur yang lebih canggih dan banyak pilihan aplikasi menarik yang tersedia di google play store. Namun kalian juga akan merasakan tentang perbedaannya yaitu HP Android lebih mudah panas (overheating) daripada BB. Mengapa begitu?

penyebab hp android panas
Ilustrasi Gambar dari : thedroidguy.com


Penyebab HP Android Panas
Terdapat banyak faktor utama yang menjadi penyebab HP Android panas. Hal ini bukan semata-mata dikarenakan kualitas HP yang jelek, harganya murah, ataupun merk cina. Ada penyebab yang bisa dijelaskan secara logika dan ilmiah (sok pinter nih kayaknya). Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan HP Androidmu Panas.
  1. Banyak Aplikasi Aktif - Hal ini menyebabkan kinerja RAM dan Prosesor smartphone Kamu bekerja lebih keras. Setiap aplikasi aktif akan mengisi sisa RAM yang ada sehingga ruang kosong RAM menjadi lebih kecil. Otomatis prosesor pun ikut andil dalam menyelaraskan pekerjaan ram. Ini adalah faktor utama sering terjadinya Android panas.
  2. Main Game HD - Permainan di Android yang HD (high definition) membutuhkan kerja keras dari setiap komponen mesinnya. Mulai dari RAM, Processor, sinyal IC PA (jika game online), sampai pada IC EMMC (memori internal) akan bekerja secara maksimal. Dengan demikian akan menjadikan ponsel cerdas kamu menjadi Panas. 
  3. Sinyal Lemah - Bukan berarti HP Kamu rusak, maksud Nona adalah ketersediaan sinyal di tempat Kamu tidak cukup memadai. Sehingga ponsel akan banting tulang untuk mendapatkan sinyal. Apalagi kalo sinyalnya tidak stabil, sebentar 2G, sebentar 3G, sebentar GPRS, akan menyebabkan IC PA cepat panas.
  4. Terlalu banyak Notif - Notification / Pemberitahuan memang sebuah fitur yang begitu penting khususnya bagi atlet sosial media. Namun bukan hanya notif sosmed saja yang berpeluang membuat HP Android kamu panas, notifikasi email juga bisa, notifikasi game juga biasa, dan banyak app android lainnya yang sering memberikan notifikasi meskipun hal tersebut sebenarnya tidak begitu penting.
  5. Baterai Rusak - Banyak hal yang menyebabkan baterai android Kamu rusak atau gendut. Diantaranya adalah pemakaian charger yang bukan originalnya atau charger sudah rusak juga, bermain game atau sesuatu yang berat lainnya bersamaan dengan nge-charge, ataupun baterai sudah terlalu lama dipakai. Jika Baterai sudah error, maka daya yang disalurkan menuju IC Power biasanya tidak stabil, pastinya menyebabkan HP Android Kamu panas berlebihan. Bahkan panas tersebut tidak jarang terletak pada baterai itu sendiri.
Setelah mengetahui beberapa penyebab HP Anroid panas tersebut, tentunya Nona juga akan memberikan tips cara mengatasi permasalahan HP Android panas pada masing-masing point diatas. Karena masalah ini bukanlah hal yang sepele, jika terus-terusan dibiarkan panas berlebihan bisa jadi HP Kamu malah rusak berat bahkan Mati Total. Berikut cara mengatasinya.

Cara Mengatasi HP Android Panas
  • Banyak aplikasi aktif bisa diatasi dengan berbagai cara. Jika dengan cara manual, Kamu harus selalu memperhatikan aplikasi yang masih aktif. Kiranya jika app tersebut sudah tidak dibutuhkan, maka segeralah tutup aplikasi tersebut melalui task manager. Biasanya dengan menekan tombol home agak lama, lalu menggeser aplikasi yang ingin ditutup. Namun jika ingin dengan cara otomatis, Kamu bisa menggunakan banyak app yang tersedia di google playstore yang berfungsi untuk menutup aplikasi yang sudah tidak terpakai. Nona menyarankan Kamu menggunakan aplikasi "The Cleaner" atau "Greenify". Menurut Nona itu yang paling ampuh. Atau bisa juga tanpa mendownload app, namun melalui opsi developer. Caranya : Masuk setting, cari developer options, lalu centang "Do not keep activities". Niscaya secara otomatis aplikasi akan ditutup oleh sistem Android.
  • Masalah Bermain Game HD, ini cukup sulit untuk dibahas. Karena berhubungan dengan kesenangan pemilik HP itu sendiri. Nona cuma bisa bilang "Kalo main game HD jangan lama-lama, nanti HP nya panas terus malah rusak. Malah repot kalo harus beli lagi. Pokonya jangan main lebih dari 1 jam. Kasi istirahat HP nya kasian, manusia aja bisa sakit apalagi mesin" :peace:
  • Untuk sinyal lemah, Nona menyarankan agar Kamu selalu memperhatikan baik atau buruknya kondisi sinyal di tempat Kamu. Jika di daerah perkotaan, Kamu tidak perlu khawatir karena kekuatan sinyal pasti bagus. Namun jika sudah masuk ke pelosok desa yang sinyal pikir-pikir dulu mau masuk, sebaiknya Kamu mengubah pengaturan sinyal menjadi 2G saja. Agar ketidakstabilan sinyal tidak membuat HP Android Kamu panas.
  • Sekarang masalah Notif. Nona berharap Kamu untuk sebijak mungkin dalam menentukan app apa aja yang dibutuhkan untuk memberikan notif. Jika memang sosial media dibutuhkan, okelah diaktifkan notifnya gak masalah. Tapi jika hal yang tidak begitu penting, maka sudah seharusnya Kamu menon-aktifkan notifikasi tersebut dari pengaturan di masing-masing aplikasi Android. Karena selain menyebabkan HP panas, notifikasi juga mengurangi kuota Kamu.
  • Sedangkan masalah Baterai rusak, sangat mudah untuk memperbaikinya. Yaitu dengan cara Beli Baterai Baru. Mudah kan?

Sekian ulasan tentang penyebab HP Android panas dan Cara mengatasinya Nona rangkum dan Nona sajikan bagi pengunjung website www.nonagadget.com. Sumber dari artikel ini adalah pengalaman Nona sendiri. Nah, jika kalian ada pengalaman menarik lainnya tentang HP Panas, silahkan post komentar di bawah ini ya. Berbagi itu indah. Terima kasih telah menyimak. Semoga Bermanfaat.